indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengetahui 7 Langkah Sebagai Cara Menambal Tembok Retak

Memiliki pengetahuan mengenai cara menambal tembok retak akan bisa membantu kamu ketika mengalami masalah ini di masa depan. Retakan bisa terjadi pada bangunan yang baru atapun yang sudah lama berdiri. Sehingga kamu tidak perlu heran ketika melihatnya pertama kali pada rumah ataupun bangunan yang kamu miliki. Untuk menambal retakan pada tembok, kamu tidak akan memerlukan peralatan yang mahal ataupun sulit untuk digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menambal retak pada tembok Anda.

Mengapa Tembok Rumah Mengalami Keretakan?

Retakan muncul di dinding karena beberapa alasan. Pertama, retak pada tembok bisa muncul karena pengendapan pada bangunan. Hal ini sering dijumpai ketika rumah baru 'menetap' atau ketika bahan konstruksi baru berkembang dan menyusut dari waktu ke waktu yang juga dipengaruhi lingkungan. Gerakan bangunan juga akan bisa memicu terjadinya retakan pada tembok.

Hal ini biasanya disebabkan oleh fondasi rumah yang berpindah. Penting untuk mencari tahu akar penyebab dan kemudian mengambil langkah profesional. Terakhir, retak kecil akan terjadi secara alami, Anda tidak perlu memberikan perhatian atau tindakan khusus. Namun tetap harus dipantau karena bisa melebar dan menciptakan retakan yang lebih besar di kemudian hari.

Rumah yang digunakan untuk liburan yang dibiarkan kosong selama beberapa bulan akan cenderung mengalami retakan di dinding dan langit-langit. Penyebab dari hal ini karena rumah tidak dikontrol oleh iklim seperti jika ditempati. Fluktuasi suhu dan tingkat kelembapan membuat komponen rangka dan dinding gipsum menjadi mengembang dan berkontraksi. Hal ini mengakibatkan keretakan muncul pada tembok.

Apa Saja Langkah Memperbaiki Tembok Retak?

Untuk memperbaiki retakan pada tembok, salah satu cara terbaik adalah untuk merekatkan kembali sambungan atau retakan yang terbentuk. Untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna, maka kamu harus melakukan beberapa hal. Dimulai dari pengikisan, pemasangan mesh tape, pengamplasan permukaan, dan kemudian mengisi celah dengan campuran semen atau wall filler.  Proses pengerjaannya adalah sebagai berikut:

  1. Buat cerukan kecil berbentuk V di sepanjang retakan. 

  2. Bersihkan debu dan juga kotoran dari dalam lubang. 

  3. Tutup retakan dengan mesh tape atau tape kertas. 

  4. Berikan wall filler di atas bahan tersebut dengan tipis. Biarkan hingga kering.

  5. Amplas hingga rata dan halus. 

  6. Oleskan lapisan kedua sedikit melebar pada kedua sisi retakan. Biarkan mengering semalaman. 

  7. Amplas kembali sampai halus dan aplikasikan cat atau wallpaper.

Jika kamu menginginkan dinding yang kembali terlihat halus, maka salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan dua sampai tiga lapisan sangat tipis di atas mesh tape. Kamu bisa melanjutkannya dengan mengamplas setiap lapisan setelah mengering sebelum menerapkan lapisan berikutnya. Jika sudah, maka cat yang diaplikasikan bisa membaur dengan baik dengan bagian dinding lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Menambal Tembok yang Bolong Akibat Paku dan Hal Lainnya

Anda juga harus memperhatikan air yang bocor dari jendela atau atap yang dapat mengalir ke dalam bingkai dinding. Hal ini juga bisa menciptakan retakan dengan noda kuning atau kecoklatan yang terlihat. Jika kebocoran masih baru, seperti dari hujan tembok akan terasa lembap saat disentuh. Sebelum memperbaiki retakan, yang memerlukan penggantian bagian drywall. Sangat penting untuk menemukan sumber kebocoran dan memperbaikinya.

Itulah informasi mengenai cara menambal tembok retak yang bisa Anda coba ketika mengalami masalah yang serupa. Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa sewa scaffolding murah di IndoSteger. Tunggu apalagi, segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Sumber:

https://homeguides.sfgate.com/fix-cracked-walls-permanently-57017.html

https://www.realhomes.com/advice/structural-problems-in-old-houses

https://www.property24.com/articles/how-to-deal-with-cracked-walls/15351

Recent Articles