indosteger@gmail.com   +62818716828

Sistem Plumbing: Jenis, Fungsi dan Metode Pemasangannya

Media
24 Feb 2024

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Plumbing adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sistem perpipaan. Kata “plumbing” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti suatu sistem berisi rangkaian pipa, tangki, dan peralatan lain untuk keperluan penyediaan air, pemanas, serta sanitasi pada bangunan.

Saat ini, banyak pembangunan gedung yang bermasalah dengan pengelolaan air, baik itu untuk perolehan air bersih maupun pembuangan air kotor. Nah, plumbing menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Untuk lebih memahami bagaimana plumbing bekerja, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal sistem plumbing 

Plumbing adalah suatu sistem pengelolaan air pada bangunan yang mengatur tentang pemasangan pipa, tangki, dan peralatan lainnya. Sistem ini mengatur penyediaan air bersih, distribusi air bersih, hingga pembuangan dan pengelolaan air kotor agar tidak mencemari lingkungan di sekitar bangunan.

Sistem plumbing diaplikasikan pada bangunan dan berhubungan langsung dengan saluran air daerah, baik itu saluran penyedia air bersih maupun saluran pembuangan air kotor. Dengan instalasi plumbing, diharapkan kebersihan lingkungan tetap terjaga dan pengelolaan limbah bisa dilakukan secara maksimal.

Fungsi sistem plumbing

Pada bangunan, fungsi plumbing adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan air bersih pada bangunan;
  • Menyediakan sistem distribusi air bersih pada area yang dikehendaki dalam sebuah bangunan.
  • Menyediakan sistem pembuangan air kotor yang aman agar tidak terjadi pencemaran pada bangunan.
  • Menyediakan sistem ventilasi udara agar sirkulasi udara di dalam gedung tetap terjaga, terutama pada area pembuangan air kotor.
  • Menjadi sistem pencegah kebakaran.
  • Menjadi sistem distribusi air hujan.
  • Meningkatkan kenyamanan pengguna bangunan. 

Jenis Jenis Sistem Plumbing

Terdapat beberapa jenis sistem plumbing yang dibagi berdasarkan fungsi atau kegunaannya. Berikut adalah jenis jenis sistem plumbing yang harus Anda pahami:

1. Plumbing Air Bersih

Plumbing air bersih memiliki fungsi untuk menyalurkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dalam konstruksi bangunan, misalnya mencuci piring, mandi, dan lain-lain.

2. Plumbing Air Kotor

Fungsi plumbing air kotor adalah untuk membuang air yang sudah tidak bisa digunakan kembali atau memerlukan penanganan khusus, misalnya air limbah dapur, air kloset, dan lain-lain.

3. Plumbing Air Bekas

Plumbing air bekas memiliki fungsi untuk menampung sisa air yang masih dapat digunakan lagi, misalnya air cuci tangan di wastafel, air mandi, dan lain-lain.

4. Plumbing Air Hujan

Plumbing air hujan berfungsi untuk menyalurkan air hujan kembali ke kota agar dapat diolah dan digunakan kembali.

5. Plumbing Ventilasi

Plumbing ventilasi berfungsi untuk mengisi udara dari instalasi pipa plumbing bekas dan kotor. Tujuan mengisi udara pada kedua saluran tersebut adalah untuk menghindari keduanya dari macet yang dapat membuat suasana di bangunan menjadi kurang nyaman.

Peralatan yang dibutuhkan dalam plumbing

Plumbing adalah sistem yang membutuhkan rangkaian beberapa peralatan sekaligus. Berikut adalah jenis-jenis peralatan yang umum ditemukan pada instalasi plumbing:

1. Pipa

Dalam plumbing, pipa berfungsi sebagai media untuk menyalurkan air. Pipa disusun sedemikian rupa hingga membuat sistem agar air dapat mengalir menuju arah yang dikehendaki. Jenis pipa yang digunakan dalam sistem plumbing biasanya cukup tebal dan kuat. Sebab, sistem pipa harus mampu menerima tekanan besar yang mengalirkan air.

2. Katup

Agar laju air dalam pipa bisa tetap terarah, dibutuhkan katup. Nah, ada beberapa jenis katup yang umum digunakan dalam sistem plumbing, seperti:

  • Katup gerbang (gate valve)

Sesuai namanya, katup gerbang bekerja layaknya sebuah gerbang yang bisa menutup dan membuka. Saat katup membuka, air akan mengalir dan saat katup tertutup, maka aliran air akan berhenti. 

  • Katup globe (globe valve)

Fungsi katup globe pada sistem plumbing adalah mengalirkan dan menghentikan air—mirip seperti katup gerbang. Namun, dengan adanya steker dan cakram, aliran air yang melalui katup globe akan membentuk pola S. Dengan pola seperti ini, tekanan air bisa tetap stabil dan tidak naik.

  • Katup cek

Berfungsi untuk menahan aliran balik jika pompa air tiba-tiba berhenti bekerja. Pemasangan katup cek harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi lonjakan tekanan air (water hammer).

  • Katup penurun tekanan

Katup penurun tekanan bertugas mengurangi tekanan di dalam pipa. Dengan adanya katup ini, maka tekanan yang dihasilkan air pun bisa tetap terkontrol dan tidak melampaui batas aman (4,0 kg/cm2). Instalasi katup ini biasanya dilakukan pada cabang pipa dari poros masuk.

Baca juga: Langkah dan Saran Penempatan Tandon Air

3. Peralatan Tambahan

Selain pipa dan katup, instalasi plumbing juga membutuhkan beberapa peralatan tambahan seperti:

  • Manometer: mengatur tekanan air di dalam pipa, biasanya dipasang pada pipa pembuangan (discharge pipe).
  • Flexible Joint: meredam getaran dari pompa, dipasang pada pipa penghisap (suction pipe) dan pipa pembuangan.
  • Strainer: menyaring kotoran yang ukurannya kecil agar tidak masuk ke pipa, dipasang pada pipa penghisap.

Kesimpulan

Plumbing menjadi unsur krusial dalam mendukung fungsi dan keberlangsungan bangunan modern. Sebagai sistem pengelolaan air, plumbing tidak hanya menyediakan air bersih dan memastikan distribusi yang efisien, tetapi juga bertanggung jawab atas pembuangan air kotor dengan aman dan ramah lingkungan. Selain itu, terdapat beberapa jenis sistem plumbing yang dapat digunakan, seperti plumbing air bersih, air kotor, air bekas, air hujan, dan ventilasi, yang menunjukkan adanya kompleksitas dan keberagaman dalam penggunaannya. Dengan penerapan plumbing yang tepat, diharapkan bangunan dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari

Agar instalasi sistem plumbing akurat dan presisi, gunakan scaffolding dalam proses pemasangannya. Indosteger menyediakan jasa sewa dan jual scaffolding untuk beragam keperluan.  

Baca juga:  Membedah Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb