indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Cara Membuat Kandang Kucing dari Besi Holo dengan Mudah

 

Bagi para pecinta kucing, memiliki kandang kucing menjadi sebuah keharusan. Selain dapat memberikan tempat sendiri untuk hewan tercinta, kandang kucing juga dapat membantu ketika ingin membawa kucing ke luar. Kendalanya, harga kandang kucing umumnya cukup mahal. Sebagai solusinya, Anda dapat membuat kandang kucing dari besi holo sebagai alternatifnya.

Membuat kandang kucing besi holo sendiri dapat memberikan banyak manfaat. Dengan membuat kandang kucing sendiri, Anda dapat menentukan ukuran yang Anda butuhkan. Semakin banyak kucing, Anda tentunya membutuhkan kandang dengan ukuran yang besar.

Selain ukuran, Anda juga dapat menentukan desain dari kandang kucing Anda sendiri. Anda bisa mencari inspirasi di internet untuk menemukan desain kandang kucing besi yang ideal untuk kondisi Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan kalau Anda akan mendapatkan kandang kucing sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu mengapa Anda harus membuat kandang kucing dari besi holo?

Membuat kandang kucing dari besi holo sendiri di rumah dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Besi holo yang digunakan juga tidak harus berat. Anda bisa memilih holo baja ringan yang pastinya memudahkan pembuatan tempat tinggal kucing tersayang. Selain itu, menggunakan besi juga lebih unggul daripada kayu karena sifatnya yang tidak mudah rapuh dan tahan cuaca. Membersihkannya juga lebih mudah, serta Anda bisa mewarnai atau menghias kandang kucing apabila sudah jadi.

Intinya, besi holo tidak hanya digunakan untuk membangun tempat tinggal Anda, tapi juga peliharaan kesayangan karena sifatnya.

Ingin segera mencoba membuatnya? Berikut adalah langkah untuk membuat kandang kucing besi holo yang dapat Anda jadikan panduan.

Bagaimana Cara Membuat Kandang Kucing Besi Hollow?

Apakah Anda sudah membayangkan ukuran kandang kucing yang ingin dibangun? Ada baiknya mempertimbangkan ukuran dan jumlah peliharaan kesayangan sebelum mulai membangunnya, karena akan berpengaruh pada jumlah besi holo yang dibutuhkan.

Tips yang kami sajikan ini berguna untuk membangun kandang kucing dua tingkat. Kandang yang dibangun berukuran 100 cm x 60 cm x 110 cm, sehingga jumlah potongan besi yang dibutuhkan pun lebih banyak.

Untuk bahannya, gunakan besi holo ukuran 4 x 4 sebanyak 5 batang dan 4 x 2 sebanyak 1 batang. Selain itu, siapkan juga  4 meter kawat ram hijau, satu lembar triplek, satu batang pipa aluminium 10 mm, dua pasang engsel pintu, dua buah slot kunci, dan paku rivet 4 mm. Kita tidak hanya membangun tempat tinggal yang nyaman untuk kucing, tapi juga aman sehingga peliharaan tidak mudah kabur atau diserang.

Setelah menyiapkan semua material dan peralatannya, segera bangun kandang kucing dari besi holo dengan langkah ini.

1. Mulai dari Membangun Kerangka

Pertama, mulailah membangun kerangka kandang dari besi holo yang sudah dipotong. Kerangka kandang harus dibangun satu tingkat dulu agar tidak repot, kemudian disatukan dengan menggunakan paku rivet dan bor. Setiap tingkatnya, Anda bisa membuat kandang dengan tinggi 55 cm.

Setelah membangun satu kerangka kandang berbentuk persegi, Anda bisa membuat partisi dengan membagi kerangka tersebut menjadi dua atau tiga, sehingga bisa memuat lebih banyak kucing. Apabila kedua tingkatnya sudah selesai dibuat, satukan dengan menggunakan paku rivet dan bor ukuran 4 mm.

Pastikan agar kerangka yang dibangun sudah kokoh sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

2. Memasang Tripleks

Langkah kedua adalah memasang tripleks sebagai alasnya. Sesuaikan ukuran tripleks dengan kandang, yaitu 100 cm x 60 cm, apabila lebih, Anda bisa memotongnya sehingga pas. Setelahnya, Anda bisa memasang tripleks tersebut dengan paku dan bor di setiap tingkatnya, termasuk bagian atas apabila diperlukan.

3. Membuat Pintu Kandang

Setelah alas tripleks selesai dipasang, buatlah pintu kandang sebanyak dua buah. Untuk pintunya, gunakan besi holo 4 x 2 cm dengan jeruji berupa pipa aluminium. Ukuran pintu setiap tingkatnya adalah 29 cm x 44 cm, agar kucing bisa keluar masuk kandang dengan mudah. Jarak antar jerujinya disarankan 6 cm sehingga kucing tidak mudah kabur.

Pasangkan juga slot kunci di setiap pintunya agar kandang lebih aman. Setelah semuanya selesai, satukan dengan kandang yang sudah jadi dengan menggunakan engsel. Jangan lupa memasang sisi slot kunci lainnya di bagian kerangka kandang.

4. Memasang Kawat Ram Hijau

Langkah terakhir pembuatan kandang kucing adalah memasang kawat ram untuk menutup seluruh bagian kandang. Sebelumnya, Anda bisa mengecat kerangkanya dulu apabila diperlukan.

Kawat ram harus dipotong dan disesuaikan dengan ukuran kandang di setiap sisinya. Kemudian, kawat dipasang dengan menggunakan paku agar tidak mudah lepas. Buatlah lubang di bagian yang ingin dipaku, semakin banyak, semakin kuat kawat menempel.

Itulah dia cara membuat kandang kucing dari besi holo yang dapat Anda jadikan panduan. Memiliki kandang kucing dapat memberikan banyak manfaat. Selain sebagai tempat tinggal, kandang kucing dapat membantu Anda untuk membawa hewan kesayangan Anda keluar. Untuk mendapatkan kandang kucing yang tepat, Anda bisa memilih untuk membuat kandang kucing besi holo sendiri. Selain dapat mendapatkan ukuran dan tebal yang pas, Anda dapat menyesuaikan desainnya dengan selera Anda.

Selepas membuat kandang kucing dari besi holo, Anda bisa menempatkan kucing kesayangan untuk tinggal di sana. Kami menyarankan besi hollow galvanis berukuran 4 x 8 untuk membuat kandang kucing yang lebih kuat. Cari tahu harga besi hollow galvanis 4 x 8 dan dapatkan bahan berkualitas terbaik hanya di Indosteger.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kandang Merpati dari Triplek dengan Muda

Recent Articles