indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pahami Apa itu Galvanis serta Perannya Pada Konstruksi Bangunan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis besi hollow galvanis. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa itu galvanis? Saat membangun sebuah konstruksi, Anda pasti kerap melihat serta menggunakan besi dan baja sebagai material beberapa bagian bangunan. Salah satu jenis baja ringan yang banyak digunakan untuk pembangunan adalah pipa besi galvanis. 

Jenis pipa galvanis dipilih sebab memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah kualitas material dan daya tahan terhadap korosi yang baik. Anda dapat menggunakan pipa baja galvanis pada bagian dalam maupun luar rumah, sebab baja galvanis dapat bertahan di segala cuaca. 

Selain dalam industri konstruksi, pipa galvanis juga dimanfaatkan pada berbagai rambu-rambu lalu lintas. Sebagai pengguna kendaraan bermotor, Anda pasti sering melihat lampu dan rambu lalu lintas serta penerangan jalan dengan tiang berwarna silver. Tiang adalah contoh penggunaan pipa galvanis. 

Dalam artikel kali ini, Indosteger akan berbagi informasi mengenai apa itu galvanis beserta kelebihan dan berbagai ukuran pipa besi galvanis. Simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud Dengan Galvanis?

Galvanis adalah jenis material seng atau zink dengan tingkat kemurnian tinggi 99,7% yang dapat melapisi besi atau baja sehingga mencegah terjadinya korosi. Cara pelapisan baja atau besi umumnya dikerjakan dengan mencelupkan besi maupun baja ke seng yang cair.

Baca Juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis, Jenis dan serta Harganya

Dalam pelapisan besi, galvanis akan melalui proses pada kondisi yang bebas oksidasi. Nantinya, proses ini akan menghasilkan baja atau besi lapis galvanis yang berkualitas dengan ketahanan yang baik. 

Oleh sebab itu, pipa galvanis cocok digunakan untuk konstruksi luar seperti kanopi, lampu jalan, dan lain sebagainya sebab mampu bertahan dalam segala kondisi lingkungan. Selain itu, besi atau baja yang dilapisi seng ini juga kerap digunakan sebagai pipa saluran air karena perawatan yang mudah, anti pecah, dan lebih hemat.

Apa Saja Metode Galvanisasi Dalam Konstruksi?

Tidak jauh berbeda dengan galvanis, galvanisasi adalah metode yang digunakan untuk melindungi sebuah material. Namun dalam galvanisasi, material yang dilindungi agar tahan dari karat adalah logam. 

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, pembuatan pipa galvanis dilakukan dengan mencelupkan besi atau baca pada seng yang cair. Berkaitan dengan itu, terdapat beberapa metode galvanisasi yang sebaiknya Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Hot Dip Galvanizing

Hot Dip Galvanizing atau lebih dikenal dengan HDP adalah proses pelapisan baja, besi, atau logam dengan merendamnya ke dalam sebuah tempat seng cair. Material yang akan dimasukkan ke dalam cairan seng ini harus dibersihkan terlebih dahulu agar menciptakan kualitas ikatan antara logam dengan lapisan seng yang menyatu dengan sempurna. 

Material akan direndam selama dua menit dengan suhu tinggi yang berkisar 440 hingga 460?. Hal ini dilakukan agar menghilangkan sisa oksida yang mungkin masih tersisa pada material besi, baja, maupun logam lain meskipun semuanya telah dibersihkan. Setelah itu, material akan didinginkan dan direndam kembali dengan larutan sodium chromate. 

Pada perendaman kedua, suhu yang digunakan adalah suhu ruang. Terakhir, proses finishing dilakukan untuk menghaluskan bagian permukaan pipa yang tajam dan runcing akibat keringnya cairan seng yang gagal menetes di permukaan logam. Keunggulan dari proses ini adalah harganya yang lebih terjangkau dan proses yang cukup cepat. 

2. Elektro Galvanisasi

Jika HDP menggunakan cairan seng panas, maka elektro galvanisasi memiliki metode yang berbeda yaitu dengan memanfaatkan arus listrik dalam larutan elektrolit. Arus listrik di dalam larutan tersebut dapat mengirimkan ion seng ke bagian dasar logam. 

Melapisi material dengan proses elektro galvanisasi memiliki beberapa tahapan. Pertama, ion seng yang bermuatan positif pada logam seng akan dikurangi terlebih dahulu. Kemudian material besi, baja, maupun jenis logam lainnya akan diletakkan pada material bermuatan positif. Dengan begitu, besi, baja, atau logam telah terlapisi oleh galvanis dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. 

Berbicara mengenai kelebihannya, cara elektro galvanisasi mampu memberikan lapisan yang sama dan rapi. Selain itu, bahan baku yang dibutuhkan dalam prosesnya lebih sedikit dan pelapisannya jauh lebih efisien sehingga sifat anti korosinya lebih kuat. 

3. Pra Galvanisasi

Metode pra galvanisasi pada umumnya hanya dilakukan oleh pabrik baja pada sebuah lembaran logam. Prosesnya diawali dengan membersihkan logam yang telah terbentuk dan dilanjutkan dengan meletakkan logam pada sebuah alat. 

Nantinya, logam akan berjalan melintasi tempat larutan seng cair yang sangat panas dan didiamkan selama beberapa waktu. Baru setelah itu, material logam akan ditarik kembali. Keunggulan menggunakan proses ini adalah proses pelapisan dapat dilakukan dengan cepat sebab langsung menyelesaikan satu gulungan baja dalam satu waktu. 

Apa Keunggulan Pipa Besi Galvanis?

Anda kini telah mengetahui apa itu galvanis dan proses galvanisasi pada material logam. Sebelumnya, telah dituliskan bahwa proses ini membantu melindungi besi, baja, maupun logam lainnya dari proses korosi atau karat. Ternyata keunggulan logam tidak hanya itu saja. Berikut merupakan keunggulan pipa besi galvanis yang harus Anda ketahui:

1. Material yang Lebih Awet

Menggunakan pipa besi, baja, atau logam lain yang telah dilapisi dengan galvanis dapat memberikan bahan konstruksi yang tahan lama dengan masa pakai yang panjang. Pada daerah perkotaan, besi galvanis mampu bertahan selama 25 tahun.

Baca Juga: 4 Kelebihan Besi Galvanis Untuk Konstruksi Bangunan

Sedangkan pada lingkungan pedesaan, pipa galvanis mampu bertahan hingga 50 tahun. Perbedaan usia pipa galvanis disebabkan oleh pengaruh alam seperti cuaca dan iklim serta tingkat polusi yang terjadi pada lingkungan tersebut. 

2. Bahan yang Kuat

Material besi dan baja terkenal dengan kekuatan bahannya dan galvanis dapat memperkuat sebuah logam. Sehingga perpaduan keduanya dapat menghasilkan material konstruksi yang sangat kuat, tahan banting, dan sulit untuk dipecahkan. 

3. Harga yang Terjangkau

Penggunaan pipa galvanis adalah pilihan yang tepat untuk konstruksi bangunan Anda. Memiliki berbagai kelebihan di atas, Anda tidak perlu khawatir perihal harga. Pasalnya, pipa galvanis menawarkan harga yang terjangkau dengan berbagai ukuran. Hal ini dikarenakan pipa galvanis tidak membutuhkan tenaga manual dalam proses pembuatannya, sehingga biaya produksinya pun juga jauh lebih murah. 

Berapa Saja Ukuran Pipa Besi Galvanis di Pasaran?

Tidak hanya tersedia dengan satu jenis dan ukuran, pipa besi galvanis tersedia dengan berbagai pilihan. Anda dapat menemukan ukuran pipa besi galvanis mulai dari yang besar hingga yang kecil. Kisaran ukuran yang beredar di pasaran yaitu mulai dari 15 x 30 x 0,6 mm hingga 20 x 20 x 1.6 mm. 

Dibuatnya berbagai macam ukuran pipa besi galvanis dikarenakan banyaknya pemanfaatan besi sebagai benda dan peralatan dalam kehidupan sehari-hari pada segala industri, terutama konstruksi. Dalam membangun sebuah kerangka, Anda membutuhkan besi atau baja galvanis dengan ukuran yang berbeda-beda. Misalnya besi hollow galvanis 4 x 6 ketebalan 1 mm

Demikian tadi merupakan informasi mengenai galvanis dan kelebihannya. Jika Anda membutuhkan besi galvanis untuk area outdoor, sebaiknya gunakan besi galvanis yang lebih besar dan tebal. Hal ini akan membantu memberikan ketahanan yang lebih kuat dan tidak mudah berkarat. 

Menggunakan produk besi galvanis beserta komponen lainnya yang berkualitas merupakan hal penting yang harus dilakukan, terlebih saat pembangunan ditujukan sebagai rumah tinggal. Untuk itu, dapatkan produk besi dan CNP galvanis di Indosteger. Indosteger juga menyediakan penyewaan scaffolding berkualitas, kuat, dan aman untuk membantu pembangunan. 

Kunjungi website Indosteger untuk cek berbagai produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan apa itu galvanis dan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih besi galvanis sebagai kerangka konstruksi.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya