indosteger@gmail.com   +62218294428

News

7 Keunggulan Atap Galvalum yang Perlu Anda Tahu

Rumah sebagai tempat untuk tinggal, beristirahat dan berlindung menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Hal ini lantas menjadikan alasan mengapa memilih material dalam proses membangun rumah bukanlah perkara yang mudah. Selain memastikan material tersebut baik untuk melindungi diri, ketahanan material juga menjadi pertimbangan utama.

Beberapa tahun terakhir, penggunaan material atap berbahan galvalum menjadi populer menggantikan atap berbahan kayu. Atap berbahan material galvalum sering disebut dengan baja ringan ini merupakan metode pemasangan atap yang diinisiasi oleh Jepang. Kata galvalum sendiri berasal dari kata galvanis dan aluminium. Inilah yang membuat galvalum berbeda dengan besi. Berikut ini tujuh  keunggulan atap galvalum yang perlu Anda ketahui!

Atap Galvalum Ringan dan Mudah Dipasang

Sesuai dengan namanya, galvalum atau baja ringan hanya memiliki bobot kurang lebih 9 kg per m2. Bobotnya yang ringan ini mempermudah proses pemasangan. Proses pemasangan yang mudah akan menghemat pengeluaran biaya tukang serta waktu yang singkat. Rangka atap baja ringan memiliki sistem sambungan yang gampang untuk dirangkai, cukup menggunakan baut, sekrup, atau keeling.

Baca Juga : 4 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

Berdaya Tahan Lama dan Kuat

Walaupun memiliki bobot yang ringan, atap galvalum ini terkenal sangat kuat. Dengan sifat anti karat dan anti rayap, atap galvalum kuat menghadapi perubahan cuaca dengan intensitas tinggi. Pada akhirnya, atap galvalum akan berumur lebih lama dibandingkan atap dengan material lain seperti kayu.

Sangat Mudah Dibentuk

Semua orang pasti ingin memiliki rumah sesuai fantasi desainnya masing-masing. Atap galvalum bisa menjawab keinginan tersebut. Material galvalum sangat mudah untuk dipotong dan dibentuk mengikuti pola bentuk rangka atap yang diinginkan pemilik rumah. Setelah terpasang dengan sempurna, atap galvalum dapat disambung dengan berbagai jenis atap lainnya menggunakan bahan penghubung baja.

Atap Galvalum Bersifat Noncombustible

Satu lagi keunggulan penting yang dimiliki atap galvalum. Jika Anda orang yang sangat mempertimbangkan aspek keamanan, maka atap galvalum ini harusnya menjadi pertimbangan utama Anda karena atap galvalum bersifat noncombustible. Noncombustible berarti tidak memicu pembesaran api.

Apabila sewaktu-waktu hunian Anda mengalami musibah kebakaran, maka atap galvalum ini tidak akan membuat api tersebut semakin membesar atau merambat. Berbeda dengan rangkaian atap kayu yang justru akan memantik api menjadi lebih besar.

Atap Galvalum Tidak Memuai dan Menyusut

Atap galvalum sangat cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia yang memiliki perubahan cuaca tinggi. Atap galvalum memiliki daya tahan yang sangat bagus menghadapi kondisi tersebut. Berbeda dengan material lainnya yang akan mudah memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca. Kanopi galvalum akan tetap bertahan dalam ukuran awalnya.

Biaya untuk Atap Galvalum Sangat Terjangkau

Sebagaimana telah disebutkan di atas, atap galvalum sangat mudah dipasang, sehingga pemasangan dapat dikerjakan cukup dengan dua orang saja, Hal ini tentunya akan menghemat biaya ongkos tukang. Selain itu harga bahan baku yang dibutuhkan galvalum sangat murah jika dibandingkan dengan material lain, seperti kayu dan besi.

Belum lagi jika dipandang dari segi perawatan, atap galvalum tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pada kayu dan besi yang menuntut pemilik harus menambahkan lapisan khusus anti rayap dan anti karat 

Atap Galvalum Dapat Didaur Ulang

Untuk Anda yang sangat peduli dengan lingkungan, memilih atap berbahan galvalum adalah langkah yang sesuai dengan Anda. Atap galvalum yang sudah tidak terpakai lagi dapat digunakan kembali untuk membuat bagian lain dari konstruksi rumah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melelehkan material galvalum untuk dijadikan salah satu bahan bangunan yang lain atau material pondasi. Langkah beralih menuju penggunaan atap galvalum juga akan membantu menyelamatkan hutan di negara ini dari penebangan pohon secara berlebihan untuk  dijadiakan kayu.

Tujuh keunggulan atap galvalum di atas, tentunya akan menjadikan Anda semakin mantap untuk memilih menggunakan atap berbahan galvalum dibandingkan material lain seperti kayu pada umumnya. Jika Anda membutuhkan galvalum untuk perbaikan dan pembangunan rumah, jangan lupa untuk mendapatkannya di Indosteger!

You May Also Like