indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Materi Besi Hollow Beserta Kegunaannya dalam Bangunan

Materi besi hollow adalah jenis besi berbentuk batangan dengan rongga di bagian tengah. Terkadang material ini juga disebut dengan pipa kotak karena memiliki rongga. 

Besi hollow banyak digunakan pada bangunan karena dinilai kokoh dan bisa meningkatkan estetika bangunan. Untuk lebih mengenal tentang materi besi hollow beserta kegunaannya, simak penjelasannya berikut.

Mengenal materi besi hollow

Bahan material ini dinamakan “hollow” karena bentuknya yang berongga (hollow) di bagian tengah.  Besi hollow biasanya digunakan pada bangunan untuk menggantikan kayu. Material ini dipilih karena instalasinya cenderung lebih mudah dan cepat. Selain itu, dibandingkan kayu, hollow juga cenderung lebih tahan lama.

Kelebihan besi hollow

Selain proses instalasi yang lebih mudah, berikut adalah beberapa kelebihan besi hollow dibandingkan dengan bahan material lain:

  • Mampu meredam panas lebih baik.
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap karat dan serangan serangga seperti rayap.
  • Strukturnya yang berongga membuat besi hollow lebih kokoh.
  • Tahan api.
  • Harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kayu.

Baca juga:  Ukuran Besi Hollow Galvanis untuk Pagar yang Kokoh

Jenis-jenis besi hollow

Besi hollow ada beragam jenisnya, tergantung pada bahan penyusunnya. Berikut adalah beberapa jenis besi hollow yang sering digunakan pada bangunan:

1. Besi hollow gypsum

Besi hollow jenis ini berbentuk kotak dan tersusun dari material besi yang dilapisi meni, galvanis, dan stainless. Ciri khasnya adalah permukaan yang berwarna hijau atau merah. Untuk ukuran ketebalannya sendiri, besi hollow gypsum ada pada range 0.3-0,4 mm. Material ini punya daya tahan tinggi terhadap korosi dan bobot yang ringan sehingga pemasangannya lebih mudah.

2. Besi hollow galvalume

Jenis hollow satu ini merupakan hollow kualitas terbaik. Komposisinya yang mengandung silikon, besi, dan aluminium sebagai coating membuat hollow galvalum memiliki ketahanan yang tinggi terhadap risiko korosi. Untuk ukuran hollow aluminium sendiri tersedia dengan berbagai pilihan, seperti 20x20mm, 25x25mm, 30x30mm ataupun 40x40mm.

3. Besi hollow galvanis

Selain hollow gypsum dan galvalum, ada juga besi hollow galvanis. Besi hollow jenis ini memiliki komposisi yang didominasi oleh coating besi (mencapai 97%) dan beberapa unsur lain seperti aluminium. Besi hollow galvanis juga bisa digunakan untuk rangka plafon

Kandungan tersebut membuat besi hollow galvanis memiliki sifat anti karat. Lapisan anti karat tersebut juga membuatnya lebih aman saat Anda memotongnya.

4. Besi hollow hitam

Besi hollow hitam adalah besi hollow yang terbuat dari lapisan plat besi hitam yang dikenal dengan sebutan hot rolled coil (HRC). Serupa dengan panjang jenis besi hollow lainnya, besi hollow hitam yang dijual di pasaran umumnya memiliki panjang 6m.

Karena terbuat dari plat besi hitam, jenis besi hollow ini memiliki sifat tahan api serta dapat meredam panas dengan sangat baik. Harganya juga relatif cukup terjangkau yang membuatnya banyak digunakan dalam dunia konstruksi sebagai bahan kanopi atau railing tangga minimalis.

Baca juga: Cara Pasang Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Ukuran besi hollow

Materi besi hollow sendiri memiliki ukuran yang beragam. Secara umum, ukuran besi hollow berada di rentang 20 x 20 hingga 100 x 50 mm. Untuk ketebalannya sendiri, di pasaran, besi hollow memiliki ketebalan antara 0.6 hingga 2 milimeter.

Baik ukuran serta ketebalan tentunya akan mempengaruhi harga besi hollow tersebut. Untuk menemukan ukuran yang tepat, Anda harus terlebih dahulu tahu kebutuhan Anda; seperti apakah Anda akan menggunakan besi hollow untuk furniture, rangka atap, atau pagar rumah.

Kegunaan materi besi hollow

Besi hollow bisa digunakan untuk beragam keperluan, tergantung ukurannya. Berikut ini adalah beberapa kegunaan besi hollow sesuai ukuran.

1. Sebagai rangka plafon

Kegunaan besi hollow yang pertama adalah sebagai rangka plafon. Besi hollow yang umum digunakan sebagai rangka plafon adalah hollow dengan ukuran penampang 40 x 40. Rangka dari besi hollow ini mampu menahan plafon gypsum maupun grc dengan kuat.

2. Sebagai railing

Kegunaan lain dari besi hollow adalah sebagai railing, baik itu untuk pembatas tangga maupun pagar. Jika ingin menjadikan material hollow sebagai pagar, Anda bisa memilih ukuran penampang 40x40 atau 50x100 dengan tingkat ketebalan 1,6 mm. Sedangkan untuk railing tangga, Anda bisa memilih ukuran 30x60 dengan ketebalan 1,2 mm.

3. Sebagai furnitur

Kegunaan yang terakhir adalah sebagai material furnitur. Sekarang ini, tema industrial sedang digemari. Nah, Anda bisa menciptakan kesan industrial pada furnitur dengan menggunakan materi besi hollow ini. Mulai dari rak, partisi ruangan, hingga meja lipat dari besi hollow.

Apa saja kelebihan besi hollow?

Besi hollow adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam dunia konstruksi. Biasanya, besi hollow digunakan sebagai alternatif yang lebih baik daripada kayu, khususnya dari segi ketahanan. Namun, jenis besi ini memiliki banyak kelebihan lainnya yang membuatnya digemari oleh banyak orang.

Berikut adalah beberapa kelebihan besi hollow yang harus Anda ketahui:

1. Besi dengan kualitas baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis besi hollow memiliki kandungan yang membuatnya memiliki sifat-sifat ideal bagi sebuah bahan bangunan. Tidak banyak bahan bangunan yang memiliki sifat anti panas, rayap, serta karat namun tetap memiliki bobot yang ringan.

Semua sifat-sifat tersebut dapat Anda dapatkan ketika Anda memilih untuk menggunakan besi hollow dalam konstruksi Anda.

2. Pemasangannya mudah

Dalam dunia konstruksi, sifat satu ini mungkin adalah salah satu yang paling banyak dicari. Bentuk besi hollow sendiri dapat Anda manipulasi dengan cukup mudah sehingga Anda dapat dengan mudah memasangnya dalam berbagai situasi.

Karena sifatnya yang mudah, Anda tidak hanya akan menghemat waktu namun juga biaya. Tidak jarang pemasangan sebuah bahan konstruksi memakan biaya yang cukup besar. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika Anda memilih untuk menggunakan besi hollow.

3. Minim perawatan

Karena besi hollow memiliki kandungan yang dapat membuatnya terlindung dari berbagai serangan, baik panas hingga karat, Anda bisa merasa aman dan tidak perlu memberi perhatian khusus pada besi hollow.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya perawatan serta waktu yang dapat Anda gunakan untuk memperhatikan bagian konstruksi lainnya yang lebih penting.

4. Multifungsi

Dengan sifatnya yang awet, besi hollow dapat Anda andalkan untuk berbagai situasi. Anda bisa menggunakan besi hollow sebagai bahan interior rumah, seperti furnitur atau railing tangga.

Karena sifatnya yang anti panas, Anda juga bisa menggunakan besi hollow sebagai eksterior rumah Anda, seperti sebagai rangka atap atau pagar rumah minimalis. Dengan hanya satu bahan ini, Anda sudah bisa memenuhi berbagai kebutuhan konstruksi Anda.

Apa saja kekurangan besi hollow?

Dibalik sifatnya yang ideal, ada beberapa kekurangan yang dimiliki besi hollow yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa kekurangan besi hollow yang harus Anda pahami:

1. Tidak terlalu kuat

Karena sifatnya yang ringan, besi hollow tidak ideal untuk Anda gunakan sebagai struktur yang berfungsi untuk menopang beban yang berat. Jika Anda berencana untuk menggunakan besi ini sebagai bahan pondasi atau struktur, sebaiknya Anda menggunakan jenis besi lainnya.

2. Tidak cukup panjang

Salah satu kelemahan besi hollow yang paling mencolok adalah panjangnya. Di pasaran, Anda hanya dapat menemukan besi hollow paling panjang di ukuran 6m. Dengan begitu, jika Anda membutuhkan ukuran yang lebih panjang, misalnya untuk kebutuhan membuat pagar atau lainnya, Anda harus mengelas dan memotong besi hollow untuk mendapatkan panjang yang Anda butuhkan.

Itulah dia penjelasan tentang materi besi hollow. Besi hollow adalah salah satu bahan bangunan yang dapat Anda andalkan. Sifatnya yang awet serta mudah dipasang membuat Anda dapat memenuhi berbagai kebutuhan konstruksi Anda dengan mudah. Namun, pastikan Anda memahami kelemahannya seperti kurang kuat menahan beban hingga panjang yang terbatas sebelum memutuskan untuk menggunaknnya.

Jika Anda mencari material yang tahan lama dan kokoh, materi besi hollow adalah pilihan tepat. Selain ketahanan tinggi, materi yang satu ini juga mampu memberikan nilai estetika lebih pada bangunan. Dapatkan besi hollow dengan grade terbaik hanya di Indosteger. Semua besi hollow yang ditawarkan oleh Indosteger memiliki kualitas terbaik dan terbukti tahan dari serangan karat.

Baca juga:  4 Kelebihan Pipa Besi Galvanis

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya