indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Kelebihan Kanopi Galvalum Untuk Bangunan

Iklim tropis di Indonesia tidak jarang membuat matahari tampak begitu terik, apalagi di siang hari. Nah, inilah alasan mengapa kanopi dibutuhkan, selain untuk meneduhkan juga untuk menjaga kendaraan agar tetap aman. Panas matahari yang berlebihan bisa mempengaruhi eksterior mobil dan tampilan kendaraan yang kamu miliki. 

Zaman modern ini sudah banyak masyarakat yang memilih model minimalis. Banyak yang mempertimbangkan hal ini karena perawatan dari kanopi yang cukup rumit termasuk daya tahannya. Apalagi penggunaan atap kayu bisa jadi sarang rayap. Juga kanopi besi pada umumnya cenderung mudah berkarat.

Memilih kanopi galvalum bisa menjadi solusi untuk Anda. Kelebihan dari pemasangan kanopi baja ini bisa membuat tampilan rumah sekilas elegan dan rapi. Ditambah pemilihan atap kanopi yang bagus bisa makin mempercantik halaman rumah atau teras anda, berikut adalah kelebihan lainnya dari pemasangan kanopi besi ini.

Kanopi galvalum sangat mudah dipasang

Pemasangan kanopi cukup dirakit menggunakan baut, tidak seperti kanopi dari besi atau kanopi spandek yang harus dipasang dengan proses las. Selain mudah dipasang, galvalum memiliki bobot yang ringan, sehingga cukup dikerjakan oleh dua orang saja. Dari segi tampilan memang artistik dan bernuansa minimalis. Ada yang berbentuk persegi dan melengkung. Kedua-duanya jelas praktis dan mudah untuk dipasang, karena tidak terlalu banyak-barang barang perkakas yang diperlukan. Biasanya para tukang cukup familiar dengan kanopi galvalum ini dengan peneybutan genteng metal. 

Biaya pemasangan sangat terjangkau

Karena bahannya ringan dan tidak membutuhkan banyak pekerja dan barang-barang, sehingga pemasangan baja ini bisa dibilang menghemat biaya ongkos tukang. Belum lagi jika dipandang dari segi perawatan, kanopi galvalum tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pada kayu dan besi, di mana pemilik harus menambahkan lapisan khusus anti rayap dan anti karat.

Jenis pengerjaan yang biasanya sering ditemukan adalah paduan kanopi baja galvalum dengan kerangka atap besi jenis Hollow kisaran 40x40mm. Lalu dilapisi dengan material spandek baja ringan, sehingga halaman rumah suhunya lebih terasa hangat, waalupun di terik matahari. Jenis kombinasi ini bisa menghabiskan kisaran 500 ribu hingga 600 ribu, tergantung dengan pengerjaan dan variasinya. Pemakaiannya sudah jelas awet dan tahan alias anti karat, simak penjelasan berikutnya.  

Baca Juga : 4 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

Anti karat dan anti rayap

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa galvalum yang sekilas terlihat sama seperti besi, pada nyatanya adalah baja. Besi dan baja tentunya dua material yang berbeda. Besi akan mengalami karat seiring berjalannya waktu. Sedangkan galvalum tidak. Hal ini dikarenakan galvalum mengandung zinc, alumunium zinc, dan karbon. Jenis baja ini sudah pasti anti rayap dan tidak seperti kayu. Banyak keluarga yang senang menggunakan baja ini karena menghemat biaya pembangunan rumah, khususnya pada bagian atap. 

Bersifat noncombustible

Noncombustible berarti tidak memicu pembesaran api. Apabila sewaktu-waktu hunian Anda mengalami musibah kebakaran, maka kanopi galvalum ini tidak akan membuat api tersebut semakin membesar atau merambat. Berbeda dengan kanopi kayu yang justru akan memantik api menjadi lebih besar. Ini juga alasan mengapa udara terasa lebih sejuk ketika berada di bawah kanopi ini, karena baja tidak menghantarkan panas. 

Tidak memuai dan menyusut

Kanopi galvalum memiliki daya tahan yang sangat bagus menghadapi kondisi dan cuaca seperti apapun. Tidak mudah memuai dan menyusut, bahkan cenderung dapat bertahan dalam ukuran awalnya. Berbeda dengan material lainnya yang akan mudah memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca. Daya tahan kanopi ini bisa berkisar antara 8-9 tahun, bahkan lebih lama secara bahan. Hanya saja, proses pengecatan wajib dilakukan secara berkala, supaya warna dan tampilannya selalu rapi.

Baja ini termasuk salah satu besi hollow. Ada berbagai jenis besi hollow seperti besi hollow hitam dan besi Hollow Galvanis. Biasanya besi ini diproduksi sepanjang 6 meter. Tentunya, pembelian didasari atas kebutuhan konstruksi. Untuk ketebalan besi ini sangat variatif, biasanya berkisar 0,20-2,00mm, bergantung pada beban bangunan atau konstruksi yang diinginkan.

Berdasarkan lima alasan di atas, tentunya Anda akan menjadi semakin mantap untuk memilih kanopi berbahan galvalum dibandingkan kanopi kayu atau besi. Jika membutuhkan galvalum untuk perbaikan atau pembangunan rumah, jangan lupa beli di Indosteger!


 

You May Also Like