indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ukuran Besi Hollow Galvanis, Jenis dan Harga 2021 Terupdate

Ukuran besi hollow galvanis saat ini menjadi trend dalam masyarakat terutama dalam dunia desain interior. Desain menjadi hal yang sangat penting saat anda membangun sebuah bangunan. Sama halnya dengan ketahanan bangunan, juga perhitungan biaya pengerjaan. 

Bahan bangunan setiap tahunnya akan selalu meningkat. Untuk itu Besi Hollow bisa menjadi alternatif yang dapat digunakan dalam penyusunan rangka plafon rumah, railing, pagar rumah minimalis, ataupun kebutuhan lainnya.

Harga besi hollow galvanis relatif lebih terjangkau dan memiliki varian ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kelebihan besi hollow adalah sifatnya yang tahan karat, rayap, dan dari segi kekuatan cukup kuat terhadap cuaca dan tahan dalam jangka waktu penggunaan yang lama. Selain itu kelebihan besi hollow galvanis lainnya adalah pada proses pemasangannya lebih cepat, lebih murah dan tentunya bebas perawatan.
 

Apa Saja Jenis - Jenis Besi Hollow?

Besi hollow merupakan salah satu  material  bangunan yang sudah tidak asing. Besi hollow dan kayu seringkali disandingkan karena keduanya dapat memenuhi fungsi yang sama. Sejauh ini, besi hollow mengungguli kayu dari segi popularitas karena daya tahan serta kekuatannya.

Seperti namanya, besi hollow adalah besi yang berlubang (hollow). Besi hollow memiliki rongga yang membuatnya dapat dengan mudah diproses dalam proses pembangunan.

1. Jenis Besi Hollow Berbahan Dasar Besi

Sesuai dengan namanya, besi hollow galvanis jenis ini dibuat dari material besi murni. Dengan demikian sangat kuat, sehingga sangat diminati untuk pembuatan rangka bangunan dan rangka mesin. 

Namun, besi hollow berbahan besi memiliki kelemahan yakni tidak anti karat. Ini sesuai dengan sifat asli besi yang memang mudah berkarat. Ukuran besi hollow galvanis memang ada banyak. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu keperluan Anda. Berikut adalah macam-macam besi hollow yang harus Anda ketahui:
 

2.  Jenis Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum merupakan besi dengan kandungan komposisi 97% zinc, 1% aluminium, dan 2% bahan lainnya. Walau di luar sana ada juga yang menilai besi hollow galvalum terdiri dari 98% zinc dan 2% aluminium.

Sesuai namanya, besi hollow galvalum dibentuk dengan proses galvanisasi, yaitu memberikan lapisan seng pada besi sebagai lapisan anti karat. Bagaimana proses galvanisasi? Caranya bisa dengan mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timah. Dari proses itu, maka lapisan tersebut bisa menempel di permukaan besi. Sebenarnya, lapisan seng ini memang menjadi pelindung dari besi hollow, karena mampu menahan beberapa penyebab karat dengan baik.

Besi Hollow Galvalum dapat digunakan pada berbagai keperluan seperti pemasangan kanopi, sebagai rangka atap sekaligus plafonnya. Untuk penggunaan plafon, biasanya Hollow Galvalum akan dipadukan dengan besi hollow gypsum.
 

3. Jenis Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis tersedia dalam beragam jenis. Material besi hollow galvanis memiliki kandungan komposisi 97% zinc, 1% aluminium, dan 2% bahan lainnya. Walau di luar sana ada juga yang menilai besi hollow galvanis terdiri dari 98% zinc dan 2% aluminium. 

Besi Hollow Galvanis ini sangat ringan, namun rentan terhadap karat. Untuk itu sebelum melakukan pekerjaan penting sekali untuk melapisinya dengan cat anti karat.

Baca juga: Ukuran Hollow Aluminium dan Kegunaannya
 

Perbedaan Besi Hollow Hitam dan Galvanis

Besi hollow Galvanis sering dibandingkan dengan besi hollow hitam. Hal ini karena kedua jenis besi hollow ini merupakan yang paling banyak digunakan. Sekilas, keduanya tampak sama. Akan tetapi, kedua jenis besi hollow ini memiliki fungsi serta kualitas yang berbeda.

Dari segi bahan pembentuk, besi hollow Galvanis terdiri dari Zinc, aluminium dan bahan lainnya. Sementara itu besi hollow Hitam terbuat dari baja hitam. Bahan pembentuk ini membuat besi hollow Galvanis dapat bertahan lebih lama menahan musuh utama bahan dengan material besi: karat.

Perbedaan bahan dan sifat yang telah disebutkan diatas membuat besi hollow hitam dan galvanis memiliki fungsi yang berbeda. Besi Galvanis cocok untuk dijadikan barang-barang yang kemungkinan akan cepat berkarat, seperti railing tangga, saluran air, pagar rumah minimalis, dan lain-lain.

Sementara itu, besi hollow hitam cocok digunakan untuk barang-barang yang memiliki resiko karat yang minim. Jika Anda berencana untuk menggunakan besi hollow hitam sebagai barang-barang yang memiliki resiko karat yang cepat, ada baiknya Anda melapisi besi hollow hitam tersebut dengan cat besi anti-karat.

Perbedaan fungsi dan bahan yang telah dijelaskan di atas juga membuat kedua jenis besi hollow memiliki harga yang berbeda. Umumnya harga besi hollow hitam akan lebih murah dibandingkan dengan harga besi hollow galvanis. Misalnya, besi hollow galvanis dengan ukuran 50 x 50 dengan ketebalan 1.7 mm berada di kisaran Rp 252.000,00, sementara besi hollow hitam dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan ketebalan 1.8 mm berada di harga Rp 176.000,00.

Tentunya harga tersebut didasarkan pada bahan, fungsi, serta kualitas seperti yang telah di bahas di atas. Anda sekarang tinggal menentukan jenis besi apa yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan yang ada.

Jika Anda membutuhkan besi hollow galvanis, berikut adalah daftar harga besi hollow beserta ukuran di Indosteger.
 

Kebutuhan Ukuran Besi Hollow Untuk Berbagai Furniture

Besi hollow adalah salah satu material yang sering digunakan untuk membuat furniture rumah. Hal ini karena besi hollow menawarkan sifat yang mudah diolah atau proses serta daya tahan yang kuat layaknya besi pada umumnya.

Berikut adalah beberapa daftar kebutuhan ukuran besi hollow saat membuat furnitur di rumah Anda.

1. Furniture Bergaya Industrial

Besi hollow sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat furniture rumah dengan konsep industrial. Sentuhan besi memang adalah hal yang dibutuhkan dalam rumah dengan gaya industrial. Umumnya, ukuran besi hollow yang dibutuhkan untuk membuat berbagai furniture bergaya industrial adalah 36 x 36 mm.
 

2. Railing Pagar

Penggunaan besi hollow tidak hanya terbatas pada interior rumah, tetapi juga eksterior. Anda juga dapat menggunakan material besi hollow untuk membuat eksterior rumah yaitu railing pagar.

Ukuran besi hollow yang Anda butuhkan untuk membuat railing pagar biasanya berkisar dari 40 x 40 mm hingga 50 x 100 mm dengan ketebalan di angka 1.6 mm
 

3. Railing Tangga

Besi hollow juga bisa Anda gunakan untuk memberikan sentuhan modern pada tangga di rumah Anda. Umumnya, ukuran besi hollow yang dapat Anda gunakan ada di angka 30 x 60 mm dengan ketebalan 1.6 mm
 

4. Rangka Plafon

Besi hollow juga menjadi langganan untuk digunakan sebagai bahan rangka plafon di rumah. Anda dapat menggunakan besi hollow ukuran 40 x 40 mm untuk membuatnya.
 

Daftar Harga Besi Hollow Terbaru dengan Berbagai Ukuran 2021

Harga besi hollow galvanis tentunya relatif tergantung pada ukuran, jenis, dan vendor yang menjualnya. Setelah Anda mengetahui jenis-jenis besi hollow di atas. Ukur berapa banyak kebutuhan Besi Hollow untuk konstruksi yang akan Anda buat. Lalu pertimbangan besi apa yang cocok dengan keperluan anda saat ini:

Jenis dan Ukuran Besi

Panjang

Ketebalan 

Harga 

Besi Hollow 20 x20

6 Meter

1,5mm

Rp 71.000,00

Besi Hollow 30x15

6 Meter

1,5mm

Rp 81.000,00

Besi Hollow 30x30

6 Meter

1,5mm

Rp 112.000,00

Besi Hollow 30x30

6 Meter

1,7mm

Rp 144.000,00

Besi Hollow 40x20 

6 Meter

1,5mm

Rp 112.000,00

Besi Hollow 40x20

6 Meter

1,7mm

Rp 144.000,00

Besi Hollow 40 x 40 

6 Meter

1,7mm

Rp 198.000,00

Besi Hollow 40 x 40 

6 Meter

2,7mm

Rp 284.000,00

Besi Hollow 50 x 50 

6 Meter

1,7mm

Rp 252.000,00

Besi Hollow 50 x 50 

6 Meter

2,7mm

Rp 364.000,00

Besi Hollow 60 x 30 

6 Meter

1,5mm

Rp 172.000,00

Besi Hollow 60 x 30 

6 Meter

1,7mm

Rp 225.000,00

Besi Hollow 60 x 40 

6 Meter

1,7mm

Rp 252.000,00

Besi Hollow 75 x 75 

6 Meter

2,7mm

Rp 566.000,00

Daftar tabel besi hollow di atas biasanya menyesuaikan dengan jenis besi yang Anda pilih. Namun, tabel di atas dapat menjadi patokan untuk melakukan proses negosiasi dengan tempat membeli besi. 

Kesimpulannya, Kanopi jenis Galvalum cocok sekali jika anda ingin menggunakannya pada bagian rangka atap rumah ataupun carport.  Sedangkan Galvanis, lebih memungkinkan untuk pekarangan rumah seperti pagar besi dan lain-lain. Nah, jangan lupa juga saat membangun rumah perhatikan keamanan kerja juga.

Indosteger adalah supplier, pabrik penjual scaffolding dengan harga distributor dan kualitas terpercaya. Dapatkan penawaran menarik untuk sewa Scaffolding terdekat sekitar Jakarta- Tangerang. Sudah saatnya membuat konstruksi pembangunan anda berjalan lebih cepat, efektif dan efisien! Klik sekarang untuk konsultasi dan mendapatkan penawaran menarik terkait Scaffolding!

Di Indosteger, Anda juga dapat membeli besi hollow galvanis, seperti hollow besi galvanis, UNP besi galvanis hingga CNP besi galvanis. Saat ini desain industrial sedang menjadi kegemaran dalam dunia interior dan design. 

Besi hollow galvanis ini menjadi sesuatu yang lebih diprioritaskan karena dinilai memiliki banyak kelebihan. Di Indosteger seluruh besi dan scaffolding mendapat pengecatan kembali untuk memperlambat pertumbuhan karat.

Recent Articles