indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Cara Membuat Meja Tamu Minimalis Besi Hollow dengan Mudah

Banyak perabotan rumah yang bisa dibuat dari besi hollow sendiri, salah satunya meja tamu. Apabila Anda tidak menemukan meja tamu impian yang cocok dengan interior rumah, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah membuat meja tamu minimalis besi hollow. Cara pengerjaannya mudah, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Meja tamu dari besi juga bisa jadi pilihan yang lebih baik karena bentuknya yang kuat. Selain itu, desainnya juga futuristik dan menghasilkan kesan modern pada ruang tamu Anda. Meja tamu minimalis besi hollow juga tahan terhadap karat, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Membuat meja tamu sendiri juga bisa meringankan budget Anda, di samping mendapatkan desain yang sesuai keinginan. Meskipun membutuhkan waktu yang ekstra, setidaknya Anda bisa mendapatkan meja tamu minimalis dan pastinya pas dengan ukuran ruang tamu.
 

Langkah Pembuatan Meja Tamu Minimalis Besi Hollow dengan Mudah

Apabila Anda sudah mantap dengan keputusan membuat meja tamu sendiri di rumah, kini waktunya mulai membuat meja tamu minimalis dan pastinya sesuai dengan keinginan. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk menciptakan meja tamu minimalis besi hollow yang indah.
 

1. Merancang Meja Tamu Minimalis Besi Hollow

Dalam dunia arsitektur atau desain interior, rancangan atau desain adalah langkah pertama yang krusial, termasuk membuat perabotan seperti meja tamu. Karena itu, kita harus punya gambaran dalam membuat meja tamu minimalis besi hollow.

Mendesain meja tamu berarti mempertimbangkan ukuran, bentuk, dan material pendamping yang digunakan. Anda tidak harus menggunakan besi hollow untuk keseluruhan meja, bisa juga digunakan hanya untuk membuat kerangka meja tamu. Karena itu, Anda bisa menambahkan material tambahan untuk menghias meja tamu, seperti kaca, keramik atau kayu jati.

Untuk ukurannya, biasanya meja tamu memiliki panjang 85 x 45 x 60 cm. Apabila ukuran ini terlalu kecil, gunakan saja ukuran maksimalnya, yaitu 200 x 100 x 50 cm. Yang penting, gunakan ukuran di antara angka tersebut sehingga menciptakan meja tamu yang pas.

Bentuknya pun bervariasi. Anda bisa membuat ide desainnya sendiri atau mencari ide di media sosial dan internet, seperti Pinterest. Yang penting, sesuaikan saja dengan gaya ruang tamu Anda.
 

2. Membuat Kerangka Meja Tamu Minimalis Besi Hollow

Langkah yang kedua adalah membuat kerangkanya. Anda bisa memotong besi hollow terlebih dulu menjadi beberapa batang sesuai dengan ukurannya. Kemudian, potongan besi hollow tersebut disambung dengan menggunakan paku rivet dan bor atau teknik las, pilih saja langkah yang aman dan cocok untuk Anda.
 

3. Mengamplas dan Mengecat Rangka Meja Tamu

Setelah kerangka meja tamu selesai dibangun, Anda bisa mengamplas meja tamu sebelum mengecatnya. Pengamplasan ini penting, karena masih ada bagian permukaan besi yang kasar dan harus dihaluskan terlebih dahulu sehingga terlihat mulus.

Setelahnya, barulah Anda bisa mengecatnya sesuai warna yang diinginkan. Untuk proses pengecatannya, ada tiga tahap, yaitu epoxy, cat dasar besi, dan clear coating sesuai dengan urutannya.
 

4. Menambahkan Material Pendamping sebagai Finishing

Apabila rangka meja sudah selesai dicat, waktunya menambahkan material pendamping yang telah disiapkan. Pastikan material pendamping tersebut sudah sesuai dengan ukuran rangka yang sudah dibangun, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Untuk memasangnya, tandai dulu patokan untuk melekatkan material pendamping tersebut dengan bor. Kemudian, pasangkan material tersebut dengan baut agar lebih erat. Bagian finishing-nya pun bisa dilakukan dengan menambahkan karet di bagian kaki agar meja mudah dipindahkan.

Selesailah meja tamu minimalis besi hollow impian Anda. Tidak terlalu susah membuatnya, hanya butuh pertimbangan matang untuk ukuran dan desainnya. Anda juga bisa menggunakan material besi CNP untuk membuat meja tamu, yang bisa didapatkan dari Indosteger dengan kualitas terbaik.

Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow

Recent Articles