indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Pasang Bondek pada Struktur Beton

Bondek adalah pelapis dasar cor yang berfungsi sebagai struktur pengganti besi, biasanya digunakan dalam pekerjaan beton konvensional. Bondek sendiri berbahan baja ringan yang dibentuk sedemikian rupa dan berfungsi dalam sistem bekisting, sistem penguatan, dan aplikasi langit-langit rumah atau gedung. Bondek sering digunakan karena selain mudah dalam pemasangan, pengaplikasiannya pun cukup serbaguna dan kuat.

Karena bentuknya bergelombang, bondek menjadi mudah dan cepat dipasang, sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit. Bondek juga dikenal awet dan tahan lama, serta tahan korosi karena bercampur aluminium. Selain memiliki desain canggih dan modern, bondek dianggap memiliki ketahanan terhadap api. Berikut ini cara pemasangan bondek pada struktur beton.

Pemasangan Bondek Setelah Membuat Balok Penyangga

Cara pemasangan bondek pada struktur beton bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan membuat balok penyangga terlebih dahulu atau merangkai besi beton balok dan plat lantai sehingga pengecoran dapat dilakukan secara langsung. Begini cara memasang bondek setelah membuat balok penyangga:

  1. Letakkan bondek ke arah bentangan balok terpendek.
  2. Pasang end stop pada tepi bondek agar beton nantinya tidak tumpah.
  3. Pasang tiang penyangga sementara jika diperlukan.
  4. Untuk mengurangi beban yang tidak merata saat pengecoran dan/atau saat coran belum mengering, gunakan penyangga pada titik-titik tertentu. Pastikan jarak penyangga sejauh 1,5 meter.
  5. Permukaan balok harus rata dan tidak bergelombang. Ini agar tidak terjadi kegagalan struktur karena beban tidak merata pada permukaan bondek.
  6. Disarankan memasang penguat bondek saat pengecoran. Ini mencegah bondek tidak bergeser.

Pemasangan Bondek Bersamaan dengan Besi Tulangan Balok

Teknik satu ini cukup menguntungkan karena pengecoran hanya perlu dilakukan sebanyak satu kali. Idealnya juga Anda bisa mendapatkan konstruksi beton T yang lebih baik dengan menerapkan teknik pemasangan satu ini. Begini beberapa langkahnya:

  1. Setiap bondek dipasang pada 2 balok pemikul, dengan jarak sekitar 2,5 cm dari  pinggir besi balok yang belum dicor.
  2. Jika sudah dibentangkan, pasang angkur-angkur dengan besi beton yang ditembuskan ke bondek.
  3. Bengkokkan angkur, lalu ikatkan pada besi balok.

Pedoman Umum Pemasangan Bondek pada Struktur Beton

Teknik apa pun yang Anda pilih untuk memasang bondek pada struktur betok, ada sejumlah pedoman umum yang wajib Anda perhatikan. Setelah pengecoran selesai dilakukan, disarankan untuk menunggu selama kurang lebih empat belas hari hingga hasil cor kering. Baru setelah itu Anda bisa membuka bekisting pinggiran. Namun, dibutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk membuat tiang-tiang penyangga.

Sebelum melakukan pengecoran, pastikan pula bondek bersih dari sampah atau material yang mampu merusak struktur coran. Kemudian, ketika beton masih basah, hindari pemutusan beban dan gunakan papan untuk lalu lintas pekerja.

 

Demikian cara pemasangan bondek pada struktur beton. Bondek memiliki banyak keuntungan, baik dari desain, kekuatan maupun ketahanan. Cara pemasangan bondek yang terbilang mudah juga menjadi keunggulan mengapa banyak orang melakukannya dalam konstruksi bangunan.

Namun, bagaimana pun juga kualitas material turut memegang peranan penting dalam pemasangan bondek pada struktur beton. Untuk itu, Anda bisa mendapatkannya melalui Indosteger, yang menjual dan menyewakan produk-produk kebutuhan konstruksi dengan kualitas terbaik.

You May Also Like