indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Scaffolding

Dalam proses pembuatan konstruksi bangunan, scaffolding pipa merupakan salah satu unsur penting. Oleh karena itulah, bagi para pekerja konstruksi memilih scaffolding harus dilakukan dengan baik dan tidak boleh sembarangan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui segala hal tentang scaffolding ini. Misalnya mengenai jenis scaffolding, bagian scaffolding hingga bagaimana cara pemasangannya yang baik dan benar seperti yang akan diuraikan dalam ulasan berikut.

Jenis Scaffolding

Scaffolding pipa maupun scaffolding berbahan baja maupun alumunium, memang terdapat beberapa jenis yang sering digunakan. Hal ini tergantung sesuai kebutuhan saat pembuatan sebuah konstruksi. Di Indonesia sendiri, beberapa jenis scaffolding yang paling sering digunakan adalah sebagai berikut.

Frame Scaffolding

Untuk jenis ini, susunannya terdiri dari scaffolding pipa besi yang memiliki ukuran tertentu. Penggunaannya adalah untuk konstruksi yang memiliki tinggi lebih dari tiga meter. Selain untuk tempat penyangga para pekerja konstruksi, scaffolding ini juga digunakan untuk meletakkan barang-barang selama proses pengerjaan konstruksi khususnya di bagian atas.

Mobile Scaffold

Jenis kedua adalah mobile scaffold atau biasa dikenal dengan menggunakan besi beroda karena pada ujung-ujungnya terdapat roda untuk lebih mudah dalam memindahkannya. Bahan scaffolding pipa ini terbuat dari pipa galvanis yang kuat. Keunggulannya adalah irit tempat saat digunakan.

Tube and Coupler Scaffold

Jenis scaffolding ketiga yang kerap kali digunakan para pekerja konstruksi ialah jenis tube and coupler scaffold. Bagiannya terdiri dari scaffolding pipa yang saling terhubung dengan menggunakan klem dan baut khusus. Klem yang digunakan terdiri dari dua jenis yakni klem mati untuk menghubungkan dua pipa dengan sudut 90 derajat. Sementara untuk klem hidup digunakan untuk menghubungkan dua ruas scaffolding pipa yang memiliki sudut yang bervariasi.

Hanging Scaffold

Jenis scaffolding pipa yang terakhir banyak digunakan di Indonesia ialah scaffolding menggantung. Komponennya di antaranya adalah kaki pipa, kusen, penguat yang berbentuk vertikal dan tiang sandaran. Cara kerjanya adalah dengan menggantungkannya pada sebuah tali sling maupun rantai yang kuat pada sebuah tumpuan.

Bagian Scaffolding yang Perlu Diketahui

Sebagai pekerja maupun Anda yang bergerak di bidang konstruksi juga penting mengetahui bagian-bagian scaffolding. Beberapa bagian ini memiliki fungsi yang sangat vital dalam penggunaan scaffolding pipa. Misalnya saja untuk bagian utamanya adalah pelat dasar yang digunakan mencegah gerakan lateral jika tidak dipasang dengan kuat.

Lalu, ada coupler yang mana pada scaffolding pipa digunakan untuk menyambung pipa satu dengan lainnya. Sedangkan untuk menjaga kekuatan struktur scaffolding pipa dibutuhkan adanya cross ledger brace.  Kemudian, ada sebuah standard yang digunakan untuk membuat scaffolding pipa mampu berdiri tegak dan tidak tenggelam ke dalam tanah dan mempengaruhi keseimbangannya. Di samping itu, juga masih ada beberapa bagian lain yang tak kalah penting seperti sway brace, ledger,  dan main transom.

 

Cara Pemasangan yang Benar

Lalu, untuk pemasangan scaffolding pipa yang aman digunakan dalam pembuatan konstruksi bangunan adalah dengan memperhatikan pedoman K3. Pasanglah scaffolding mulai dari bagian atau tingkatan bawah terlebih dahulu. Pastikan bagian bawah ini memiliki tumpuan yang kuat sebab akan digunakan sebagai penopang.

Untuk pemasangan dengan menggunakan alat bantu, biasanya menggunakan tali tambang yang kuat dan diangkat ke atas. Anda juga bisa memasangnya dengan menggunakan pipa penunjang. Fungsinya adalah untuk mengikat bagian steger pada bagian konstruksi. Namun, untuk pemasangan ini usahakan gunakan scaffolding pipa yang sama dari proses awal hingga akhir untuk keamanan.

Selain hal-hal di atas, Anda pun harus jeli dalam melihat kualitas scaffolding pipa yang digunakan. Tentu saja dengan kualitas scaffolding pipa yang baik akan menunjang pekerjaan konstruksi. Bagi Anda yang menginginkan scaffolding terbaik dengan kualitas yang kokoh serta harga bersaing bisa klik di sini.

You May Also Like