indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pentingnya Klem Gantung Pipa PVC Dalam Pemasangan Pipa

Pipa merupakan saluran tetutup sebagai sarana pengaliran atau transportasi fluida, serta sebagai transportasi energi dalam aliran. Salah satu jenis pipa, yakni pipa tembaga keras, biasanya digunakan pada mesin pendingin atau Air Conditioning (AC) untuk keperluan komersial, dimana pipa bersifat kaku dan keras. Oleh sebab itu, pada saat pemasangan pipa harus dipasang klem gantung atau penyangga sebagai tumpuan dan pengikatnya, terlebih jika diameter pipa yang digunakan berukuran besar. Lalu sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan klem gantung itu?

Mengenali sistem plumbing terlebih dahulu

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai klem gantung, ada baiknya kita mempelajari sistem penyaluran air pada seluruh bagian bangunan yang disebut dengan plumbing. Plumbing adalah suatu teknologi atau teknik pemipaan yang berguna untuk memberikan air bersih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang ada. Selain itu, sistem pemipaan ini juga digunakan untuk menyalurkan pembuangan air kotor dari kegiatan manusia di dalam suatu bangunan.

Sistem plumbing pada pembuangan air kotor akan diolah sedemikian rupa dengan menghindari tingkat pencemaran yang dimunculkan. Jadi, secara garis besar, plumbing merupakan setiap kegiatan yang dilakukan yang bertujuan untuk melaksanakan pemasangan, pemeliharaan, perawatan instalasi air, baik pada bangunan hunian atau gedung pencakar langit.

Ada beberapa bagian penting pada sistem teknologi instalasi air plumbing ini, beberapa di antaranya adalah saluran pipa, tangki, pompa air, dan klem gantung. Dalam hal ini, untuk melakukan pemasangan pipa pada bagian konstruksi demi menjaga kestabilan bangunan tersebut. Terutama saat terjadi guncangan. Untuk itu pentingnya pemasangan klem gantung pipa PVC dengan tepat.

Klem gantung pipa atau yang biasa disebut dengan U Bolt clamp merupakan salah satu jenis baut (bolt) yang berbentuk huruf "U", yang biasa digunakan serta memiliki fungsi untuk mengikat pipa atau tiang dengan bentuk tabung atau silinder pada penyangga. Bisa juga digunakan untuk kebutuhan tertentu lainnya.

Klem gantung pipa pada umumnya terbuat dari baja karbon, ada juga yang terbuat dari material stainless atau hot dip galvaniss. Klem gantung pipa PVC sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang teramat penting. Terutama bagi penginstalan pipa. Dimana pipa akan digantungkan pada set instalasi yang sering ditemukan pada properti hunian.

Biasanya, klem gantung pipa PVC ditemukan pada instalasi gedung bertingkat atau pencakar langit. Lokasi pemasangannya terletak di bagian bawah gedung atau basement agar tersembunyi dan terpasang dengan baik. Jika anda berada di suatu basement gedung dan menemukan ada pipa yang menggantung, maka alat yang digunakan untuk menggantung pipa tersebut adalah klem gantung.

Ukuran klem gantung pipa

Terdapat banyak ukuran klem gantung pipa yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, semakin besar diameter pipa atau tiang, maka semakin besar pula ukuran U Bolt yang digunakan. Berikut merupakan daftar lengkap dari ukuran klem gantung: ½ inchi, 1 ½ inchi, ¾ inchi, 1 inchi, 1 ¼ inchi, 2 inchi, 2 ½ inchi, 3 inchi, 4 inchi, 5 inchi, 6 inchi, 8 inchi, 10 inchi, dan yang terakhir 12 inchi.

Adapun dua jenis klem gantung pipa, yaitu klem gantung polos dan klem gantung bermotif yang ada cekungan. Secara umum, yang seringkali digunakan adalah klem gantung pipa PVC. Klem gantung ini terbuat dari bahan plat berbentuk lingkaran dan disertai penyangga di bawahnya.

Ketebalan klem gantung pipa PVC yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 2 mm hingga 3 mm. Klem gantung pipa PVC memiliki keunggulan anti karat. Keunggulan tersebut sehubungan dengan penggunaannya melalui saluran air.

Fungsi utama penggunaan klem gantung pipa PVC dalam pemasangan pipa adalah sebagai klem yang dipasangkan pada pipa paralon saluran air. Jika direncanakan dan dipasang dengan benar, klem gantung pipa PVC akan mencegah terjadinya kebocoran air pada saluran.

Karena fungsinya yang sangat penting dan membutuhkan kualitas terbaik, Anda harus mempertimbangkan dengan baik pemilihan tempat untuk membeli klem gantung pipa PVC. Dengan pertimbangan-pertimbangan sedemikian, Anda dapat memperkecil kemungkinan adanya kesalahan saat proses pemasangan atau saat akan digunakan nantinya. Baca juga berbagai cara membuat barang-barang kreasi di rumah Anda menggunakan pipa PVC!

Recent Articles