indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Pondasi Rumah Tingkat yang Kuat dan Aman

Pondasi rumah memiliki banyak jenis. Namun untuk membangun rumah tingkat, pondasi rumah yang sering digunakan adalah pondasi batu kali dan pondasi foot plat. Pondasi batu kali sering ditemukan pada rumah dua lantai dengan ukuran relatif kecil secara luas dan bobot. Kedalaman pondasi batu kali sekitar 60-80 cm. Sementara pondasi foot plat digunakan untuk menopang rumah dua lantai berukuran yang lebih besar dan luas. Kedalaman pondasi foot plat sekitar 1,2 hingga 2 m.

Ada banyak perbedaan dalam membangun rumah satu lantai atau rumah bertingkat, salah satunya adalah pondasinya. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara membuat pondasi rumah tingkat yang perlu Anda ketahui.

Periksa struktur tanah

Langkah pertama adalah memeriksa seperti apa struktur tanah di lokasi rumah tingkat yang akan dibangun, apakah tanah tersebut berpasir, atau apakah permukaannya landai atau tidak. Setiap jenis struktur tanah akan mendapat penanganan yang berbeda. Misalnya cara membuat pondasi rumah tingkat untuk tanah berpasir harus melibatkan material tanah untuk dicampurkan dan memadatkan area berpasir, termasuk menerapkan kedalaman yang lebih agar pondasi lebih kuat mencengkram tanah alasnya.

Sementara untuk permukaan tanah yang landai, perlu penanganan khusus dimana pondasi rumah tingkat perlu dibuat dengan melebihkan tinggi di area yang landai agar bangunan rumah tetap tegak tidak mengikuti permukaan yang cenderung miring tersebut.

Pemilihan bahan material

Setelah mengetahui struktur tanah, Anda juga perlu menyesuaikan bahan material bangunan dalam membuat pondasi rumah tingkat. Cari semen, pasir, serta batu yang berkualitas. Pilih pasir dari sungai yang berwarna gelap karena struktur pasir ini membuatnya lebih mudah tercampur dengan material lain. Untuk batu, pilihlah batu kali atau batu gunung karena struktur batu jenis ini yang sangat kokoh sehingga sering dimanfaatkan sebagai material pondasi. Pastikan juga pondasi rumah ditambahkan kerangka besi bebas karat agar makin kokoh.

Denah dan ukuran rumah tingkat

Periksa kembali denah serta ukuran rumah tingkat yang akan dibangun. Jika tidak memiliki denah detail yang biasa dibuat arsitek, Anda cukup menggunakan sketsa denah sederhana. Sertakan keterangan ukuran dan informasi penting lainnya dalam denah seperti arah hadap rumah, posisi tiang penyangga, pintu, jendela, tangga, dan ruang-ruang di dalam rumah.

Buat bowplank

Cara membuat pondasi rumah tingkat berikutnya adalah membuat bowplank yang akan jadi patokan pembuatan pondasi. Bowplank ini akan menentukan titik pusat bangunan serta dinding-dinding rumah. Pastikan sudah benar-benar sesuai dengan ukuran bangunan rumah Anda saat membuat bowplank.

Penggalian pondasi

Setelah selesai dengan bowplank, pondasi baru bisa digali. Kedalaman pondasi menyesuaikan dengan jenis pondasi yang Anda gunakan. Untuk struktur tanah keras dan padat, Anda cukup menggali hingga kedalaman 60-80 cm. Namun jika struktur tanah berpasir dan lembut, lakukan penggalian pondasi jauh ke dalam sampai menemukan struktur tanah yang lebih padat.

Pemasangan pondasi

Setelah selesai menggali, cara membuat pondasi rumah tingkat selanjutnya adalah dengan memasang pondasi batu. Anda bisa menggunakan batu kali atau batu bata merah, Sementara untuk pondasi foot plat sedikit berbeda karena menggunakan besi beton. Pemasangan pondasi ini harus dipastikan sesuai dengan titik bowplank yang sudah dipasangkan.

Lapis batu ini menyesuaikan dengan kedalaman galian pondasi. Paling tidak terdapat empat lapis batu pondasi. Teknik memasangnya adalah dengan lapisan terbawah melebar, dan lapisan berikutnya batu bata diatur sepasang-sepasang.

Pemasangan besi dan bekisting

Berikutnya pemasangan besi dan bekisting. Besi yang telah dianyam menggunakan kawat ikat ini masing-masing ujungnya harus dibuat bengkok, lalu dikaitkan dengan besi pelat pondasi atau tiang-tiang pada kolom pondasi. Ini dapat mencegah dinding rumah retak. Setelah itu, bekisting dipasang dengan papan berukuran 400 cm x 20 cm x 2 cm. Pastikan pemasangan bekisting rapi dan kokoh agar tidak jebol saat proses pemasangan sloof.

Pemasangan sloof

Pemasangan sloof pada cara membuat pondasi rumah tingkat ini fungsinya adalah untuk menahan beban sekaligus menyatukan bangun pondasi dan bahan perekat pada besi kolom. Sloof dipasang dengan cara dicor. Perhatikan dengan seksama kematangan bahan cor dan titik letak kolom yang ditandai dengan bowplank tadi agar struktur rumah jadi lebih kokoh dan awet.

Saat pengecoran sloof berlangsung, pastikan bagian permukaan atas rapi, rata, dan sejajar dengan bekisting. Besi juga harus tertutup dengan benar oleh adukan cor agar saat hujan air tidak masuk dan membuat besi berkarat yang akhirnya membuat bangunan mudah roboh.

Gunakan scaffolding

Selama melakukan cara membuat pondasi rumah tingkat ini, siapkan scaffolding untuk proses konstruksinya begitu pondasi telah siap. Scaffolding akan membantu Anda membangun rumah dengan lebih aman dan nyaman.

Tidak harus membeli, Anda dapat menggunakan scaffolding yang disewakan pada rental scaffolding. Harganya juga jauh lebih murah daripada harus membeli. Anda dapat memanfaatkan jasa Indosteger untuk jual dan sewa scaffolding yang sesuai dengan kebutuhan rumah tingkat Anda. Indosteger juga Jual dan sewa scaffolding ke berbagai daerah di Indonesia. 

Recent Articles