indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Air Mancur dari Paralon

Jika Anda memang menyukai air mancur, tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah Anda. Tak perlu yang besar dan mewah, Anda dapat membuat air mancur sederhana dengan media yang mudah ditemukan di rumah, yakni paralon. Suara gemercik air akan membantu mengurangi rasa penat yang Anda dapatkan setelah beraktivitas seharian.

Anda pasti sudah membayangkan bagaimana lubang-lubang yang dibuat pada lapisan paralon mengeluarkan bunyi-bunyian air yang kemudian mampu membangkitkan suasana hati Anda. Untuk aspek keindahan, Anda bisa memadukan paralon dengan benda-benda lain, yang tentu tidak sulit untuk didapat.

Air Mancur untuk Kolam

Jika Anda sudah memiliki kolam, berapapun ukurannya, Anda akan semakin mudah dalam mengimplementasikannya. Anda tidak perlu melubangi paralon, karena pipa hanya digunakan sebagai penyalur air. Anda hanya perlu menyambungkan paralon dengan sumber air di rumah. Perhatikan juga dengan kolam Anda, apakah kolam air biasa atau kolam ikan serta kebersihannya juga patut Anda perhatikan.

Untuk membuat paralon terlihat cantik, Anda bisa mengecatnya dengan warna kesukaan Anda, atau melukiskan motif dan gambar tertentu. Ketinggian letak paralon juga berpengaruh pada gemercik suara yang dihasilkan. Semakin tinggi, suara gemericik akan semakin terdengar keras. Anda bisa meletakkan pipa paralon di bagian pinggir kolam yang membentuk sudut, supaya lebih seimbang. Jika ada dedaunan, Anda bisa menaruhnya di sekitar paralon yang sudah dicat dengan warna hijau, agar lebih terasa nuansa alamnya. 

Memadukan Paralon dengan Guci

Beberapa restoran dan kafe biasanya menggunakan bambu dan guci sebagai dua instrumen dalam membuat air mancur mini di dekat tempat makan. Namun, jika Anda kesulitan menemukan bambu, paralon adalah solusi yang tepat. Paralon dan bambu hampir memiliki kemiripan dari segi bentuk. Anda bisa memadukan guci dan paralon untuk menghasilkan air mancur sebagaimana peran bambu yang memberikan kesan pedesaan.

Jika Anda tidak memiliki kolam, Anda bisa membuatnya dengan media kedap air seperti plastik yang bisa langsung mengalir ke saluran pembuangan. Sebaiknya, Anda menyediakan mesin khusus yang bisa menciptakan siklus perputaran air, seperti yang ada pada akuarium. Hasilnya, air yang Anda keluarkan tidak akan terbuang sia-sia. Di dalam akuarium plastik buatan, Anda bisa menambahkan alas kerikil-kerikil kecil yang akan membuat air yang jatuh dari paralon terdengar seperti air alam.

Membuat Paralon dengan Banyak Lubang

Cara yang satu ini membutuhkan usaha, karena Anda perlu membuat lubang di lapisan luar paralon. Dari lubang-lubang itu, nantinya air akan keluar secara bersamaan. Semakin banyak lubang, semakin banyak suara gemericik yang akan Anda dengar. Tidak hanya satu, Anda bisa menggunakan beberapa paralon sekaligus, dan menatanya sesuai dengan kemauan Anda.

Anda bisa memadukan paralon-paralon tersebut dengan benda-benda yang bisa Anda gunakan sebagai penghias. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan bebatuan yang disusun bertumpuk, bunga yang memiliki kelopak lebar, serta tanaman berdaun menjalar yang dililitkan pada paralon.

Membuat Air Mancur ke Atas

Jika Anda menginginkan air mancur yang bisa dinikmati secara visual, tidak ada salahnya Anda membuat air mancur yang airnya keluar dengan menyembur ke atas. Namun, untuk air mancur yang satu ini memerlukan tenaga dorong yang cukup kuat sehingga Anda perlu membeli alat khusus yang bisa memberi tekanan kepada air dari bawah.

Anda bisa memodifikasi pipa supaya arah keluar air terlihat lebih indah. Misalnya, menutup ujung atas pipa dengan benda kedap air yang mampu menahan tekanan, kemudian membuat beberapa lubang di empat sisinya. Saat mesin dinyalakan, air akan keluar dari lubang-lubang yang telah Anda buat. Anda bisa menambahkan lampu hias yang bisa berkedip di pinggir tempat penampungan air untuk memberikan sentuhan yang lebih cantik.

Jika kesulitan mendapatkan paralon atau dekorasinya, Anda bisa membelinya di indosteger.co.id. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai material yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membuat air mancur dari paralon!

You May Also Like