indosteger@gmail.com   +62218294428

News

7 Keunggulan Kerugian Atap Galvalum dan Harganya

Rumah sebagai tempat untuk tinggal, beristirahat dan berlindung menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Hal ini lantas menjadikan alasan mengapa memilih material dalam proses membangun rumah bukanlah perkara yang mudah. Selain memastikan material tersebut baik untuk melindungi diri, ketahanan material juga menjadi pertimbangan utama.

Beberapa tahun terakhir, penggunaan material atap berbahan galvalum menjadi populer menggantikan atap berbahan kayu. Atap berbahan material galvalum sering disebut dengan baja ringan ini merupakan metode pemasangan atap yang diinisiasi oleh Jepang. Kata galvalum sendiri berasal dari kata galvanis dan aluminium. Inilah yang membuat galvalum berbeda dengan besi. Simak berikut ini 7 kelebihan dan kekurangan atap galvalum beserta harganya:

Kelebihan Atap Galvalum

Atap Galvalum Ringan dan Mudah Dipasang

Sesuai dengan namanya, galvalum atau baja ringan hanya memiliki bobot kurang lebih 9 kg per m2. Bobotnya yang ringan ini mempermudah proses pemasangan. Proses pemasangan yang mudah akan menghemat pengeluaran biaya tukang serta waktu yang singkat. Rangka atap baja ringan memiliki sistem sambungan yang gampang untuk dirangkai, cukup menggunakan baut, sekrup, atau keeling.

Baca Juga : 4 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

Berdaya Tahan Lama dan Kuat

Walaupun memiliki bobot yang ringan, atap galvalum ini terkenal sangat kuat. Dengan sifat anti karat dan anti rayap, atap galvalum kuat menghadapi perubahan cuaca dengan intensitas tinggi. Pada akhirnya, atap galvalum akan berumur lebih lama dibandingkan atap dengan material lain seperti kayu.

Stylish, mudah dikombinasikan 

Semua orang pasti ingin memiliki rumah sesuai fantasi desainnya masing-masing. Atap galvalum bisa menjawab keinginan tersebut. Material galvalum sangat mudah untuk dipotong dan dibentuk mengikuti pola bentuk rangka atap yang diinginkan pemilik rumah. Setelah terpasang dengan sempurna, atap galvalum dapat disambung dengan berbagai jenis atap lainnya menggunakan bahan penghubung baja.

Atap Galvalum Bersifat Noncombustible

Jika Anda orang yang sangat mempertimbangkan aspek keamanan, maka atap galvalum ini harusnya menjadi pertimbangan utama Anda karena atap galvalum bersifat noncombustible. Artinya tidak memicu pembesaran api.

Apabila sewaktu-waktu hunian Anda mengalami musibah kebakaran, maka atap galvalum ini tidak akan membuat api tersebut semakin membesar atau merambat. Berbeda dengan rangkaian atap kayu yang justru akan memantik api menjadi lebih besar.

Atap Galvalum Tidak Memuai dan Menyusut

Atap galvalum sangat cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia yang memiliki perubahan cuaca tinggi. Atap galvalum memiliki daya tahan yang sangat bagus menghadapi kondisi tersebut. Berbeda dengan material lainnya yang akan mudah memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca. Kanopi galvalum akan tetap bertahan dalam ukuran awalnya.

Biaya untuk Atap Galvalum Sangat Terjangkau

Sebagaimana telah disebutkan di atas, atap galvalum sangat mudah dipasang, sehingga pemasangan dapat dikerjakan cukup dengan dua orang saja, Hal ini tentunya akan menghemat biaya ongkos tukang. Selain itu harga bahan baku yang dibutuhkan galvalum sangat murah jika dibandingkan dengan material lain, seperti kayu dan besi.

Belum lagi jika dipandang dari segi perawatan, atap galvalum tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pada kayu dan besi yang menuntut pemilik harus menambahkan lapisan khusus anti rayap dan anti karat 

Atap Galvalum Dapat Didaur Ulang

Untuk Anda yang sangat peduli dengan lingkungan, memilih atap berbahan galvalum adalah langkah yang sesuai dengan Anda. Atap galvalum yang sudah tidak terpakai lagi dapat digunakan kembali untuk membuat bagian lain dari konstruksi rumah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melelehkan material galvalum untuk dijadikan salah satu bahan bangunan yang lain atau material pondasi. Langkah beralih menuju penggunaan atap galvalum juga akan membantu menyelamatkan hutan di negara ini dari penebangan pohon secara berlebihan untuk  dijadiakan kayu.

Kekurangan Atap Galvalum

Atap Galvalum Bisa Cepat Panas 

Untuk hal ini bergantung pada iklim atau cuaca pada lingkungan sekitarmu. Meskipun sifatnya yang tidak merambat api, namun ternyata Atap Galvalum bisa menyerap panas.Setidaknya atap galvalum tetap mengurangi panas menjadi hangat, jika dipasang menjadi kanopi pada teras ruma Anda. 

SDM yang Terbatas 

Meskipun bahan ini sangat mempermudah pembangunan rumah, namun tidak banyak pekerja lapangan yang memahami cara pemasangan atap galvalum. Pemasangan atap galvalum membutuhkan kuda-kuda yang kuat. Jika tidak terpasang dengan baik, maka cenderung atap dapat mudah sekali rusak atau robek. 

Berisik 

Balik lagi, ini perkara iklim atau cuaca. Jika hujan deras kemungkinan besar kamu akan sedikit terganggu dengan suara rintik yang sangat kedengaran besat. Ini menjadi salah satu perhitungan mengapa menggunakan atap galvalum dibanding atap genteng. Namun, ingat atap galvalum tetap bukan atap biasa seperti seng yang hanya lempengan besi yang dilapisi seng. Jika Galvalum adalah besi yang dilapisi 55% alumunium, 43,5% seng dan 1,5% silikon.

Menghantarkan listrik 

Hati-hati sangat mengaplikasikan baja atap baja ringan. Gunakan material yang memiliki bahan baik, termasuk penggunaan scaffolding sehingga pemasangan dapat berjalan dengan rapi. Agar lebih aman juga bisa mematikan aliran listrik terlebih dahulu dengan melepas sekring di atau MCB di rumah. 

Daftar Harga Atap Galvalum

Daftar harga atap galvalum terbilang cukup terjangkau, ini alasan mengapa atap galvalum mulai menjadi trend saat ini di berbagai perumahan elit. Ini dia list harga atap galavlum: 

Harga Seng Galvalum Gelombang 

Seng Galvalum ini biasanya berukuran dari 0.20 mm x 1,8m x 80 cm hingga 0,3 mm x300cm. Lalu, dibandrol dengan harga 47 ribu hingga 100 ribu/lembar. 

Harga Galvalum BJLS per Meter 

Jika membeli per meter biasanya dilihat dari jenisnya dari 0,4 hingga 1,6 dengan ukuran 1,219 x 1m x 4,12 kg. Juga dilihat dari segi beratnya, biasanya dari 4,12 kg hingga 11,85 kg. Untuk pembelian per meter seperti ini, biasanya berkisar dari harga 120 ribu hingga 350 ribu. 

Pembelian per lembar akan dikenakan harga dari 250 ribu hingga kisaran 1 juta, biasanya pembelian dengan per lembar bobot berat akan lebih berat. Jadi, perlu diperhatikan juga bagaimana keperluannya. 

Jika memang membutuhkan banyak, Galvalum juga disewa per roll, tentunya panjang semakin berbeda dan harga meningkat. Untuk jenis masih tetap sama. Harga berkisar dari 2 jutaan hingga 8 juta. Ini cocok untuk Anda yang mungkin berbisnis dalam dunia bangunan dan konstruksi. 

Itu dia masing-masing keunggulan, kerugian hingga daftar harga dari penggunaan atap galvalum untuk bangunan anda. Jangan lupa menjamin keamanan saat mebangun rumah, ada baiknya untuk menggunakan Scaffolding, sehingga pemasangan lebih aman dan tidak memakan waktu yang lama. Anti ribet, karena bisa dibongkar pasang. Yuk, simak selengkapnya tentang apa itu scaffolding

You May Also Like