indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mari Memahami Jenis dan Produk Industri Konstruksi yang Terus Berkembang

Industri konstruksi adalah salah satu industri yang paling berkembang saat ini. Perkembangan ini dapat terlihat dari berbagai inovasi yang sudah dilakukan dalam pembangunan infrastruktur di berbagai kota dan daerah di Indonesia seperti gedung atau perumahan, stadion sepak bola, jembatan, dan lain sebagainya.

Untuk mempelajari industri konstruksi secara lebih mendalam, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Industri Konstruksi?

Industri konstruksi adalah sebuah industri yang berfokus pada kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana. Konstruksi biasanya dimulai dengan perencanaan, pembiayaan, dan desain, lalu berlanjut hingga aset tersebut dibangun dan siap digunakan.

Baca Juga: Tahapan Proyek Konstruksi Bangunan yang Umum Digunakan

Selain itu, konstruksi juga mencakup pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan sebuah bangunan. Tidak hanya itu saja, setiap pekerjaan untuk memperluas, mempertinggi, dan memperbesar sebuah bangunan, dan bahkan pembongkaran, perobohan, atau penonaktifan sebuah bangunan juga termasuk ke dalam pekerjaan dalam industri konstruksi.

Apa Saja Jenis Industri Konstruksi?

Berikut ini adalah beberapa jenis industri konstruksi yang wajib Anda ketahui:

1. Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi yang pertama adalah konstruksi gedung. Jenis konstruksi ini biasanya dapat melibatkan arsitek hingga insinyur sipil dalam proses pembuatannya. Hal yang paling penting dalam konstruksi jenis ini adalah aspek arsitektural dari gedung yang akan dibangun.

Gedung yang dimaksud di sini ada berbagai macam, antara lain: gedung untuk tempat tinggal, gedung untuk keperluan bisnis, gedung yang dibutuhkan untuk bidang kesehatan, gedung untuk pemerintahan, hingga gedung untuk rekreasi.

2. Konstruksi Jalan

Jenis konstruksi yang selanjutnya adalah konstruksi jalan yang biasanya dilakukan karena ada permintaan dari dinas pekerjaan umum atau proyek milik pemerintah. Untuk jenis konstruksi ini, pelaksanaannya memiliki beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Mulai dari pengukuran, penggalian, hingga finishing.

Selain proses pembuatan, pekerjaan pada jenis konstruksi ini juga termasuk perawatan jalan yang telah dibangun hingga merapikan jalan yang sudah rusak. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas pada jalan-jalan tersebut.

Konstruksi jenis ini biasanya dilakukan oleh tenaga ahli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan infrastruktur yang aman. Dalam pembuatan desain jalan yang akan dibangun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan agar dapat menghasilkan infrastruktur jalan yang ideal.

Baca Juga: Tujuan dan Pengertian Manajemen Proyek

3. Konstruksi Bangunan Air

Jenis konstruksi yang terakhir adalah konstruksi bangunan air yang biasanya tergolong sebagai proyek negara besar yang akan digunakan untuk kepentingan masyarakat bersama. Bangunan air yang dimaksud di sini antara lain: waduk, bendungan, instalasi pipa, dan bangunan air lain yang sejenis.

Untuk melaksanakan konstruksi bangunan air ini, dana yang digunakan biasanya diperoleh langsung dari pemerintah karena memang biasanya proyek ini diberikan oleh pemerintah. Namun, ada juga pihak swasta yang biasanya membantu memberikan pembiayaan untuk konstruksi bangunan air ini.

Apa Saja Produk Industri Konstruksi Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Berikut ini adalah beberapa produk yang dihasilkan dari pekerjaan industri konstruksi yang perlu Anda ketahui:

1. Gedung Tempat Tinggal

Gedung tempat tinggal merupakan produk industri konstruksi yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Produk industri konstruksi yang satu ini dilakukan demi kepentingan untuk membuat atau membangun sebuah area permukiman. Contoh dari produk industri konstruksi gedung tempat tinggal antara lain: rumah, apartemen, perumahan, villa, hingga kondominium.

Baca Juga: Membedah Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9

2. Gedung Bukan Tempat Tinggal

Selain gedung untuk tempat tinggal, produk industri konstruksi juga ada yang merupakan gedung bukan tempat tinggal. Gedung bukan tempat tinggal sendiri biasanya dibangun di lokasi yang strategis dan banyak dilewati oleh orang-orang.

Contoh dari produk industri konstruksi bukan tempat tinggal antara lain: kantor (baik untuk swasta maupun pemerintahan), rumah sakit, tempat ibadah, sekolah, panti asuhan, mall, hotel, hingga gedung kesenian dan museum. Intinya, produk gedung bukan tempat tinggal adalah fasilitas yang dibutuhkan oleh orang-orang.

3. Bangunan Sipil

Bangunan sipil adalah produk industri konstruksi yang merupakan fasilitas layanan publik, khususnya di bidang transportasi. Contoh dari produk industri konstruksi bangunan sipil dapat berupa jalan raya, jalan tol, rel kereta, jalur busway, landasan pacu pesawat, hingga bendungan dan jembatan. Selain itu, fasilitas layanan publik seperti halte, terminal, stasiun, hingga bandara pun termasuk ke dalam produk industri konstruksi bangunan sipil.

4. Bangunan Elektrik

Pada dasarnya, semua bangunan yang berhubungan dengan ke-elektrik-an termasuk ke dalam produk industri konstruksi bangunan elektrik. Contoh konkret dari produk industri konstruksi ini antara lain: pembangkit listrik, saluran listrik udara (sutet), bangunan transmisi, hingga bangunan khusus yang dibuat untuk jaringan telekomunikasi.

5. Perawatan dan Perbaikan

Perawatan dan perbaikan masih merupakan salah satu produk dari industri konstruksi. Bangunan, gedung, atau produk industri konstruksi lainnya yang sudah dibuat memerlukan perawatan agar dapat tetap digunakan secara aman dan lancar.

Selain itu, perbaikan juga diperlukan jikalau ada bangunan, gedung, atau produk industri konstruksi lainnya yang mengalami kerusakan. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak perlu membuat atau membangun ulang produk industri konstruksi yang sudah rusak tersebut.

Nah, bagaimana penjelasan di atas, mudah dimengerti bukan? Jika Anda sedang melakukan konstruksi, baik itu untuk pribadi, untuk pihak swasta, maupun untuk pemerintahan, dan Anda sedang mencari tempat untuk melakukan sewa scaffolding murah, Anda dapat melakukannya di Indosteger.

Selain scaffolding, kami juga menyediakan berbagai produk untuk kepentingan konstruksi lainnya. Anda dapat melakukan pemesanan secara online, jadi Anda tidak perlu mengantre. Produk yang sudah Anda beli atau sewa pun akan diantar langsung ke alamat yang Anda tentukan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat klik di sini.

Semoga penjelasan mengenai industri konstruksi pada artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Sumber:

https://blog.investree.id/bisnis/jenis-jenis-industri-konstruksi-serta-produk-di-dalamnya/

https://id.wikipedia.org/wiki/Konstruksi

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya