indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Membuat Desain Arsitektur yang Unik?

Tidak sedikit orang yang menyerahkan desain arsitektur bangunan pada jasa arsitek. Alasannya jelas, arsitek memiliki pengalaman yang mumpuni terkait perencanaan dan perancangan bangunan. Juga arsitek dapat memilih bahan terbaik yang bisa digunakan, hingga menghitung kekuatan konstruksi yang pas. Pertimbangannya lebih komplit ketimbang persoalan estetik belaka.

Meski begitu, ada juga pelanggan yang tidak menggunakan jasa arsitek dan memilih untuk menuangkan ide kreatifnya dalam arsitektur. Selain memiliki sentuhan personal, pelanggan tersebut ingin mendapatkan rasa puas karena desainnya memenuhi keinginan pribadi. Sebab, cukup banyak juga pelanggan yang kecewa dengan hasil akhir karena desainnya melenceng dari yang ia mau.

Alasan lainnya? Bisa juga terkait budget. Dengan membuat desain arsitektur yang unik pada bangunan Anda sendiri, pastinya Anda dapat menghemat pengeluaran. Dengan kata lain, Anda tetap menggunakan jasa arsitek untuk menyempurnakan bagian-bagian lainnya. Nah, buat Anda yang tertarik membuat desain arsitektur yang unik, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan. Simak caranya baik-baik di bawah ini.

Cari Inspirasi Design Arsitektur 

Tidak ada ide yang orisinil, semunya hasil “curian.” Pernah mendengar statement ini? Gagasan ini dikemukakan oleh penulis buku “Steal Like An Artist,” Austin Kleon.

Menurut Kleon, semua ide kreatif dihasilkan dari kombinasi ide-ide lainnya. Dengan kata lain, untuk menghasilkan sebuah ide baru, Anda butuh “mencuri” ide-ide yang sudah ada, menikmatinya dalam kepala Anda, lalu memaksa otak Anda untuk melahirkan gagasan dari inspirasi ide-ide tersebut. Bahwa ide adalah perpaduan dari apa yang Anda kecap. Lihat. Rasa dan dengar.

Demikian juga dalam hal mencari ide arsitektur bangunan. Anda memang bukan arsitek. Memang bukan orang yang menekuni desain rumah dan hunian lainnya. Namun Anda bisa “menyerap” ide-ide yang telah ada untuk memicu otak Anda menghasilkan gagasan baru.

Jangan sembarang “mencuri” desain. Anda perlu "mencurinya" dari desain-desain terbaik yang pernah diaplikasikan. Mulailah berburu desain bangunan sekaligus mengamati detailnya, mulai dari konsep, denah, hingga penataan rungan. Optimalkan internet, pameran, dan buku-buku desain arsitektur yang unik dan kaya inspirasi.

Jangan Takut 

Desain yang unik dapat dihasilkan dari eksperimen. Misalnya dengan memadukan lebih dari satu konsep dalam satu bangunan. Anda bisa memantau sejumlah desain rumah yang memiliki konsep lebih dari satu. Mintalah saran pada teman dan keluarga jika Anda ragu. Mereka akan memberikan masukan yang menyempurnakan konsep desain Anda.

Anda juga bisa meniru gaya arsitek Felipe de Castro dalam membuat desain arsitektur yang unik. Dia menginspirasi dirinya dengan hal-hal kecil di sekitar. Dia pernah membuat desain arsitektur bangunan dari stapler, stadion sepak bola dari pemanggang waffle, mall dari desain mouse komputer, bahkan desain dari hotel mewah dari setrika! Felipe semakin berani berkreasi dengan membuat ide mansion dari USB Flashdisk, komplek perumahan dari kalkulator, gedung berbentuk spiral dari kaleng yang telah remuk, sampai arena pertunjukan musik yang didesain dari pembolong kertas.

Hebat bukan?

Hitung Biaya & Kontraktor Bangunan

Setelah menentukan desain arsitektur yang unik seperti yang Anda mau, mulailah menghitung pengeluaran yang perlu disediakan. Di bagian ini, Anda bisa meminta bantuan kontraktor bangunan yang lebih memahami rincian biaya kasarnya.

Bagaimana mencari kontraktor yang bisa Anda percaya?

Jika Anda tidak punya kenalan atau teman yang bisa merekomendasikan kontraktor tepercaya, sewalah kontraktor berdasarkan portofolionya. Lihat baik-baik bangunan yang berhasil ia dirikan. Apakah Anda suka dengan gayanya? Apakah bangunan-bangunan tersebut memiliki kesamaan dengan konsep yang Anda mau?

Setiap kontraktor bangunan memiliki spesialisasi masing-masing. Mereka tidak ahli dalam semua hal. Kenapa? Karena kemampuan mereka diasah dari pesanan yang mereka terima. Makin banyak jenis bangunan yang mereka pernah buat, makin kaya pengalaman sang kontraktor. Meski begitu, setiap kontraktor pasti ahli pada sejumlah gaya bangunan, namun kurang pada gaya lainnya.

Sebagai contoh, Anda mencari desain rumah yang minimalis. Nah, cobalah amati bangunan-bangunan minimalis yang kontraktor telah buat. Jika ia sama sekali belum pernah terjun langsung membuat bangunan minimalis, Anda mungkin perlu mencari kontraktor bangunan lain yang memiliki jam terbang membuat bangunan minimalis.

You May Also Like