indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Kelebihan Pipa Besi Galvanis

Dalam dunia industri atau konstruksi bangunan, kehadiran pipa sangat diperlukan. Tak hanya sebagai penyalur air, pipa juga bermanfaat untuk mendistribusikan gas maupun material padat. Pemilihan pipa disesuaikan dengan kebutuhan dalam sebuah bangunan. Salah satu jenis pipa yang kerap digunakan ialah pipa besi galvanis. Pipa tersebut terbuat dari bahan logam yang diproduksi dengan proses galvanisasi.

Seperti halnya bentuk pipa pada umumnya, pipa galvanis memiliki bentuk tabung memanjang. Warnanya keperakan dengan diameter yang beraneka ragam. Namun, sesudah dipakai dalam jangka waktu yang lama, warna pipa akan berubah. Hal tersebut dipengaruhi oleh paparan lingkungan di sekitarnya. Pipa akan dapat berubah warna menjadi terang atau malah kusam dan gelap.

Meskipun demikian, pipa galvanis tetap digemari. Nah, penasaran apa yang membuat pipa ini sering dipakai dalam pengkonstruksian? Mari simak beberapa kelebihannya melalui ringkasan di bawah ini.

 

Kelebihan Pipa Besi Galvanis

  1. Tahan banting

Oleh sebab materialnya yang terbuat dari besi, pipa galvanis cenderung lebih kuat jika dibandingkan jenis pipa lain. Pipa ini termasuk tahan banting atau sukar untuk dipecahkan oleh suhu ataupun tekanan.

Tak hanya itu, pipa galvanis tidak mudah rusak sewaktu dirakit maupun ketika dibawa dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, perlu diingat karena bobotnya yang berat, butuh tenaga banyak orang untuk mengangkutnya.

1.  Anti karat

Lapisan seng dari proses galvanisasi membuat pipa ini tahan terhadap karat. Keunggulan inilah yang membuat pipa galvanis sering dijadikan pilihan untuk diaplikasikan ke konstruksi bangunan. Misalnya, untuk pagar rumah depan, railing tangga ruang terbuka, atau tangga perancah.

2. Tahan lama

Material seng yang melapisi pipa ini membuatnya lebih awet ketimbang pipa berbahan plastik. Pipa galvanis dapat bertahan sampai 25 tahun apabila dipakai untuk area perkotaan. Sementara itu, usianya akan jauh lebih lama jika digunakan pada daerah pedesaan, yakni hingga 50 tahun. Mengapa pipa di area perkotaan berusia lebih pendek? Kondisi ini dipicu oleh paparan polusi kota setiap harinya.

3. Harga terjangkau

Pipa galvanis bisa dibilang tak begitu mahal alias dibanderol dengan harga terjangkau. Semakin tinggi tingkat ketebalannya maka harganya akan semakin naik. Umumnya, pipa ini dijual mulai harga Rp150 ribuan per panjang 6 meter dan ketebalan 2,6 mm. Selain itu, proses galvanisasi tidak dilakukan manual sehingga biaya pembuatannya lebih hemat.

Apakah Fungsi dari Pipa Baja Galvanis?

Pipa galvanis dapat dipakai sebagai saluran air, apalagi karena tidak cepat berkarat. Namun, pastikan pipa ini tidak digunakan untuk air atau gas bersuhu panas karena hanya akan membuat pipa tersumbat serta bagian dalamnya terkelupas.

Selain itu, pipa galvanis bisa dipakai untuk instalasi listrik. Istimewanya, pipa ini bisa meminimalkan hambatan pada penghantar listrik dan dapat dibongkar atau dipasang kembali dengan praktis. Gunakan pipa galvanis sebagai pegangan tangga untuk meningkatkan nilai estetika pada kediaman Anda. Warna peraknya membuat interior ataupun eksterior bangunan tampak modern dan elegan.

Demikianlah uraian seputar keunggulan pipa besi galvanis yang sayang jika sampai terlewatkan. Sudah paham bagaimana peran pipa tersebut dalam pembangunan? Kini tak perlu ragu lagi untuk menggunakan pipa galvanis sebagai alat penunjang.

Butuh pipa galvanis untuk pembangunan atau scaffolding? Anda bisa mampir ke Indosteger dan memilih berdasarkan ukuran, harga, hingga mereknya. Tak hanya menjual pipa scaffolding galvanis, Anda juga bisa menyewanya dengan hitungan per buah setiap bulannya. Sekarang Indosteger sudah menyediakan berbagai jenis besih galvanis, simak selengkapnya di Indosteger

Recent Articles