indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Memilih Material Tangga Tingkat Minimalis

Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau ingin memiliki rumah bertingkat, tangga jadi salah satu elemen penting yang wajib diperhatikan. Fungsinya, tak hanya sebagai akses naik turun ke lantai atas, namun erat kaitannya dengan keindahan interior rumah. Apalagi jika membangun rumah dengan desain minimalis. Pemilihan tangga tingkat minimalis perlu jadi perhatian yang tak bisa dilewatkan. Elemen penting melengkapi desain rumah minimalis adalah memanfaatkan desain tangga tingkat di dalam rumah minimalis.

Pilihan desain tangga minimalis kini semakin beragam. Perkembangan konstruksi bangunan yang pesat saat ini juga disertai dengan perencanaan untuk membangun beberapa model tangga minimalis dengan desain yang unik tanpa menghilangkan sisi estetika. Tangga tak hanya berfungsi sebagai tempat penghubung antar-lantai. Desain tangga rumah minimalis membutuhkan perencanaan perancangan, instalasi, serta finishing yang tepat agar tampilan tangga yang didapat bisa sempurna.

Nah, tangga tingkat minimal ini, pemilik rumah perlu menentukan elemen apa yang akan digunakan, salah satunya pemilihan bekisting yang jadi material konstruksi pendukung untuk pembuatan tangga.

Cara pembuatan bekisting

Bekisting bisa terbuat dari material kayu, aluminium, beton, dan bahan konstruksi lainnya. Untuk pemilihan material yang akan dipakai, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti pemasangan, desain arsitektur rumah, dan nilai ekonomisnya. Bekisting adalah dasar pembuatan tangga beton untuk rumah bertingkat.

Ada dua cara pembuatan bekisting, yakni pengerjaan dilakukan secara konvensional oleh tukang atau tradisional, kedua yakni pembuatan bekisting yang berasal dari fabrikasi. Kelebihan dari bekisting fabrikasi adalah pemasangan yang lebih mudah, daya tahan yang lebih kuat, serta mudah dibongkar pasang. Bekisting fabrikasi tentu memiliki harga lebih mahal dibandingkan bekisting konvensional.

Fungsi bekisting

Yang perlu diperhatikan, bekisting berfungsi sebagai penahan berat. Apabila bekisting tak bisa menahan beban atau mungkin tidak terpasang dengan benar, maka kualitas rumah tidak terbangun sempurna. Mutu yang buruk juga terkait dengan usia bangunan. 

Jika ingin membangun tangga tingkat minimal, penting untuk mengetahui tahapan pembuatan bekisting yang baik dan benar. Ini merupakan gambaran pembuatan bekisting bagi pemilik rumah yang ingin membuatnya sendiri di rumah yang sedang dibangun. Caranya pun cukup mudah. Artikel ini membahas tahap demi tahap untuk membangun bekisting tangga tingkat minimalis. Simak tahapannya berikut ini.

Tahap membangun bekisting tangga tingkat minimalis

Pertama yakni tahapan persiapan, pemilik rumah perlu memperhitungkan bekisting tangga sebelum memulai proses pembuatan. Siapkan tripleks dua buah kayu berukuran 25 x 450 cm untuk dua sisi. Umumnya, tripleks di pasaran memiliki panjang hingga 244 cm, sehingga Anda tinggal menyambungkan dua tripleks menjadi satu bagian agar bisa didapatkan tripleks dengan ukuran 450 cm.

Penyambungan tripleks berfungsi untuk membuat lembaran tripleks menjadi lebih kuat. Penyambungan tripleks ini membutuhkan kayu berukuran 1 x 2 inci dengan panjang 4,5 meter. Sementara paku yang diperlukan yaitu ukuran 1,5 inci. Selanjutnya yakni pemotongan tripleks. Tripleks yang sudah disambungkan kemudian dipotong menjadi dua dalam ukuran 41,8 x 450 cm persegi. Lalu sambungkan tripleks yang sudah dipotong bisa disambungkan dengan menggunakan 3 batang dengan ukuran 1 inci x 2 inci x 4,5 meter.

Hal ini dilakukan karena tripleks dengan pemotongan seperti ini akan memiliki bidang yang lebih lebar dan kuat yakni sekitar 41,8 cm. Langkah berikutnya yakni keempat buah tripleks dirakit satu sama lain, dan kemudian membuat stang pemaku yang bertujuan untuk mengunci keempat sisi bekisting.

Begitulah tahapan-tahapan membuat bekisting untuk tangga tingkat minimalis yang bisa dicoba di rumah. Meski pembuatannya tidak terlalu sulit, perlu ketelitian tinggi agar hasilnya bisa kokoh dan ukurannya pas.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar bisa mendapatkan tangga tingkat minimalis yang ideal di rumah, selain kuat namun tak meninggalkan sisi estetika interior di dalam rumah. Rumah dengan tangga tingkat minimalis akan membuat rumah dengan konsep minimalis akan semakin sempurna.

Nah, jika Anda membutuhkan alternatif lain dari Bekisting,  Scaffolding adalah pilihannya untuk menunjang pekerjaan tangga minimalis Anda. Tenang saja di Indosteger, Anda dapat membeli ataupun menyewanya ya! Kualitas sudah pasti aman dan terjamin, pengerjaan rumah Anda akan semakin rapih dan cepat. 

You May Also Like