indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Alat Pembengkok Besi Manual dengan Mudah

Alat pembengkok besi beton adalah salah satu alat yang dapat membantu proses konstruksi. Dengan alat tersebut, Anda dapat membengkokkan besi dan mengolah atau menggunakannya untuk berbagai keperluan, seperti membuat furnitur dan lain-lain. Pelajari cara membuat alat pembengkok besi manual agar Anda bisa membuatnya saat dibutuhkan.

3 Cara Membuat Alat Penekuk Besi Manual

Pada artikel ini, Anda akan diberi petunjuk bagaimana cara membuat alat pembengkok atau penekuk besi manual. Alat penekuk besi atau bending ini biasanya dijual dengan harga mahal, terutama jika Anda membeli mesin yang menyediakan fitur kustomisasi untuk membengkokkan besi dengan berbagai bentuk dan ukuran. Karenanya, berikut ini cara-cara yang bisa Anda coba. 

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama, tentu saja Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk menerapkan cara membuat alat tekuk besi manual ini. Bahannya termasuk bidang besi padat dan tebal untuk menjadi permukaan alat. Bidang besi harus cukup tebal agar tetap kokoh saat dikenakan tekanan tertentu selama proses pembengkokan besi.

Anda juga membutuhkan gear atau besi padat berbentuk silinder licin dalam berbagai ukuran. Ada yang tebal dan tinggi, ada juga yang pipih dan tipis. Gear silinder ini nantinya akan dipakai sebagai media putar untuk membengkokkan besi. Bahan yang terakhir adalah tuas besi yang kokoh dan panjang, paling tidak sepanjang tulang hasta orang dewasa.

Jika sudah mendapat bahan dan alatnya, berikutnya Anda bisa mulai mendesain alat yang akan dibuat. Desainnya cukup sederhana, gear silinder besi nantinya akan ditempatkan di ¾ permukaan bidang besi padat yang tebal dan besar. Berikutnya, tuas akan dipasangkan pada gear tersebut sebagai alat putar untuk membengkokkan besi. Jangan lupa pasangkan besi persegi panjang lainnya di atas permukaan untuk menahan material besi yang akan dibengkokkan. 

2. Merakit Bahan 

Setelah selesai membuat desain lengkap dengan ukurannya, berikutnya Anda perlu melakukan penyesuaian. Dimulai dari mengamplas hingga memotong bahan yang sudah ada. Jika semua bahan sudah sesuai dengan ukuran, Anda sudah bisa mulai merakit bahan-bahan ini.

Cara membuat alat bending besi manual yang harus diperhatikan adalah kekokohannya. Dengan kata lain, Anda harus memastikan alat ini cukup fleksibel untuk dibawa ke tempat lain, tetapi juga bisa dikaitkan di medium atau bidang yang kokoh dan tidak mudah digeser saat akan dipakai. Bidang ini bisa berupa meja (beton/semen) di mana ada lubang atau ruang untuk mengaitkannya dengan  alat tersebut.

Berikutnya, tinggal pasang saja sesuai desain yang sudah dibuat. Setelah semuanya sudah terpasang, jangan lupa beri pelumas pada gear silinder besi agar tidak cepat aus dan rusak. Lalu, Anda bisa langsung mencoba membengkokkan besi dengan mengambil lembaran besi. 

Kemudian, letakkan lembaran besi di dekat gear silinder, pastikan besi padat menyanggah lembaran besi tersebut dengan kokoh. Selanjutnya, gerakkan tuas untuk memberi tekanan pada lembaran besi di dekat gear. Dengan begini, Anda bisa membengkokkan besi secara manual. 

3. Alat Pembengkok Besi Lainnya

Cara membuat alat pembengkok besi manual lainnya adalah dengan meniru beberapa desain pembengkok besi sederhana. Misalnya saja seperti bender lembaran logam yang sering dipasang di meja hidrolik. Desainnya sangat sederhana, tidak jauh berbeda dengan desain yang diulas di atas. Hanya saja, desain ini sudah terpasang permanen pada meja tersebut.

Desain lainnya adalah rem cornice. Desain ini menggunakan semacam batang penjepit yang kokoh dan lebar. Kedua batang penjepit ini didesain dengan material besi padat yang berat. Tujuannya untuk memberi tekanan ekstra saat hendak membengkokkan besi. Terakhir, ada desain yang lebih kompleks, serupa mesin press hidrolik yang didesain khusus untuk membengkokkan besi.

Desain yang terakhir ini biasanya digunakan saat hendak membengkokkan besi dengan ukuran besar dan berat. Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri tentunya. Jangan lupa dihitung apakah lebih hemat membuat alat pembengkok besi sendiri atau membeli alatnya langsung.

Apa Saja Jenis Pembengkok Besi Yang Ada?

Ada setidaknya dua jenis alat penekuk besi beton yang dapat Anda gunakan: manual dan modern.

Anda dapat membuat alat pembengkok besi manual dengan cara yang dijelaskan di atas. Namun, untuk alat penekuk besi beton yang modern, Anda mau tidak mau harus membeli dari perusahaan yang menawarkan alat serupa.

Lalu, apa perbedaan antara keduanya? Berikut adalah pembahasannya.

1. Alat Penekuk Manual

Alat penekuk besi manual bekerja dengan memanfaatkan sistem katrol. Masukkan besi ke tengah katrol, dan gunakan katrol untuk membengkokkan besi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan metode ini, Anda hanya dapat membengkokkan besi dengan ketebalan yang tidak seberapa. Biasanya, alat ini digunakan dalam proyek sekala kecil.

2. Alat Penekuk Modern

Alat penekuk besi modern sebenarnya tidak berbeda jauh dengan penekuk manual; keduanya masih sama sama menggunakan metode katrol.

Bedanya, pada mesin modern, Anda tidak menekuknya sendiri tapi menggunakan tombol yang telah disediakan. Dengan kekuatan mesin, tentu Anda dapat membengkokkan setiap besi dengan mudah.

Itulah cara membuat alat pembengkok besi manual yang dapat Anda ikuti. Alat tekuk besi adalah salah satu alat yang dapat membantu Anda dalam proses konstruksi. Sayangnya, harga alat ini dipatok mahal, khususnya jika Anda meminta atau membeli alat tekuk besi yang memiliki berbagai fitur. Tetapi, Anda tetap dapat membuat alat tekuk besi sederhana untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda hendak membuatnya sendiri, Anda bisa memilih bahan-bahan seperti besi hollow sebagai salah satu material membuat alat pembengkok besi manual. Apalagi harga besi hollow yang sangat terjangkau dan mudah didapat di Indosteger. Berikutnya, tinggal terapkan saja cara membuat alat pembengkok besi manual ini

Baca juga: Cara Membuat Gantungan Baju Tempel Dinding

Recent Articles