indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Macam Jenis Kawat Las Untuk Besi Hollow

Ada berbagai macam jenis kawat las untuk besi hollow. Dari segi namanya sudah terlihat jelas bahwa kawat tersebut dipakai ke besi hollow dengan metode pengelasan.

Material ini terkadang juga disebut sebagai elektroda dan jenisnya cukup beragam. Di bawah ini, akan dibahas secara mendalam terkait jenis kawat las yang bisa dipakai untuk besi hollow. Ingin tahu apa saja jenisnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Kawat Las Untuk Besi Hollow

Jenis kawat las yang biasa dipakai untuk berbagai ukuran besi hollow sebenarnya dibagi dalam dua kelompok. Pembagian ini berdasarkan pelapis pelindungnya, yakni polos dan berselaput. Ini penjelasan lengkapnya.

Kawat Las Polos

Sesuai namanya, kawat las polos sama sekali tidak memiliki pelapis pelindung tambahan. Dengan kondisi yang seperti ini maka tidak selamanya bisa dipakai untuk pengelasan. Semuanya tergantung dari material tertentu. Namun kawat las polos malah sering ditemukan pada proyek pengelasan komersil. Tingkat ketahanan bisa dibilang kalah dari kawat las berselaput karena tidak memiliki pelapis pelindung lagi. 

Kawat Las Berselaput

Kawat las berselaput memiliki pelapis pelindung tambahan yang terbuat dari zat kimia tertentu. Zat kimia ini ditentukan dengan bahan material yang nantinya akan disambung, contohnya adalah besi hollow. 

Kawat las berselaput juga terdiri dari berbagai jenis dan bisa dengan mudah Anda dapatkan:


1. Kawat Las Baja Lunak

Kawat las baja lunak memiliki kandungan selaput selulosa. Dengan kandungan tersebut, kawat ini mampu menembus lebih dalam. Selain itu juga mudah diaplikasikan ke dalam berbagai posisi serta hasil jadinya menghasilkan kerak tipis yang lebih gampang dibersihkan.

2. Kawat Las Selaput Serbuk Besi

Kawat las selaput serbuk besi memberikan manfaat meningkatkan efisiensi pengelasan. Jenis kawat las berselaput ini sebenarnya membutuhkan ampere yang lebih tinggi karena lapisan serbuk besi di dalamnya membuat bagian luarnya lebih tebal.

3. Kawat Las Hydrogen Rendah

Kawat las berselaput jenis ini memang memiliki kandungan hydrogen. Namun kandungannya hanya 0,5% saja dari keseluruhan bagian pelapis pelindungnya. Kawat las hydrogen rendah biasanya digunakan dalam proyek konstruksi serta pengelasan pipa dengan tekanan tinggi.

4. Kawat Las Nickel

Kawat las nickel sering diaplikasikan ke dalam pengerjaan pengelasan jenis tuang. Sama seperti kawat las baja lunak, jenis ini bisa diposisikan sesuai kebutuhan. Jadi jauh lebih fleksibel dan menambah kemudahan selama proses pengelasan.

5. Kawat Las Perunggu

Kawat las perunggu memiliki keunggulan yang tidak memiliki jenis lainnya. Apa itu? Kawat las ini termasuk tahan retak. Dengan begitu, ketika ada proses perpanjangan sambungan las, kawat perunggu bisa disambungkan dengan mudah tanpa ada ketakutan terjadi kerusakan. Hasil pekerjaan pun menjadi lebih lengkap dan sukses dengan kawat las perunggu.

Sekarang Anda sudah mengenal setiap jenis kawat las yang digunakan untuk pengelasan besi hollow. Besi hollow sendiri merupakan salah satu jenis besi yang sering digunakan untuk berbagai macam konstruksi bangunan. Popularitas dan tingkat ketahanannya sangat baik sehingga bisa Anda manfaatkan dengan mudah. 

Jika Anda membutuhkan besi hollow dengan berbagai ukuran, panjang, dan ketebalan, Indosteger telah hadir sebagai solusi. Indosteger siap memberikan kebutuhan besi hollow kepada Anda sesuai jumlah yang diinginkan. Kualitas yang diberikan selalu terbaik dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Dengan informasi jenis kawat las untuk besi hollow yang telah diberikan, dapatkan informasi harga besi hollow 5x10 bersama Indosteger.
 

Recent Articles