indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Memilih Atap Kanopi Bening

Pada awalnya, kanopi hanya berguna sebagai tempat berteduh. Namun, perkembangan dalam dunia desain dan arsitektur menambah fungsi estetis kanopi. Kini, memiliki rumah dengan sentuhan atap kanopi bening akan memberikan kesan tampilan yang modern. Selain itu, kanopi jenis ini juga memberikan pencahayaan alami pada siang hari sehingga membantu untuk menghemat listrik.

Atap kanopi bening dilapisi dengan lapisan UV Protection, sehingga tidak menimbulkan panas pada ruang di bawahnya. Dengan begitu, cahaya tetap masuk, namun udara tetap terasa sejuk. Opsi atap kanopi bening masih tergolong minim karena didominasi oleh kaca. Selain kaca, material lainnya adalah Solartuff dan Polycarbonate.

Meski demikian, tidak seluruh bagian rumah dapat diterapkan atap kanopi bening dengan alasan keamanan, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang sarat akan tindakan kejahatan. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui cara memilih atap kanopi bening yang tepat. Biasanya area yang menggunakan atap kanopi bening ini ialah teras, garasi luar, gazebo, dan spot rumah yang tidak terlalu mengandung privasi pemilik rumah, seperti area laundry dan dapur.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memutuskan material atap kanopi bening mana yang lebih pas untuk bagian hunian Anda, yuk simak cara memilih atap kanopi bening di bawah ini agar lebih cermat dalam memilih material hingga penempatannya.

Kanopi kaca

Atap kanopi kaca menimbulkan kesan bersih dan minimalis secara bersamaan. Namun, sejalan dengan kesan mewah yang didapatkan, material kanopi ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan material lainnya.

Melansir Canopy.co.id, terdapat beberapa macam jenis kaca yang biasa digunakan sebagai kanopi. Berdasarkan jenis permukaannya, ada kanopi kaca dengan permukaan bening dan kanopi kaca dengan permukaan buram. Kaca permukaan bening biasanya digunakan di ruangan santai, seperti di teras halaman. Sedangkan atap kanopi kaca dengan permukaan buram umumnya digunakan untuk carpot.

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan Anda, hal lainnya yang patut menjadi pertimbangan ialah perlindungan privasi Anda yang sekiranya dapat dilihat dari luar. Jika Anda memilih menggunakan material kaca, pilihlah kaca yang memiliki lapisan agar apabila pecah tidak berhamburan.

Kanopi solartuff

Atap kanopi solartuff ada yang memiliki permukaan datar maupun bergelombang. Selain memiliki varian transparan dan semi-transparan, jenis kanopi ini juga memiliki pilihan warna. Material solartuff dikenal awet dan dirancang untuk tahan terhadap perubahan cuaca di luar rumah, yakni memiliki jangka pakai selama kurang lebih 15 tahun.

Melansir Tukang.co, solartuff dibekali kemampuan untuk tidak mudah terbakar (non-combustable). Kemampuan ini dapat diartikan tidak akan mudah terbakar jika tersulut api, dan juga tidak akan menambah api menjadi semakin besar jika terjadi kebakaran di sekitarnya.

Kejernihan kanopi solartuff hampir sama dengan kaca. Perbedaannya dapat dirasakan ketika Anda meencoba merabanya. Material solartuff bersifat keras, tidak mudah pecah, namun tetap fleksibel. Hal ini lah yang menjadi pembeda antara kaca dan solartuff yang perlu kamu ketahui dari cara memilih atap kanopi bening ini.

Kelebihan lainnya dari material ini adalah mampu meredam suara yang berada di luarnya. Jadi, walaupun Anda bisa melihat dengan jelas ke luar dari atap kanopi solartuff, namun suara bising tetap tidak terdengar dari dalam rumah.

Kanopi polycarbonate

Atap kanopi polycarbonate memiliki sifat dasar yang ringan, tembus pandang, tahan benturan dan cuaca. Sifat dasar inilah yang membuat polycarbonate sebagai material plastik yang paling ideal untuk pengganti kaca, dari cakupan bidang industri hingga rumah hunian. Selain atap, biasanya polycarbonate digunakan sebagai dinding dan atap Rumah Kaca  (Green House) yang berfungsi sebagai bangunan tempat tanaman ditanam.

Adapun kelebihan atap kanopi jenis ini di antaranya adalah meredam panas maksimal, pemasangan mudah, fleksibel dan tahan lama, kaya akan varian warna, dan ramah lingkungan.

Sedangkan kekurangannya ialah harganya yang cenderung mahal dan sulit dibersihkan dari jamur dan lumut.

Selain tiga material di atas, berikut adalah daftar material kanopi bening lainnya yang dapat menjadi alternatif pilihan Anda.

  • Alderon: permukaan bergelombang, bahan uPVC, masa pakai 10 tahun.
  • Alsynite: permukaan bergelombang, bahan fiber, masa pakai 10-25 tahun.
  • Twinlite Gen 2.0: permukaan datar, bahan polikarbonat, masa pakai 15 tahun.

Demikian paparan cara memilih atap kanopi bening. Masing-masing material memiliki kecocokan tersendiri untuk diaplikasikan di ruangan hunian Anda. Nah, supaya pemasangan lebih aman dan efektif, anda bisa menggunakan bantuan Scaffolding. Ini dia fungsi dari Scaffolding yang perlu anda ketahui.

Recent Articles