indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Perbedaan Hollow Galvanis Dan Galvalum?

Anda wajib mengetahui perbedaan hollow galvanis dan galvalum sebelum membeli atap untuk rumah, gudang, atau bangunan lainnya. Saat melihat opsi logam untuk atap, Anda mungkin mendengar istilah galvalume dan baja galvanis. Kedua logam ini tidak terlalu berbeda satu sama lain menurut definisi. Mari kenali perbedaannya di artikel ini.

Apa Saja Perbedaan Hollow Galvanis dan Galvalume?

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan adalah: apa perbedaan antara galvalum dan baja galvanis saat digunakan di atap. Galvalume dan galvanis memiliki perbedaan signifikan dalam hal durasi ketahanan, ekspektasi kinerjanya, dan sebagainya. 

1. Spesifikasi Baja Galvanis

Baja Galvanis adalah bahan pokok konstruksi, manufaktur, dan fabrikasi karena daya tahan dan ketahanannya terhadap korosi. Bahan ini dapat ditemukan pada sebagian besar struktur baja. Umumnya, baja galvanis akan bertahan sekitar 15-20 tahun dengan perawatan minimum. Baja galvanis terdiri dari sepotong baja yang dibersihkan dan dicelupkan ke dalam seng cair. Seng kemudian mengeras ke baja dan menciptakan lapisan pelindung ekstra dari karat, korosi, torehan, dan penyok.

Baca Juga: 4 Kelebihan Besi Galvanis Untuk Konstruksi Bangunan

Proses untuk melindungi baja secara tradisional disebut galvanizing dan masih digunakan secara luas sampai sekarang. Galvanizing alias galvanisasi terdiri dari lapisan logam 100% seng/zinc dan telah digunakan lebih dari 150 tahun. Proses pelapisan modern kini membuat material seng diterapkan secara lebih efisien, tepat waktu, dan konsisten, sehingga hasil akhirnya memiliki kinerja yang kuat secara jangka panjang.

Seng adalah bahan pelindung yang sangat efektif terhadap korosi. Seiring waktu, lapisan pelindung ini mengalami pengikisan secara bertahap sehingga korosinya mengenai baja. Biasanya, proses ini dapat memakan waktu beberapa dekade dan tingkat korosinya dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Selain itu, cat yang digunakan di atas lapisan galvanis, termasuk cat dengan primer yang tebal, dapat sangat meningkatkan usia produk sebagai penghalang tambahan terhadap korosi.

2. Spesifikasi Galvalum

Galvalum adalah lapisan pelindung yang membantu menahan dan mencegah penyebaran korosi dan memperpanjang umur atap besi dan dinding. Lembaran bajanya dicelupkan ke dalam lapisan aluminium sebesar 55%, seng 43,4%, dan silikon 1,6%. Lapisan ini memberi perlindungan yang lebih besar pada baja sehingga bertahan lebih lama dari baja galvanis tradisional.

Baca Juga: 7 Keunggulan Kelemahan Atap Galvalum dan Harganya

Lapisan galvalum dibubuhkan pada baja sebelum dicat. Proses pelapisan ini terdiri dari campuran logam, jadi biasa disebut sebagai pelapisan logam. Pelapisannya dilakukan dengan melarutkan baja dasar ke dalam panci cair berisi lapisan galvalum, kemudian dikeringkan dan dirawat sehingga memberikan hasil akhir yang seragam.

Lapisan galvalum mampu melindungi baja dasar dari efek korosi. Apakah korosi itu? Korosi alias karat terjadi ketika baja berinteraksi dengan zat di lingkungan sekitarnya, seperti oksigen, hidrogen, arus listrik, unsur garam, kotoran, dan kotoran. Korosi umumnya terjadi pada permukaan logam dan ketika menyebar secara bertahap menurunkan kualitas baja.

3. Kegunaan Galvalume dan Galvanis

Galvalume cocok diterapkan pada atap, dinding, trim, aksen, dan sebagainya. Lapisan ini diaplikasikan pada bangunan yang berlokasi di area ekstrem. Contohnya seperti di zona badai, lokasi dengan curah hujan tinggi atau salju, daerah bersuhu tinggi, dan banyak lagi.

Seperti yang Anda lihat, perbedaan utama antara galvalume dan baja galvanis adalah lapisan pelindung di sekitar setiap lembaran baja. Baja galvanis terdiri dari seng, sedangkan lapisan Galvalume terdiri dari campuran seng, aluminium, dan silikon.

Kedua jenis logam tersebut sangat bagus untuk atap. Masing-masing logamnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Galvalume jauh lebih tahan lama dengan usia pemakaian sekitar dua kali lipat dari baja galvanis. Baja galvanis cenderung lebih murah, tetapi mampu memberikan perlindungan maksimal sehingga menjadi pilihan tepat bagi pembeli dengan anggaran terbatas.

Baca Juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis untuk Pagar yang Kokoh

Atap Mana yang Tepat Untuk Saya?

Arsitek berpengalaman dapat memberikan rekomendasi terbaik berdasarkan tujuan penggunaan bangunan dan kondisi cuaca di daerah tersebut. Apa pun yang Anda putuskan, atap baja akan bertahan lebih lama dan memberikan perlindungan lebih daripada sirap kayu atau aspal. Atap baja, baik itu galvanis atau Galvalume, dapat menikmati ketahanan, keamanan, dan efisiensi energi pada masa mendatang.

Namun, beberapa orang hanya bertanya tentang keberadaan garansi, bukan berapa lama masa garansinya. Mereka juga tidak memastikan bahwa sistem poliester lurusnya lebih rendah. Poliester lurus tidak boleh digunakan untuk atap logam dan panel dinding di pasar saat ini. Jika Anda melihat perbedaan dalam harga dua panel galvalum, maka pelapis yang lebih murah harus dicurigai.

Galvalume tidak boleh digunakan pada beton atau mortar. Beton dan mortar adalah lingkungan bersifat basa. Galvalume polos dan lembaran galvalume yang dicat bisa mengalami korosi ketika bersentuhan dengan mortar dan beton. Sementara itu, galvanis polos dan galvanis yang dicat bekerja lebih baik di lingkungan seperti ini.

Baca Juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi

Baik galvalume maupun substrat galvanis tidak dijamin untuk digunakan di area peternakan hewan atau pertanian. Galvalume polos dan panel galvalume berlapis akan cepat rusak bila terkena agen korosif dari peternakan hewan. Namun, dua material tersebut memiliki ketahanan korosi maksimal di berbagai lingkungan umum lainnya, seperti lingkungan industri, kelautan, dan bahkan lingkungan laut yang parah. Galvalume menghasilkan beban energi yang lebih rendah pada bangunan serta meningkatkan kenyamanan interior.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan hollow galvanis dan galvalum pada artikel ini. Jika Anda sedang mencari harga besi hollow galvanis 4x8, peralatan konstruksi seperti steger dengan budget yang minim, sebaiknya Anda lihat di website Indosteger. Selain menjual, Indosteger juga menyewakan alat-alat untuk kebutuhan konstruksi dengan harga terbaik. Semoga artikel terkait perbedaan hollow galvanis dan galvalum dapat berguna bagi Anda! 

Recent Articles