indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Panduan Lengkap Cara Menyambung Bondek

Istilah bondek mungkin masih cukup asing bagi Anda. Padahal material ini sering kali Anda jumpai terutama pada pekerjaan atap bangunan. Bondek umum dipasang di bawah pelat lantai beton sebelum pemasangan plafon. Tidak heran beberapa orang menyebutnya dengan istilah floordeck. Namun, ada pula bangunan yang membiarkan bagian bondek ini terlihat secara natural ataupun dicat agar terlihat lebih estetik. Kira-kira bagaimana cara menyambung bondek, ya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Mengenal bondek

Jika dilihat sepintas bondek terlihat hampir mirip dengan ‘seng gelombang’ yang dibuat dengan menggunakan bahan galvanis. Pemasangan bondek dalam hal ini bisa menggantikan papan kayu atau papan triplek untuk memberikan kesan yang bangunan yang lebih cantik. Meskipun demikian, cara menyambung bondek tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan pemasangan bondek mempengaruhi kekuatan cor di bagian atap bangunan.

Baca Juga : Cara Pasang Bondek pada Struktur Beton

Spesifikasi ukuran pelat bondek

Karena dipasang di bawah pelat lantai beton sebagai pelapis dasar cor setelah penyangga scaffolding, Bondek dibuat dengan bentuk dan ukuran ketebalan tertentu. Anda bisa menemukan beragam ukuran ketebalan pelat bondek, mulai dari 0,65 mm, 0,75 mm, dan 1 mm. Sementara untuk ukuran lebarnya, tersedia 1 meter dan 12 meter. Anda bisa menyesuaikan ukuran pelat bondek dengan kebutuhan pemasangan atap bangunan.

Kelebihan dan kekurangan bondek

Tidak jauh berbeda seperti material bangunan pada umumnya, bondek juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai kelebihannya, pelat bondek dapat mempercepat proses cor beton karena sebagai pengganti scaffolding material ini tidak perlu dilepas karena telah menyatu sebagai unsur kekuatan struktur. Hasil cor beton pun lebih rapi dan terhindar dari risiko keropos. Namun, bondek tidak cocok diaplikasikan pada pelat yang tidak ditopang balok, seperti pelat kanopi dan pelat kantilever. Cara menyambung bondek yang tepat juga membutuhkan pekerja berpengalaman.

Panduan cara memasang bondek

Pemasangan bondek bisa dilakukan ketika balok penyangga sudah siap. Cara menyambung bondek terbilang cukup tricky, karena jika terjadi kesalahan bisa mengurangi kekuatan dari atap beton bangunan itu sendiri. Panduan selengkapnya tentang cara menyambung bondek adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan rangkaian balok-balok penyangga sudah terpasang dengan baik dan benar.
  2. Pasang bondek dengan arah struktur ke bagian batangan balok terpendek.
  3. Lanjutkan dengan memasang penyangga pada titik-titik yang dibutuhkan guna mengurangi beban saat pengecoran.
  4. Periksa kembali kedalaman penyanggaan bondek. Pastikan ukurannya sudah tepat 1,5 meter.
  5. Ukur kembali tinggi balok dan permukaan, sebab keduanya harus berada pada ketinggian yang sama rata. Tujuannya adalah untuk menghindari beban yang diterima oleh lapisan bondek itu sendiri.
  6. Apabila permukaan tinggi sudah sama rata, Anda bisa memasang bondek di tepi balok penyangga dengan ukuran sekurang-kurangnya 2,5 sentimeter.
  7. Pasang bolt atau stek sebagai penguat bondek, sehingga material ini tidak bergeser dari tempat semula.
  8. Letakkan end-stop agar campuran semen dan pasir yang dituangkan di atas permukaan bondek tidak tumpah.
  9. Tata batangan pelat besi dengan jarak sekitar 1,5 sentimeter antara bondek dan batangan pelat besi tersebut.
  10. Ketika bondek sudah terpasang dengan baik dan benar, maka material ini siap dicor.

Selama proses pengecoran pastikan tidak banyak orang berada di atas bondek. Ini penting diperhatikan untuk mengurangi beban serta mencegah terjadinya pergeseran bondek yang sudah dipasang tadi. Selamat mencoba panduan lengkap cara menyambung bondek tadi dan semoga berhasil, ya!

You May Also Like