indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Alasan Anda Harus Menggunakan Kanopi Galvalum untuk Bangunan

Pada umumnya, orang-orang di Indonesia memasang kanopi pada huniannya guna menghindari terik matahari yang langsung menuju rumah, mengingat Indonesia adalah negara tropis. Pemasangan kanopi akan membuat rumah menjadi lebih teduh. Seringkali kanopi dipasang di teras rumah.

Kanopi pada mulanya dibuat dengan bahan kayu. Kanopi berbahan kayu memang akan memberi kesan indah untuk eksterior rumah. Namun, kayu adalah material yang sangat mudah lapuk akibat cuaca maupun serangan rayap. Maka, untuk Anda yang ingin terhindar dari persoalan tersebut, kanopi berbahan galvalum menjadi solusinya.

Kanopi galvalum seringkali masih dipandang aneh oleh sebagian orang mengingat kehadirannya di Indonesia masih cukup baru. Untuk menjawab keraguan tersebut, silakan simak ulasan berikut ini.

Kanopi galvalum sangat mudah dipasang

Pemasangan kanopi galvalum sangat pas bagi Anda yang membutuhkan kanopi dalam waktu cepat. Kanopi galvalum cukup dirakit menggunakan baut, tidak seperti kanopi dari besi yang harus dipasang dengan las. Selain mudah dipasang, kanopi galvalum memiliki bobot yang ringan, sehingga cukup dikerjakan oleh dua orang saja. Ini tentunya akan memengaruhi keunggulan pada berikutnya.

Biaya untuk kanopi galvalum sangat terjangkau

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa kanopi galvalum sangat mudah dipasang, sehingga pemasangan dapat dikerjakan cukup dengan dua orang saja, Hal ini tentunya akan menghemat biaya ongkos tukang. Selain itu harga bahan baku yang dibutuhkan galvalum sangat murah jika dibandingkan dengan material lain, seperti kayu dan besi.

Baca Juga : 4 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

Belum lagi jika dipandang dari segi perawatan, kanopi galvalum tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pada kayu dan besi, di mana pemilik harus menambahkan lapisan khusus anti rayap dan anti karat 

Kanopi galvalum anti karat dan anti rayap

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa galvalum yang  sekilas terlihat sama seperti besi, pada nyatanya adalah baja. Besi dan baja tentunya dua material yang berbeda. Besi akan mengalami karat seiring berjalannya waktu. Sedangkan galvalum tidak. Hal ini dikarenakan galvalum mengandung zinc, alumunium zinc, dan karbon.

Selain itu, kanopi galvalum sangat cocok untuk iklim tropis yang panas seperti Indonesia. Sebagai contoh, Anda memasang kanopi galvalum di teras rumah yang nantinya digunakan sebagai garasi, nantinya kanopi ini tentu akan silih berganti terpapar panas matahari dan hujan. Jika Anda menggunakan kanopi besi, maka Anda perlu melakukan perawatan seperti menambah lapisan anti karat.

Bahkan Anda menggunakan kanopi berbahan kayu, Anda harus melapisinya dengan lapisan anti rayap. Lapisan anti rayap pun seringkali tidak mujarab. Hal ini diperparah lagi dengan sifat kayu yang mudah lapuk bila terus menurus terkena panas atau hujan. Sedangkan kanopi galvalum tidak akan mengalami dua hal tersebut, sehingga kanopi Anda akan berumur lebih panjang.

 Kanopi galvalum bersifat noncombustible

Satu lagi keunggulan penting yang dimiliki kanopi galvalum. Jika Anda orang yang sangat mempertimbangkan aspek keamanan, maka kanopi galvalum ini harusnya menjadi pertimbangan utama karena kanopi galvalum bersifat noncombustible. Noncombustible berarti tidak memicu pembesaran api. Apabila sewaktu-waktu hunian Anda mengalami musibah kebakaran, maka kanopi galvalum ini tidak akan membuat api tersebut semakin membesar atau merambat. Berbeda dengan kanopi kayu yang justru akan memantik api menjadi lebih besar.

Kanopi galvalum tidak memuai dan menyusut

Sekali lagi bahwa kanopi galvalum sangat cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia yang memiliki perubahan cuaca tinggi. Kanopi galvalum memiliki daya tahan yang sangat bagus menghadapi kondisi tersebut. Berbeda dengan material lainnya yang akan mudah memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca. Kanopi galvalum akan tetap bertahan dalam ukuran awalnya.

 

Berdasarkan lima alasan di atas, tentunya Anda akan menjadi semakin mantap untuk memilih kanopi berbahan galvalum dibandingkan kanopi kayu atau besi. Jika membutuhkan galvalum untuk perbaikan atau pembangunan rumah, jangan lupa beli di Indosteger!

You May Also Like