indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ragam Ukuran Pipa Scaffolding yang Digunakan di Indonesia

Proyek konstruksi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin berkembang. Hal ini pula yang mempengaruhi permintaan scaffolding, baik itu berupa sewa maupun pembelian. Namun, bagi Anda yang bergerak di bidang konstruksi bangunan penting untuk mengetahui ukuran pipa scaffolding agar sesuai dengan kebutuhan dan yang diperlukan. Secara umum, ukuran pipa scaffolding tersebut terbagi dalam beberapa jenis berikut ini.

Japan International Standard (JIS)

Jenis pipa scaffolding yang digunakan di Indonesia memiliki standar internasional tertentu. Salah satunya adalah pipa scaffolding berstandar internasional dari Jepang atau disebut juga dengan pipa scaffolding JIS. Pipa jenis ini memang banyak digunakan untuk pengerjaan proyek di banyak negara, termasuk di tanah air. Ukuran pipa scaffolding JIS ini memiliki diameter sekitar 1.5 inci saja dan ketebalannya sekitar 2.5 mm.

Jenis British Standard (BS)

Tidak hanya standar Jepang saja, ukuran yang sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi di Indonesia terkadang juga mengacu pada standar British atau disebut dengan BS. Berbeda dengan pipa scaffolding yang dikeluarkan oleh standar Jepang atau JIS, pipa standar BS memiliki ragam jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pekerjaan konstruksi bangunan. Untuk diameter pipa pada umumnya sama dengan standar JIS yakni 1.5 inci.

Namun, pada ketebalannya inilah yang memiliki ukuran yang mencolok dan berbeda.  Tersedia dua ukuran yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan JIS. Ukuran pipa scaffolding ini terdiri dari ketebalan 3.2 mm dan juga tersedia dalam ukuran 4 mm. Dengan demikian, jika ukuran lebih besar diyakini daya tahan dalam menopang barang maupun pekerja memiliki kemampuan yang baik.

Scaffolding Set MF 190

Beberapa scaffolding lain yang kerap digunakan adalah dalam bentuk full set. Meskipun dari segi bentuk memiliki persamaan, perbedaannya hanyalah pada segi ukuran pipanya. Scaffolding set MF 190 contohnya, memiliki dimensi yang cukup tinggi jika dibandingkan yang lain yakni pada kisaran 19 cm. Kemudian untuk dimensi panjangnya adalah 180 cm dan memiliki lebar 120 cm.

Scaffolding Set MF 170

Full set  lainnya adalah jenis MF 170. Ukuran pipa scaffoldingnya juga relatif lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi perbedaanya pun tidak begitu mencolok, hanya saja terletak pada tingginya saja. Jika MF 190 ukuran tingginya adalah 190 cm maka untuk MF 170 adalah 170 cm saja.

Scaffolding Set LF 120

Hal yang sama juga berlaku pada ukuran pipa scaffolding full set untuk jenis LF 120. Ukuran pipa jenis ini memang memiliki dimensi panjang 180 cm dan lebarnya 120 cm. Begitu juga dengan tingginya mulai dari dasar permukaan hingga bagian atasnya adalah 120 cm.

Scaffolding Set LF 90

Terakhir, ukuran pipa scaffolding yang juga kerap digunakan untuk proyek konstruksi di Indonesia adalah full set LF 90. Keunggulan dari pipa scaffolding jenis ini adalah tingginya yang rendah dan dapat digunakan pada pengerjaan proyek yang tidak begitu tinggi. Tingginyanya sendiri tidak sampai 100 cm dan secara spesifik hanya 90 cm. Namun, untuk panjangnya sendiri sama yakni 180 cm dan memiliki lebar 120 cm.

Itulah beberapa ragam ukuran pipa scaffolding yang sering digunakan. Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan proyek konstruksi yang ada. Pipa scaffolding berbagai ukuran tersebut bisa Anda dapatkan baik secara sewa maupun pembelian di perusahaan penyedia yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satunya yang bisa Anda pilih adalah PT Indosteger Jaya Perkasa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan ukuran pipa scaffolding yang ada, Anda bisa klik di sini.

You May Also Like