indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

Kanopi adalah suatu struktur pada bangunan yang fungsinya serupa dengan atap, yakni sebagai perlindungan dari cuaca. Biasanya kanopi digunakan pada bagian yang terpisah dari bangunan rumah seperti garasi atau taman. Terkadang kanopi juga dihadirkan sebagai dekorasi untuk mempercantik tampilan rumah.

Saat ini ada banyak sekali jenis atap kanopi yang bisa dijadikan pilihan. Ada yang wujudnya permanen, ada juga yang mudah dibongkar pasang. Berikut ini akan dibahas tentang jenis atap kanopi berdasarkan material penyusunnya.

Kanopi polycarbonate

Jenis atap kanopi yang pertama adalah polycarbonate. Kanopi polycarbonate adalah jenis kanopi yang paling sering digunakan karena mudah ditemukan dan cukup tahan lama. Material polycarbonate terbukti mampu menyerap serta menahan sinar matahari dengan adanya fungsi UV Protection. Dengan penggunaan normal, polycarbonate mampu bertahan hingga 10 tahun.

Kanopi polycarbonate memiliki tingkat kelenturan (flexibility) yang tinggi sehingga kanopi yang dibuat dari material ini pun bisa dibentuk sedemikan rupa. Bukan hanya itu, polycarbonate juga hadir dengan aneka warna, mulai dari warna-warna netral seperti bening dan hitam, hingga warna hijau dan ungu.

Kanopi spandek

Berikutnya ada kanopi spandek. Jenis atap kanopi yang satu ini terbuat dari bahan dasar aluminium dengan campuran seng. Terkadang kanopi spandek juga disebut dengan nama Zyncalum. Ciri utama dari kanopi spandek adalah bentuknya yang bergelombang, serupa dengan genting  yang sudah disusun.

Baca Juga : Mengenal Jenis dan Ukuran Atap Spandek

Jika dibandingkan dengan bahan polycarbonate, kanopi spandek memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Kanopi polycarbonate bisa bertahan hingga 10 tahun, sedangkan kanopi spandek jauh lebih lama lagi, 30 tahun. Dari segi harga, bahan zyncalum ini juga relatif lebih terjangkau. Sayangnya, kanopi spandek kurang dekoratif jika digunakan untuk mempercantik rumah. Maka tidak heran jika kanopi  model ini lebih sering digunakan di pabrik.

Kanopi alderon

Kanopi alderon adalah jenis atap kanopi yang terbuat dari bahan Unplasticizide Polyvinyl Chloride (UPVC). Bentuknya mirip dengan kanopis pandek, hanya saja kanopi alderon memiliki struktur berongga (twin wall) sebagai penahan panas sekaligus peredam suara.

Apabila dibandingkan dengan jenis atap kanopi sebelumnya, kanopi alderon adalah jenis yang paling kuat. Kanopi ini mampu menahan beban hingga 150 kg. Jika diinjak pun kanopi alderon tidak akan rusak atau pecah. Tingkat ketahanan yang tinggi ini membuat kanopi alderon dibanderol dengan harga yang relatif  lebih mahal dibanding  polycarbonate dan spandek.

Kanopi onduline

Selain kanopi polycarbonate, onduline juga merupakan jenis atap kanopi yang populer. Bentuknya bergelombang, namunj jarak antar gelombangnya lebih rapat dibandingkan dengan kanopi spandek. Kanopi onduline menjadi populer karena bentuk dan kegunaannya sangat luas. Anda bisa menggunakannya sebagai kanopi taman hingga atap rumah.

Bukan hanya itu, kanopi onduline juga mampu meredam suara dengan baik, terutama suara bising dari air hujan. Kanopi onduline juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap angin. Jenis atap kanopi ini bahkan mampu bertahan pada angin berkecepatan 192,12 km/h atau setara dengan angin topan. Untuk kekuatannya sendiri, onduline mampu menahan beban hingga 900 kg/m2.

Untuk membuat kanopi, kini Anda tidak harus terpaku pada satu material saja. Empat jenis atap kanopi di atas bisa dijadikan referensi jika Anda berminat membuat kanopi sendiri di rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan serta bujet yang Anda miliki untuk mendapatkan kanopi terbaik. Selamat membuat kanopi!

You May Also Like