indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengecat Pagar Besi Galvanis

Pagar besi akan terlihat semakin menarik jika diberi warna yang cocok dengan suasana rumah. Mengecat pagar sendiri bukanlah hal yang rumit dan tentunya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika ingin tahu seperti apa cara mengecat pagar besi galvanis yang baik dan benar, coba lihat dulu rangkumannya berikut ini. 

Cuci bagian pagar besi galvanis

Langkah pertama sebelum mulai mengecat pagar besi galvanis adalah dengan mencuci pagar besi tersebut. Anda bisa menggunakan sabun deterjen untuk membersihkan bagian pagar hingga bersih. Kemudian, semprot dengan air bersih hingga sisa sabun terangkat semua. 

Langkah yang satu ini sangat penting. Jika pagar besi galvanis masih kotor, maka nanti saat proses pengecatan hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda benar-benar mencuci bagian-bagian pagar besi ini hingga bersih secara menyeluruh. Setelah itu, diamkan hingga pagar besi galvanis kering dengan sendirinya. 

Siram dengan campuran ammonia 

Setelah mencuci bagian pagar besi galvanis dengan sabun deterjen dan membilasnya dengan air bersih, kini mulai ke tahap selanjutnya. Siram pagar besi galvanis dengan campuran amonia. Sebelum melakukan proses ini, sebaiknya Anda menggunakan masker untuk menghindari aroma dari bahan kimia berikut. 

Selain itu, gunakan juga sarung tangan yang bisa melindungi bagian tangan. Larutkan campuran amonia dengan air dan siram pada bagian pagar besi galvanis hingga menyeluruh. Kemudian, biarkan hingga pagar mengering sempurna. 

Amplas permukaan pagar

Setelah pagar besi galvanis mengering dengan baik, saatnya melanjutkan ke dalam tahap selanjutnya, yaitu amplas. Sebelumnya, Anda harus mempersiapkan dahulu alat seperti sikat kawat atau kertas amplas. Kemudian, mulailah proses ini dengan menggosok bagian pagar besi galvanis dari ujung ke ujung. Jangan lupa untuk membersihkan bagian cekungan atau celah akibat penyok. 

Proses ini cukup memakan waktu yang lama, apalagi jika pagar besi Anda cukup besar dan memiliki banyak permukaan. Namun, proses ini perlu dilakukan agar nantinya hasil cat bisa terlihat lebih sempurna. Setelah selesai mengamplas bagian pagar besi, Anda bisa membersihkan sisa amplas dengan menggunakan kain lap hingga bersih. 

Gunakan primer 

Sebelum mulai ke dalam proses pengecatan pagar, ada langkah lain yang perlu dan wajib dilakukan, yaitu menggunakan primer. Sebaiknya Anda menggunakan primer yang berkualitas dan memang berfungsi untuk digunakan pada besi tahan karat. Jika nanti Anda ingin mengecat pagar dengan warna yang terang, maka bisa menggunakan primer dengan warna putih. Namun, jika cat pagar yang Anda pilih cukup gelap, maka bisa menggunakan primer dengan warna yang gelap. 

Aplikasikan primer hingga menutupi seluruh permukaan pagar besi galvanis dengan sempurna. Proses pengaplikasian primer ini bisa berjalan dengan cepat jika Anda menggunakan alat semprot. Selain itu, alat semprot ini juga mampu menutupi permukaan pagar besi galvanis dengan baik. 

Jika Anda tidak memiliki alat semprot, Anda bisa menggunakan kuas. Sayangnya, pengaplikasian primer dengan kuas bisa meninggalkan bekas garis guratan kuas. Setelah seluruh permukaan ditutup dengan primer, tunggu hingga mengering dengan sempurna.  

Mulai proses pengecatan pagar

Setelah melakukan beberapa proses di atas, sudah saatnya Anda mulai melakukan langkah terakhir dari cara mengecat pagar besi galvanis. Sebelum memulai proses pengecatan, sebaiknya periksa dulu seluruh permukaan pagar besi galvanis untuk memastikan bahwa primer sudah benar-benar kering. Setelah primer sudah diaplikasikan ke semua bagian permukaan dan sudah kering sempurna, Anda bisa mulai mengecat pagar besi galvanis. 

Jika Anda ingin pagar besi terlihat memiliki warna cat yang lebih tebal, Anda bisa mengaplikasikan cat sebanyak beberapa kali. Akan tetapi, setelah mengecat satu lapisan, sebaiknya tunggu dahulu hingga kering dan baru ulangi pengecatan. 

Itulah 5 cara mengecat pagar besi galvanis yang baik dan benar. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba mengecat pagar besi sendiri tanpa bantuan orang lain.

Recent Articles