indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Cara Membersihkan Kaca Gedung Bertingkat

Sebelum menentukan cara membersihkan kaca gedung bertingkat mana yang paling ideal untuk gedung, lakukanlah pemeriksaan awal terlebih dahulu. Pengecekan kondisi gedung akan berguna untuk mengetahui apakah cara-cara yang akan diulas di bawah ini mungkin atau tidak dilakukan di gedung tersebut.

Menggunakan gondola

Cara membersihkan kaca gedung bertingkat yang pertama dan juga cukup umum dipraktikkan adalah dengan menggunakan gondola. Gondola adalah alat konstruksi yang banyak dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan di tempat-tempat tinggi, salah satunya adalah membersihkan jendela atau kaca-kaca gedung tinggi.

Konsep kerja gondola ini adalah dengan mengangkat para pekerja dan peralatan pembersih miliknya naik ke area yang perlu dibersihkan. Bentuknya yang berupa kompartemen kecil, memungkinkan pekerja membersihkan kaca dengan aman di tempat tinggi. Untuk menggunakan gondola dibutuhkan keahlian khusus. Meskipun gondola hanya bergerak naik atau turun atau bergeser ke sisi kanan atau kiri, mengoperasikan gondola oleh pekerja yang tidak paham cara kerjanya dengan benar bisa membahayakan pekerja yang bertugas membersihkan kaca.

Menggunakan tali

Cara membersihkan kaca gedung bertingkat dengan menggunakan tali dikenal dengan sebutan rope access. Seperti namanya, Anda mengandalkan tali untuk membersihkan kaca jendela gedung bertingkat. Tali yang digunakan di rope acces adalah tali khusus yang mampu mengangkat bobot pekerja dan perkakas kebersihan yang dibawanya.

Tali ini kemudian dipasangkan pada tubuh sang pekerja, dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan dan gear lain yang diperlukan selama bekerja seperti helm dan kantong-kantong perkakas. Cara membersihkan kaca gedung bertingkat yang kedua ini cukup sering digunakan karena biayanya yang lebih hemat.

Namun, tidak semua kondisi gedung bertingkat memungkinkan utnuk dilakukan pembersihan dengan menggunakan rope access. Mengingat tali yang digunakan untuk para pekerja membersihkan kaca gedung ini perlu ditautkan pada puncak gedung, tentunya dibutuhkan media taut yang cukup kuat dan aman digunakan selama proses pembersihan. Jika tidak memungkinkan, sebaiknya Anda menggunakan cara lain untuk membersihkan kaca gedung.

Menggunakan scaffolding

Penggunaan scaffolding atau steger sebagai cara membersihkan kaca gedung bertingkat ini biasanya masuk opsi saat kondisi gedung tidak memungkinkan untuk melakukan pembersihan dengan gondola maupun rope access. Scaffolding sebelumnya harus dirakit terlebih dahulu dari bawah dan menyesuaikan dengan ketinggian area yang butuh dibersihkan.

Secara struktur, scaffolding sendiri sudah cukup aman untuk digunakan saat membersihkan kaca karena kemampuannya menahan bobot yang cukup besar. Anda cukup memastikan bahwa scaffolding ini dipasang oleh tim ahli untuk menjamin keamanan.

Sekarang sudah sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan scaffolding dengan cara menyewa. Tentu saja biayanya akan jauh lebih murah dan prosesnya jadi lebih praktis. Scaffolding rental juga bisa langsung ditangani oleh tenaga ahli sehingga Anda tidak perlu repot mencari orang untuk memasangnya. Menyewa scaffolding juga membuat Anda tidak perlu memikirkan perkara ruang penyimpanan setelah scafflolding selesai digunakan.

Anda dapat menyewa scaffolding dalam rentang waktu harian, mingguan, atau bulanan. Semuanya tergantung seberapa banyak kaca gedung yang ingin dibersihkan. Berikutnya Anda cukup menghubungi Indosteger untuk mendapatkan jenis scaffolding dan harga yang paling sesuai; baik bobot maksimalnya serta ukuran scaffolding itu sendiri.

Selain mengetahui cara membersihkan kaca gedung bertingkat, Anda juga harus memperhatikan bahwa tim kebersihan yang ditugaskan memiliki dokumen atau sertifikasi pengoperasian alat-alat yang akan digunakan untuk membersihkan kaca gedung. Anda juga harus memastikan petugas kebersihan menggunakan perangkat keselamatan selama bekerja agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Recent Articles