indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pentingnya Scaffolding di Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam membuat konstruksi, khususnya untuk bangunan tinggi bukan perkara mudah. Selain membutuhkan perencanaan yang matang, juga diperlukan material berkualitas baik dan mendukung kinerja para pekerja konstruksi. Scaffolding adalah salah satu material yang harus ada tersebut. Keberadaanya sangatlah penting untuk berbagai aktivitas baik para pekerja maupun sebagai penyangga. Berikut beberapa alasan mengapa scaffolding sangat penting dalam konstruksi bangunan.

Sebagai Penyangga Manusia (Pekerja Konstruksi)

Pentingnya scaffolding adalah sebagai penyangga manusia dalam hal ini adalah pekerja konstruksi yang sedang mengerjakan bangunan. Dalam bangunan yang lebih kecil seperti rumah, kita mengenal penyangga dengan istilah steger, namun untuk konstruksi bangunan besar dan tinggi penyangga yang digunakan ini adalah scaffolding.

Scaffolding dapat memudahkan para pekerja konstruksi ketika mereka melakukan pemasangan material maupun pengerjaan konstruksi lainnya. Khususnya jika bagian bangunan tersebut berada di tempat yang cukup tinggi. Dengan begitu, kecelakaan kerja dapat dihindari dan para pekerja konstruksi dapat melakukan tugasnya dengan nyaman dan aman.

Penyangga Bahan Material

Tidak hanya menyangga manusia atau pekerja konstruksi saja, tujuan penggunaan scaffolding adalah untuk menyangga bahan material. Pekerja konstruksi ketika melakukan pengerjaan untuk bangunan besar dan tinggi, tidak mungkin harus bolak-balik mengambil material di bawah bangunan konstruksi. Hal ini jelas akan memakan waktu yang cukup lama dan membuat pengerjaan tidak efisien.

Jadi dengan adanya scaffolding ini membuat pengerjaan lebih cepat. Artinya, para pekerja mengambil bahan material yang dibutuhkan, kemudian bahan tersebut diletakkan pada scaffolding. Namun, sebagai catatan bila Anda menggunakan scaffolding untuk fungsi ini pastikan bahan atau rangka scaffolding tersebut dalam keadaan baik dan kuar untuk menopang material tersebut.

Digunakan Sebagai Akses Jalan

Anda mungkin sudah mengetahui jika akses konstruksi bangunan memiliki akses jalan yang cukup sulit. Khususnya bagi para pekerja dalam melakukan perbaikan pada bangunan tinggi. Keberadaan scaffolding secara langsung dapat membantu dan menjadi akses jalan bagi para pekerja konstruksi dalam berlalu lalang. Jika menggunakan scaffolding untuk keperluan ini, maka siapkan pula jaring-jaring pengamannya di setiap sisi scaffolding tersebut. Tujuannya agar membuat pekerja konstruksi lebih aman dalam beraktivitas.

Selain itu, scaffolding juga dapat digerser ke satu area kerja ke area lainnya tanpa membuang waktu para pekerja. Carannya dengan menggunakan dek slide dari arah depan dan berlawanan. Juga untuk menggeser secara vertikal atau naik turun.

Kiat Memilih Scaffolding

Langkah berikutnya dalam menentukan scaffolding adalah memperhatikan kondisi dan dari scaffolding itu sendiri. Sebab, jika scaffolding tersebut dalam kondisi tidak baik tentu akan sangat membahayakan para pekerja dan bisa menghambat pekerjaan konstruksi bangunan. Maka, kiat memilihnya yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Ketahui Standarnya
    Kiat pertama memilih scaffolding adalah mengetahui stadarnya. Khususnya mengenai ukuran dan kekuatan scaffolding tersebut. Ukuran scaffolding yang pas akan memberikan kemudahan bagi para pekerja konstruksi. Begitu juga dengan kekuatannya, semakin kuat scaffolding tersebut bisa diandalkan tidak hanya sebagai akses jalan pekerja saja tetapi juga penyangga material.

  • Memiliki dukungan teknis
    Hal kedua ialah penting untuk memperhatikan adanya dukungan teknis dari scaffolding tersebut. Khususnya untuk bagian-bagian terkecil namun penting. Ini dikarenakan, bila ada salah satu fungsi scaffolding yang tidak berjalan, Anda bisa menggantinya. Adanya dukungan teknis tersebut dapat menghemat biaya konstruksi ketimbang Anda harus membeli scaffolding baru.

  • Perhatikan kualitas
    Terakhir kiat yang diperhatikan adalah kualitas dari scaffolding itu sendiri. Semua toko atau supplier material bangunan memiliki barang dengan kualitas berbeda-beda. Anda bisa memilih toko yang menjual scaffolding dengan kualitas terbaik, khususnya dari bahan baku yang digunakan menggunakan bahan unggulan.

Selain itu, toko atau penjual scaffolding tersebut memiliki reputasi yang baik. Contohnya, supplier tersebut pernah menyuplai scaffolding untuk proyek bangunan besar. Salah satu penjual dan supplier scaffolding terpercaya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah PT Indosteger Jaya Perkasa. Untuk lebih lengkapnya mengenai scaffolding dan katalognya Anda bisa klik di sini.

You May Also Like