indosteger@gmail.com   +62218294428

News

7 Kelebihan Kanopi Galvalum Untuk Bangunan

Kanopi galvalum atau baja ringan lainnya sedang digemari oleh masyarakat. Hal ini karena kanopi baja ringan menawarkan segudang keunggulan. Anda dapat mendapatkan kanopi dengan tampilan yang estetis dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan harga kanopi jenis lainnya.

Di Indonesia, memiliki kanopi telah menjadi hal yang penting. Tinggal di iklim sub-tropis orang Indonesia harus pintar-pintar melindungi diri mereka dan keluarga dari serangan matahari yang terik saat berada di dalam rumah.

Karena permintaan yang cukup banyak, banyak muncul model kanopi yang dapat Anda pilih; mulai dari kanopi atap baja ringan, kaca, hingga beton. Salah satu model kanopi yang menonjol adalah kanopi galvalum atau baja ringan.

Sebagai sebuah material, galvalum atau baja ringan memiliki kekokohan sebuah besi baja. Namun, seperti namanya, material ini memiliki berat yang jauh lebih ringan dari pada baja pada umumnya. Hal ini lah yang menjadi salah satu mengapa orang-orang gemar menggunakan baja ringan.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa keunggulan kanopi galvalum beriktu ini sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Keunggulan Kanopi Galvalum

Kanopi galvalum memiliki banyak keunggulan dibandingkan model kanopi lainnya. Selain yang sudah disebutkan, kanopi galvalum juga memilii keunggulan dalam segi harga.

Harga kanopi galvalum relatif lebih murah dan terjangkau dibandingkan jenis kanopi lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak keunggulan kanopi galvalum berikut ini.

1. Kanopi Galvalum Sangat Mudah Dipasang

Seperti jenis baja ringan pada umumnya, kanopi galvalum sangat mudah untuk dipasang, bahkan bisa dilakukan oleh dua orang saja.

Anda hanya membutuhkan baut serta alat pengencang lainnya. Hal ini tampak berbeda jauh dengan kanopi atap spandek yang harus Anda pasang dengan proses las.

Salah satu hal yang memudahkan proses pemasangan kanopi galvalum adalah bobotnya yang ringan. Berbeda dengan material baja konvensional, baja ringan memiliki bobot yang sangat ringan. Anda bahkan dapat mengerjakan proses pemasangan galvalum dengan bantuan dua atau tiga orang saja.

Baca Juga: 5 Cara Pasang Baja Ringan yang Bisa Dilakukan Sendiri

2. Tampilan Minimalis

Baja ringan merupakan salah satu material yang digemari oleh orang-orang yang memiliki rumah minimalis. Tampilan besi baja yang modern memang sangat cocok digabungkan dengan nuasan simpel dan bersih dari sebuah rumah minimalis.

3. Biaya Pemasangan Sangat Terjangkau

Jika Anda berencana untuk meminta orang lain atau tukang untuk membuat kanopi galvalum di rumah, maka Anda dapat melakukannya dengan harga yang relatif lebih murah ketimbang Anda meminta mereka membuat jenis kanopi lain.

Hal ini karena pembuatan kanopi galvalum yang relatif mudah serta berat baja ringan yang sangat minim membuat Anda tidak membuthukan banyak orang untuk memasangnya.

Selain itu, besi galvalum juga termasuk besi yang relatif tidak membutuhkan perawatan. Hal ini karena galvalum telah melalui proses galvanisasi atau penambahan lapisan seng yang membuatnya sangat anti terhadap karat.

Hal ini tentunya sangat berbeda jauh jika Anda menggunakan kanopi kayu atau besi lainnya. Dalam kasus tersebut, Anda harus menambahkan cat anti rayap dan anti karat sendiri pada kanopi Anda setelah selesai membuatnya.

Jenis pengerjaan yang biasanya sering ditemukan adalah paduan kanopi baja galvalum dengan kerangka atap besi jenis Hollow kisaran 40x40mm. Lalu dilapisi dengan material spandek baja ringan, sehingga halaman rumah suhunya lebih terasa hangat, waalupun di terik matahari.

Harga kanopi baja ringan dengan spesifikasi di atas berada di kisaran 500 hingga 600 ribu. Harga tersebut tergantung pengerjaan dan variasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : 4 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

4. Anti Karat dan Anti Rayap

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, atap kanopi galvalum memiliki sifat anti karat dan juga rayap karena telah melalui proses galvanisasi.

Melalui proses tersebut, besi galvalum akan memiliki kandungan zinc, alumunium zinc, dan juga karbon. Bahan-bahan tersebutlah yang membuat kanopi galvalum menjadi anti karat dan juga rayap.

Karena sifatnya ini, Anda tidak perlu lagi menghamburkan uang untuk membeli cat pelapis atau pelindung untuk melindungi kanopi di rumah Anda.

5. Bersifat Non-Combustible

Besi galvalum atau besi hollow tidak akan memicu pembesaran api jika kebakaran terjadi di area sekitarnya. Hal ini akan sangat membantu apabila sewaktu-waktu hunian Anda mengalami kebakaran.Hal ini tentunya sangat berbanding terbalik dengan atap kanopi kayu yang malah akan memicu pembesaran api.

Selain itu, hal ini juga lah yang menjadi alasan mengapa Anda akan merasa lebih teduh ketika beristirahat di bawah kanopi galvalum karena atap kanopi galvalum tidak menghantaran panas dari sinar matahari.

6. Tidak Memuai dan Menyusut

Kanopi galvalum memiliki daya tahan yang sangat bagus menghadapi kondisi dan cuaca seperti apapun. Tidak mudah memuai dan menyusut, bahkan cenderung dapat bertahan dalam ukuran awalnya. Berbeda dengan material lainnya yang akan mudah memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca. Daya tahan kanopi ini bisa berkisar antara 8-9 tahun, bahkan lebih lama secara bahan. Hanya saja, proses pengecatan wajib dilakukan secara berkala, supaya warna dan tampilannya selalu rapi.

Baja ini termasuk salah satu besi hollow. Ada berbagai jenis besi hollow seperti besi hollow hitam dan besi Hollow Galvanis. Biasanya besi ini diproduksi sepanjang 6 meter. Tentunya, pembelian didasari atas kebutuhan konstruksi. Untuk ketebalan besi ini sangat variatif, biasanya berkisar 0,20-2,00mm, bergantung pada beban bangunan atau konstruksi yang diinginkan.

7. Tersedia Banyak Pilihan

Sebagai salah satu kanopi minimalis yang banyak digemari, Anda tentunya dapat menemukan berbagai jenis model kanopi galvalum.

Anda dapat menemukan model standar kanopi minimalis galvalum dengan rangka atap besi hollow ukuran 30 x 30 mm yang dipadukan dengan atap polycarbonate. Di pasaran, jenis kanopi ini berada di kisaran harga 250 hingga 300 ribu.

Lalu, Anda juga bisa mendapatkan model serupa di atas namun dengan menggunakan atap spandek baja ringan. Kisaran harga untuk kanopi gavalum jenis ini berada di angka 275 hingga 325 ribu.

Berdasarkan lima alasan di atas, tentunya Anda akan menjadi semakin mantap untuk memilih kanopi berbahan galvalum dibandingkan kanopi kayu atau besi. Jika membutuhkan galvalum untuk perbaikan atau pembangunan rumah, jangan lupa beli di Indosteger!

Baca juga: 5 Model Kanopi Tanpa Tiang yang Estetik dan Umum Digunakan

Recent Articles