indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Pipa PVC

Tidak perlu mengeluarkan budget mahal untuk menghias rumah Anda. Berbekal kreativitas dan pipa PVC (polyvinyl chloride), rumah Anda dapat tampil lebih cantik dan menarik. Masa sih? Wajar jika ada yang bertanya-tanya. Sebab, tidak dipungkiri, pipa PVC identik dengan instalasi listrik dan material untuk saluran air. Rasanya sulit membayangkan pipa menjadi bagian dari seni interior rumah.

Namun, hal menarik yang perlu diketahui bersama dari pipa jenis ini adalah karakteristik bahannya. Selain tidak sulit dibentuk, pipa PVC mudah juga dipotong dan direkatkan menggunakan lem. Tidak heran bila pada akhirnya, pipa PVC menjadi objek kreativitas sejumlah orang. Mereka menyulapnya menjadi beragam bentuk, mulai dari gelang, kursi, vas bunga, meja, hingga meja. Ditambah lagi bahannya mudah dicat. Sangat cocok untuk Anda yang sangat ingin berkreasi dengan bahan-bahan terjangkau.

Kerajinan Lampu Hias dari Pipa PVC

Lampu hias umumnya dipakai sebagai penambah estetika pencahayaan rumah, utamanya di malam hari. Dengan teknik sederhana, efek sinar akan terlihat lebih menawan, walaupun dikreasikan dari pipa PVC saja. Sekilas, kerajinan lampu hias dari pipa PVC seperti pekerjaan yang cukup rumit. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, kok. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Pertama, Anda dapat memulai dengan menggambar pola yang Anda inginkan pada potongan pipa PVC. Untuk inspirasi, Anda bisa mencari terlebih dahulu di internet dan mencari-cari ide awal sebagai bahan percobaan. Mulai dari ide yang sederhana terlebih dahulu.

Kedua, setelah selesai mendesain, potong pipa sesuai desain pola yang Anda telah buat. Pilih alat potong yang tajam agar Anda tidak mengalami kesulitan di tahap pengukiran dan penghalusan.

Ketiga, haluskan sisi-sisi hasil ukiran dan kikiran pipa sebelum memasukkan lampu LED ke dalamnya. Tambahkan hiasan dan warna yang Anda sukai. Jangan lupa mengetes lampu sebelum dimasukkan. Bersiaplah terkejut melihat efek lampu begitu dinyalakan di dalam pipa.

Dari Sekadar Kreatif Jadi Keuntungan Masif

Bukan hanya membuat rumah tampil menarik, kerajinan lampu hias dari pipa PVC nyatanya berpotensi menjadi penghasilan tambahan yang menggiurkan. Seperti halnya yang dialami AW Widodo—akrab disapa Willy, warga Bengawan Solo Regency di Pakunden, Sukorejo. Sosok lelaki sederhana ini berhasil membangun usaha kerajinan lampu hias dengan omzet puluhan juta rupiah per bulan.

Usaha yang ditekuni Willy selama kurang lebih dua tahun ini berawal dari berlimpahnya limbah paralon yang didapatkannya dari proyek. Willy sendiri dulu sempat bekerja sebagai pemborong. Awalnya, Willy menjual kembali ke pengepul rosok dengan harga sangat murah. Dari sanalah sosok kepala 4 ini berpikir kenapa pipa-pipa paralon tersebut tidak dikreasikan saja. Willy pun tertarik membuat lampu hias dari pipa.

Setelah kerajinan lampu hias dari pipa PVC jadi, ia memajangnya di rumah. Sejak saat itulah, banyak kenalan Willy yang tertarik dan memesan untuk dibuatkan. Mereka pun tidak sungkan membeli. Dari sanalah Willy menekuni usahanya.

Sejak usahanya dibuka, Willy mengakui dirinya kebanjiran orderan, terutama lampu hias dan vas bunga. Yang unik, kerajinan Willy lebih mengutamakan ukiran dibandingkan bentuknya. Meski proses pembuatan lampu hiasnya sederhana, Willy memastikan pipa-pipa yang akan diukir melewati proses pembakaran dulu. Setelah itu, barulah pipa dapat dibentuk lebih mudah. Willy menambahkan, proses pembakaran juga membantu karyanya tampil lebih natural, seolah-olah terbuat dari kayu.

Dalam sebulan, Willy bisa meraup untung hingga Rp 25 juta. Orderan pipanya datang dari beragam penjuru, mulai dari Jogja, Malang, hingga Pulau Dewata Bali! Masalah harga, Willy menerapkan harga bervariasi. Untuk kisaran umumnya, rata-rata dijual dengan harga Rp 175 ribu per set (tiga sampai empat lampu hias). Namun, jika ditanya yang paling mahal, Willy menyebut dirinya pernah mendapat pesanan senilai Rp 80 juta dari Brunei Darussalam.

Nah, tertarik membuat kerajinan lampu hias dari pipa PVC? Tidak ada salahnya mencoba. Anda bisa memulai dengan desain untuk rumah Anda sendiri. Siapa tahu hasilnya bagus dan Anda dapat mengembangkannya sebagai usaha kreatif di masa mendatang, sebagaimana halnya Willy.

Recent Articles