indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Tie Rod Bekisting

Tie rod bekisting adalah alat bantu berupa besi yang ditujukan untuk mengamankan bekisting pada kolom bangunan. Di sisi lain, tie rod bekisting dapat menetralkan tekanan pada rangka beton sebelum mengeras. Umumnya, tie rod dibuat dengan menggunakan besi beton yang disambungkan pada plat besi dan as drat. Diameter tie rod bekisting adalah sekitar 10 mm dengan ukuran panjang sesuai dengan ukuran kolom struktur.

Bagian terpenting pada bekisting kayu

Perlu diketahui bahwa tie rod bekisting adalah bagian terpenting pada penggunaan bekisting kayu. Ini dikarenakan tie rod berperan untuk menjaga bentuk beton ketika proses pengecoran kolom atau dikenal dengan istilah bunting. Ukuran tie rod bekisting harus dibuat dengan tepat, karena jika terlalu kecil justru akan menimbulkan terjadinya perubahan bentuk beton. Sebaliknya, jika ukuran dibuat terlalu besar justru akan membuat pengecoran gagal karena terjadi perubahan bentuk pada beton.

Cara membuat tie rod sendiri

Pada dasarnya tie rod bekisting bisa Anda beli dalam bentuk jadi di toko-toko bangunan. Namun, jika tertarik untuk membuatnya sendiri pun tidak masalah. Cara membuat tie rod bekisting cukup mudah. Anda hanya membutuhkan as drat berukuran 10 mm, plat besi setebal 3 – 5 mm, dan besi ulir 10 mm. Ingat, karena berperan penting untuk mengunci balok, maka tie rod bekisting harus dibuat dengan ukuran yang tepat sesuai kebutuhan.

Pemasangan tie rod bekisting

Tie rod bekisting adalah material kecil namun memiliki peran besar, sehingga tidak dapat diabaikan begitu saja keberadaannya. Nah, untuk pemasangan tie rod sendiri jaraknya akan sangat tergantung dari tinggi kolom yang dibuat. Jika tinggi kolom berada dikisaran 3 – 4 meter, maka jumlah sabuk balok yang dibutuhkan sebanyak empat buah, dengan jarak yang dibagi rata. Sebaliknya, untuk kolom dengan ketinggian lebih dari 4 meter, maka pemasangan tie rod bekisting akan menyesuaikan prinsip ilmu konstruksi. Di mana sabuk beton di buat semakin pendek di bagian bawah karena beban yang besar.

Spesifikasi tie rod bekisting

Tidak kalah pentingnya, Anda juga harus mengenal spesifikasi tie rod bekisting. Mengingat ini adalah besi as ulir perancah yang digunakan untuk memperkuat sistem bekisting kolom pada proyek bangunan, maka ada beberapa ukuran panjang tie rod bekisting yang bisa Anda pilih. Secara umum, tie rod bekisting akan dijual dengan ukuran panjang mulai dari 1 m, 1.5 m, 2 m, dan 3 meter. Namun, untuk kebutuhan proyek-proyek tertentu ukuran tie rod bekisting dapat dikustomisasi hingga mencapai panjang 6 meter.

Tips memilih tie rod bekisting

Setelah memahami spesifikasi lengkap ukuran tie rod bekisting, Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilih material ini. Tie rod bekisting adalah besi ulir perancah yang menjamin kuat atau lemahnya suatu konstruksi bangunan. Oleh karena itu, ketika memilih tie rod bekisting pastikan Anda tidak sekadar tergiur dengan harga yang murah. Pilih penyedia tie rod bekisting yang sudah tepercaya, sehingga Anda benar-benar mendapatkan material berkualitas tinggi. Tujuannya jelas untuk menjamin proses pengecoran bangunan berlangsung dengan lancar.

Baca Juga : 3 Fungsi Tie Rod pada Sistem Kemudi Mobil

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang Anda lebih bisa memahami bahwa tie rod bekisting adalah salah satu bagian penting dalam suatu proyek pembangunan. Dengan demikian, penggunaannya harus dilakukan secara tepat demi menjamin kualitas dari bangunan itu sendiri. Bagaimana menurut pendapat Anda?

You May Also Like