indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Perbaharui Pagar dengan Cara Mengecat Pagar Besi Berkarat yang Benar Ini

Tampilan pagar harus selalu dijaga karena sangat menentukan keindahan dari rumah. Saat pagar yang Anda miliki memiliki warna cat yang kurang cocok, tentunya juga akan berpengaruh pada penampilan rumah dan membuatnya tidak terlihat menarik.

Selain itu, pagar yang berkarat juga akan membuat tampilannya terlihat jelek dan kumuh. Itulah mengapa Anda harus segera mengatasi pagar yang sudah berkarat. Berikut ini cara mengecat pagar besi berkarat yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah.

Persiapkan alat yang dibutuhkan

Cara mengecat pagar besi berkarat yang pertama yaitu dengan mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Tahap persiapan ini sangatlah penting karena proses pengecatan bisa bermasalah jika alat dan bahan tidak dipersiapkan terlebih dahulu.

Beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan antara lain masker untuk melindungi wajah dan hidung dari aroma tajam cat, sarung tangan yang berfungsi untuk melindungi tangan, serta kaca mata untuk melindungi bagian mata.

Sedangkan untuk bahan material yang perlu disediakan antara lain adalah sikat kawat untuk membersihkan sisa karat, thinner, kain lap, cat dasar primer untuk pelapis anti karat, dan tentu saja cat khusus besi pagar. Selain itu, persiapkan pula sabun serta penyemprot air untuk membersihkan pagar.

Bersihkan permukaan pagar

Setelah mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yaitu membersihkan bagian pagar yang berkarat. Sebelum membersihkannya, sebaiknya Anda gunakan dulu peralatan untuk melindungi tubuh ,seperti kacamata, masker, dan sarung tangan.

Carilah bagian pagar besi yang berkarat dan mulai bersihkan menggunakan sikat kawat. Bersihkan hingga lapisan karat tersebut mengelupas dengan baik. Kemudian, ambil kain lap dan beri sedikit thinner dan gosokkan pada bagian pagar besi yang sudah dibersihkan. Setelah itu, semprotkan air pada bagian pagar dan berikan sabun. Hal itu dilakukan karena ada beberapa cat yang tidak tahan terhadap thinner, jadi sebaiknya cuci dahulu dengan air dan sabun. Setelah itu, diamkan pagar besi dan tunggu hingga mengering, biasanya memerlukan waktu semalaman.

Gunakan primer anti karat

Sebelum ke tahap pengecatan, ada langkah lain yang perlu dilakukan yaitu mengaplikasikan primer anti karat. Setelah pagar besi dikeringkan selama semalaman, Anda baru bisa melakukan langkah yang satu ini. Agar primer anti karat bisa menempel dengan sempurna, sebaiknya pastikan dulu bahwa keadaan pagar besi memang sudah benar-benar kering.

Mengaplikasikan primer anti karat ini bisa dilakukan dengan menggunakan model semprot atau model roll-on. Namun, jika Anda ingin melakukan pekerjaan ini dengan cepat, maka bisa memilih menggunakan model semprot. Pastikan mengaplikasikan primer ini di seluruh permukaan besi pagar agar cat bisa lebih awet dan tidak mudah berkarat lagi.

Mulai proses mengecat pagar

Cara mengecat pagar besi berkarat yang selanjutnya dan menjadi langkah yang terakhir yaitu proses pengecatan. Sebelum memulai proses pengecatan ini, gunakan dahulu sarung tangan dan masker untuk melindungi Anda. Kemudian, mulai proses pengecatan pagar dengan menggunakan cat khusus untuk besi.

Cat untuk mengecat bahan besi untuk pagar ada beberapa macam yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pertama ada cat alumunium. Meskipun namanya alumunium, tetapi jenis cat ini juga bisa digunakan untuk mengecat pagar dari bahan besi. Kemudian ada cat epoxy yang memang dibuat untuk mengecat pagar besi dan mengurangi risiko besi kembali berkarat.

Selanjutnya ada cat efek yang bisa membantu pagar berkarat kembali indah dan memberikan unsur estetik pada warna pagar. Setelah proses mengecat telah selesai, Anda hanya perlu menunggunya hingga mengering dengan sempurna.

Mengecat pagar besi yang sudah berkarat memang cukup mudah dan pastinya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Salah satu cara agar pagar besi tidak mudah berkarat yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas terbaik, mulai dari primer serta cat pagar yang memang benar-benar berfungsi sebagai anti karat.

You May Also Like