indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Fungsi Tie Rod pada Sistem Kemudi Mobil

Tie rod merupakan salah satu komponen penting dalam kemudi mobil yang menentukan laju kendaraan. Tidak hanya mengatur arah gerak roda, tie rod juga bertanggungjawab untuk menstabilkan dan memudahkan gerak mobil. Lantas, apa fungsi tie rod pada kemudi sehingga bisa memiliki tugas penting dalam menentukan laju kendaraan? Simak penjelasannya berikut ini.

Meredam Getaran Roda

Tie rod yang terletak di antara knuckle roda depan dan steering gearbox merupakan komponen dalam mobil yang menghubungkan keduanya. Pada sistem kemudi yang menggunakan steering rack, dikenal dua macam tie rod: rack end (long tie rod) dan tie rod end. Long tie rod dipasang dan terhubung di ujung steering rack, sedang tie rod end dipasang dan terhubung di knuckle tempat ban/roda mobil berada.

Kedua macam tie rod ini berfungsi sebagai ball joint yang bisa bergerak ke beberapa arah. Ball joint ini bertugas ini memutus gerakan naik turun dan kanan kiri roda agar tidak merembet dan memengaruhi kemudi. Long tie rod akan meredam getaran ke atas dan ke bawah roda. Sedangkan tie rod end bertugas untuk meredam getaran ke kanan dan ke kiri roda.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa fungsi tie rod adalah untuk meredam getaran roda saat mobil sedang dijalankan agar pergerakan tersebut tidak memengaruhi kemudi. Hal ini akan memberikan Anda kemudahan dan kenyamanan dalam mengendalikan kemudi saat berkendara.

Menghubungkan Putaran Kemudi dan Roda

Pernahkah Anda penasaran bagaimana gerakan pada kemudi bisa memengaruhi arah gerak roda mobil? Saat Anda memutar kemudi ke kanan, roda pun akan mengikuti mengarah ke kanan? Ini semua berkat tie rod. Fungsi tie rod yang paling utama sebenarnya adalah untuk menghubungkan perintah yang dilakukan oleh pengemudi, pada roda mobil. Jadi, ketika Anda menggerakkan kemudi ke kanan, roda mobil pun akan bergerak ke kanan.

Saat Anda memutar kemudi, gerakan tersebut akan diteruskan ke steering gear box. Sesampainya di bagian tersebut, gerakan memutar berubah menjadi menarik atau mendorong. Gerakan ini kemudian akan diteruskan oleh tie rod untuk menarik atau mendorong sebagian sisi roda depan sehinnga roda bisa bergeser arah dan berbelok ke arah yang ditentukan oleh kemudi. Terdengar sederhana, bukan?

Mengatur Toe Roda Depan

Toe adalah selisih jarak antara roda depan bagian muka dan roda depan bagian belakang, bila dilihat dari atas kendaraan. Ada dua jenis toe: toe-in dan toe-out. Fungsinya adalah mengatur roda depan agar bisa menggelinding lurus dan stabil, Di samping itu juga menjaga agar aus pada roda terjadi secara merata. Tanpa toe, roda akan cepat aus di beberapa bagian acak dan terjadi ketidakstabilan saat mobil dijalankan.

Fungsi tie rod adalah untuk mengatur toe pada roda. Pengaturan bisa dilakukan pada sambungan antara long tie rod dan tie rod end. Caranya adalah dengan memanjang-pendekkan ulir di antara dua jenis tie rod sehingga menghasilkan sudut toe yang diinginkan. Saat sudah didapat sudut yang diinginkan, toe bisa berfungsi dengan sempurna.

 

Pentingnya fungsi tie rod pada kemudi untuk memastikan kestabilan laju mobil mengharuskan Anda untuk merawat dan memperhatikan bagian ini sebaik mungkin. Waspada akan perubahan yang dirasa saat Anda mengemudi, seperti kemudi yang susah dikendalikan, timbul bunyi yang mengganggu, dan aus pada ban. Servis berkala akan membantu Anda menjaga tie rod berfungsi dengan normal. Semoga informasi ini membantu!

You May Also Like