indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Alat Potong Pipa PVC Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Saat Anda ingin membuat sebuah karya dari bahan pipa PVC, jangan lupa untuk mempersiapkan alat pemotongnya. Alat tersebut sangat penting untuk membantu Anda memotong pipa PVC ke dalam ukuran yang dikehendaki. Meskipun harus mengeluarkan sebagian uang untuk membeli alat potong pipa PVC, tetapi Anda akan mendapatkan kemudahan lebih daripada harus pergi ke tukang. 

Alat pipa PVC memang sangat perlu dimiliki. Namun, apakah Anda sudah tahu apa saja alatnya? Jika penasaran, berikut ini akan dibahas mengenai apa saja alat potong pipa PVC terbaik yang harus Anda miliki. 

PVC cutters 

Alat potong pipa PVC terbaik yang pertama adalah alat PVC cutters. Alat yang satu ini menjadi alat yang paling sering digunakan untuk memotong pipa jenis PVC. Selain karena lebih mudah digunakan, PVC cutters juga memiliki harga yang lebih murah. Alat yang satu ini memang sangat mudah digunakan karena Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit kekuatan untuk melakukan pemotongannya. 

Cara mengoperasikan PVC cutters adalah dengan menempatkan mata pisau sejajar dengan titik potong yang dikehendaki. Kemudian, cukup lakukan pemotongan. PVC cutters sendiri lebih cocok digunakan untuk melakukan pemotongan pipa dengan ukuran yang relatif kecil. 

PVC cutters sendiri memiliki dua jenis ukuran. Selain tersedia dalam ukuran kecil, PVC cutters juga bisa dibeli dalam ukuran besar yang juga bisa dijadikan pilihan untuk memotong pipa PVC. Desain dari jenis PVC cutters yang besar cukup mirip dengan tipe yang kecil. 

Hal yang membedakan hanyalah ukurannya yang dibuat lebih besar dan memiliki pegangan yang lebih panjang. Pegangan yang panjang tersebut memungkinkan untuk membuat potongan yang lebih kuat. Alat yang satu ini bisa memotong pipa PVC dengan ketebalan 1 sampai 2 inci. 

Gergaji besi

Selain PVC Cutters, alat selanjutnya yang bisa digunakan untuk memotong pipa PVC yaitu gergaji besi. Alat yang satu ini juga cukup sering digunakan untuk memotong pipa PVC karena caranya yang praktis. Gergaji besi juga dapat lebih efektif digunakan untuk memotong pipa PVC yang lurus. 

Dalam penggunaan gergaji besi untuk memotong pipa PVC, sebaiknya Anda berhati-hati. Selain bisa memotong pipa PVC dengan rapi, gergaji besi ini memiliki gigi yang tajam dan bisa mencelakai Anda jika tidak digunakan dengan teliti. 

Sayangnya, jika dibandingkan dengan PVC cutters, alat yang satu ini memiliki satu kekurangan, yaitu menghabiskan waktu yang lebih lama untuk proses pemotongannya. Namun, gergaji besi memiliki harga yang lebih terjangkau serta dapat memotong pipa PVC dengan lebih rapi dan tepat. 

Gergaji kabel

Alat potong pipa PVC terbaik selanjutnya adalah gergaji kabel. Meskipun masih banyak orang tidak mengetahui fungsi dari gergaji kabel, tetapi alat yang satu ini memang telah terbukti dapat memotong pipa PVC dengan lebih baik. Gergaji kabel memiliki keunikannya tersendiri dan bisa dimanfaatkan untuk memotong pipa di bagian yang sulit dijangkau. Hasil potongannya pun cukup rapi sehingga bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. 

Untuk menggunakan gergaji kabel, pertama-tama Anda harus menempatkan bagian alat ini ke atas pipa PVC yang ingin dipotong. Pastikan kabel berbentuk huruf U dan kemudian tarik ke atas pada ujung kanan dan kiri kabel hingga selesai memotong pipa PVC. Menggunakan alat ini memang sedikit mengeluarkan tenaga ekstra, tetapi Anda bisa memotong di bagian yang sulit dijangkau dengan menggunakan gergaji kabel. 

Itulah 3 alat pemotong pipa PVC terbaik yang harus Anda miliki. Manakah alat pemotong pipa PVC yang membuat Anda tertarik?

You May Also Like