indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Desain Gazebo dengan Baja Ringan

Ingin membangun gazebo untuk mempercantik rumah atau area kantor dengan praktis? Gunakan saja baja ringan untuk membangun gazebo tersebut. Ketahanan gazebo baja ringan akan lebih lama ketimbang gazebo berbahan kayu karena gazebo baja ringan tidak akan mengalami masalah rayap. Selain itu, material baja ringan juga terbilang mudah ditemukan di berbagai toko bangunan.

Tampilan rangka baja ringan memang terlihat ramping dengan bobot yang tidak begitu berat. Hal ini mungkin membuat Anda ragu akan kekuatan gazebo baja ringan. Namun tenang saja, baja ringan memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan rangka kayu dalam menopang beban. Baja ringan mampu menjaga agar gazebo tetap berdiri dengan kokoh.

Anda sendiri dapat membuat desain gazebo baja ringan sesuai dengan style kesukaan dan kebutuhan Anda. Namun jika Anda masih bingung soal desain, berikut beberapa rekomendasi desain gazebo baja ringan untuk Anda!

Gaya Paviliun

Baja ringan pada desain paviliun ini digunakan untuk menjadi tiang-tiang penyangga gazebo. Gazebo gaya paviliun dapat dibuat dengan bentuk melingkar atau persegi sesuai dengan preferensi Anda. Sementara untuk ukuran, gazebo bergaya paviliun termasuk desain yang bisa disesuaikan dengan ukuran luas area. Dibangun agak besar bisa, dibuat dengan ukuran kecil juga tidak jadi masalah. Selain itu, karena desain gazebo baja ringan bergaya paviliun ini cenderung terbuka, maka gazebo ini cocok digunakan sebagai pelengkap area taman atau halaman rumah.

Gazebo Kanopi

Jika Anda bosan dengan atap yang terbuat dari genting, Anda bisa menggunakan bahan terpal atau serat alami untuk kanopi gazebo. Sesuaikan bahan kanopi dengan selera dan kesan yang mau ditampilkan. Selain itu, kanopi gazebo juga dapat Anda hadirkan dengan pilihan warna variatif.

Gazebo bergaya kanopi ini sangat cocok untuk iklim Indonesia yang tropis, apalagi jika menggunakan serat alami untuk menonjolkan sisi natural pada desain gazebo baja ringan ini. Anda tinggal menambahkan dua atau tiga kursi yang senada untuk melengkapi gazebo. Cocok untuk dijadikan tempat berteduh saat melakukan aktivitas outdoor.

Gazebo Semi-Indoor

Umumnya, desain gazebo cenderung terbuka dan ditempatkan pada area-area terbuka. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin membangun gazebo semi-indoor. Karena bentuknya yang lebih tertutup, gazebo semi-indoor akan membuat Anda nyaman beraktivitas di luar tanpa takut terkena gigitan serangga atau merasa silau karena sinar matahari yang masuk secara langsung,

Gazebo bergaya semi-indoor ini mirip dengan gaya paviliun yang sudah dibahas sebelumnya. Masing-masing memiliki atap kokoh dengan tiang-tiang baja ringan yang mengelilinginya. Perbedaannya terletak pada lapisan yang menutupi ruang-ruang terbuka di antara tiang-tiang tersebut. Materialnya pun dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan bahan berupa kasa nyamuk untuk mencegah serangga masuk, tirai bambu, atau bisa juga kain tirai tipis yang dapat dibuat menutup atau membuka di saat-saat tertentu.

Sentuhan Etnik

Ide lainnya untuk membuat desain gazebo baja ringan agar terlihat unik sekaligus elegan adalah dengan menambahkan sentuhan etnik ke dalam desainnya. Anda bisa menyertakan ukiran-ukiran khas Indonesia pada bagian atap atau sisi-sisi lantainya, atau melapisi baja ringan dengan lilitan kain etnik. Menggunakan gaya rumah panggung juga akan memberikan sentuhan tradisional yang menarik bagi gazebo Anda.

Jangan lupa juga untuk menggunakan warna-warna yang terpadu antara satu sama lain dalam desainnya. Dengan sentuhan etnik, gazebo baja ringan yang dibuat akan terasa lebih berkarakter dan memiliki gaya uniknya sendiri.

Sebelum menentukan desain yang akan diterapkan pada rancangan gazebo baja ringan Anda ini, ada baiknya juga Anda mempertimbangkan alasan atau tujuan membuat gazebo ini terlebih dulu. Akan difungsikan sebagai apakah gazebo ini nanti. Fungsi gazebo ini nantinya sedikit banyak akan mempengaruhi gaya desain yang sebaiknya Anda pilih. Simak juga berbagai model kanopi baja ringan yang Indosteger pilihkan untuk Anda. 

Recent Articles