indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Langkah dan Saran Penempatan Tandon Air

Penempatan tandon air dirumah memang menjadi keperluan yang penting. Sebagai salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia, air harus selalu tersedia, terutama di musim kemarau. Hanya saja, mempersiapkan suplai air memang tidak mudah. Instalasi tendon (penampungan) air yang layak harus dilakukan agar air selalu tersedia kapan pun di rumah. Masalahnya, Anda harus mengetahui lokasi penempatan tandon air di rumah yang tepat.

Tandon air, yang juga dikenal dengan sebutan toren atau tangki air, merupakan tempat penyimpanan air berkapasitas dari ratusan sampai ribuan liter. Tandon air ialah komponen yang penting bagi kebutuhan rumah tangga. Fungsinya, selain untuk tempat penyimpanan air yang bersih, tangki air juga dapat membantu penghematan listrik serta memperpanjang usia pompa air.

Hal lainnya yang perlu diketahui sebelum membeli sebuah tandon air adalah bahwa tempat penyimpanan air ini terdiri atas beragam tipe serta ukuran. Terdapat tandon air yang terbuat dari plastik maupun stainless steel. Ada pula tangki air dengan cara instalasinya dengan ditanam (biasanya disebut tangki pendam).

Nah, sebelum menentukan jenis tandon air yang mana yang hendak dibeli, Anda perlu mengetahui beberapa tips penempatan tandon air berikut ini.

Langkah Instalasi Tandon Air di Rumah

1. Tentukan Lokasi Penempatan Tangki Air di Rumah

Anda dapat menentukan beberapa tempat penempatan tangki air di rumah yang tepat seperti di sudut pekarangan belakang rumah, di atas dak rumah, di samping rumah maupun di atas balkon rumah. Pilihan teraman ialah di atas sebuah tower besi atau scaffolding yang kokoh dan terjamin mutunya.

Lalu Anda juga harus memperhatikan lebar pondasi tempat memasang tangki air. Terkait ukuran, idealnya, lebar pondasi untuk tangki air adalah 30 cm dari lebar tangki air. Hal ini untuk meminimalisir bergesernya tangki yang bisa menyebabkannya jatuh.

Pastikan pula tower/scaffolding diletakkan pada lahan datar di mana tidak banyak terdapat bebatuan atau penghalang lainnya. Bila posisi tangki miring, proses pengisian air pun akan terganggu.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

2. Pastikan Struktur Rumah Anda Kuat 

Bila Anda sudah memutuskan tempat memasang tangki air di rumah, jangan lupa untuk memastikan kekuatan struktur rumah Anda, terutama bila Anda memilih untuk meletakkan tandon air di atas dak rumah. Semakin tinggi posisi tangki air, semakin berat pula beban yang akan ditopang konstruksi rumah.

Jika muncul retakan pada dak atau tembok bangunan, Anda harus segera memperbaikinya dengan beberapa prosedur seperti injeksi beton. Namun, kenali terlebih dahulu bjtd yang menjadi standar besi beton.

3. Atur Ketinggian Tandon Air dengan Tepat

Selain menentukan letak pemasangan tangki air di rumah, ketinggian posisi tandon air tersebut juga harus ditentukan secara tepat. Mengapa demikian? Karena ketinggian instalasi tandon air akan mempengaruhi volume air yang akan dihasilkan. Alhasil, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan air Anda.

Berikut adalah Ragam posisi ketinggian tandon air:

  • Ketinggian 2-4 meter: Instalasi tandon air pada ketinggian 2-4 meter ini menghasilkan tekanan air yang cukup rendah. Volume air yang dihasilkan oleh toren air pada ketinggian ini berkisar di angka tiga sampai lima liter tiap menitnya.
  • Ketinggian 4-6 meter: Kebanyakan rumah memasang tangki air pada ketinggian ini. Pemasangan tangki air pada ketinggian ini membuat semburan air yang dihasilkan dari ketinggian ini besar namun tidak terlalu besar untuk memenuhi volume air yang dibutuhkan rumah pada umumnya.
  • Ketinggian di atas 7 meter: Pada ketinggian ini, semburan air yang dihasilkan akan sangat tinggi hingga dapat menyalakan penghangat air (water heater) tanpa memerlukan bantuan pompa air.

4. Siapkan Alas Tandon Air yang Datar

Masih dalam pembahasan penempatan toren air di rumah, siapkan pula alas tandon air. Pastikan alas tandon air yang akan digunakan datar serta bersih. Periksa setiap bagian alas dengan saksama untuk mencegah adanya kerikil kecil yang dapat mengganjal tandon. Perlu diingat, setiap volume 1.000 liter air menghasilkan beban sekitar 1 ton. Jaga jangan sampai beban seberat itu mengubah penopang tandon air atau konstruksi rumah Anda.

Baca Juga: Bak Penampungan Air Bocor, Ini Tips Memperbaikinya!

Alat-Alat Penunjang Tangki Air

Selain tangki air, Anda membutuhkan beberapa peralatan lain untuk memastikan tangki air Anda berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa peralatan yang Anda butuhkan:

Pipa Ventilasi

Pipa ventilasi dapat membantu melancarkan sirkulasi udara. Selain itu, pipa ventilasi juga dapat berfungsi untuk mengatur tekanan udara di dalam tangki air.

Baca Juga: Sistem Plumbing: Jenis, Fungsi dan Metode Pemasangan

Water Control

Alat satu ini dapat membantu Anda menghemat penggunaan air Anda. Dengan water control, Anda dapat mengatur ketinggian air yang berada di dalam tangki air Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengatur jumlah air sesuai dengan yang dibutuhkan secara otomatis.

Langkah Memasang Pompa Air

Setelah berhasil memasang tangki air, langkah selanjutnya adalah untuk memasang pompa air. Berikut adalah langkah-langkah memasang pompa air yang dapat Anda coba:

1. Pilihlah pompa air sesuai kebutuhan.

2. Letakkan pompa air pada tempat yang mudah dijangkau dan diperiksa. Hal ini dapat memudahkan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

3. Sebisa mungkin, posisikan pompa air dekat dengan sumber air.

4. Jika memungkinkan, jangan memasang pompa air berdekatan dengan tangki air.

5. Pastikan untuk mengikat kuat pompa air pada dudukan. Hal ini untuk meminimalisir efek guncangan yang akan diterima oleh pompa.

6. Sebisa mungkin, kurangi jumlah lekukan pada instalasi pipa.

7. Gunakan saringan air untuk menyaring kotoran pada air.

Baca Juga: Ketahui Cara Instalasi Pipa Air yang Benar

Itulah dia langkah penempatan tandon air di rumah yang dapat Anda coba. Penempatan toren air dapat didukung dengan sebuah scaffolding. Untuk mendapatkannya, Anda dapat menghubungi Indosteger yang membuat, menjual, serta menyewakan scaffolding guna memenuhi keperluan konstruksi rumah atau bangunan lainnya.

Untuk pilihan produk, Anda dapat memilih scaffolding pipa Galvanis yang berkualitas dan tahan lama. Tersedia pula beragam aksesoris kerangka scaffolding serta perangkat penopang pipa scaffolding. Kunjungi situs web Indosteger untuk informasi lebih lanjut untuk sewa scaffolding dan jual scaffolding

Baca juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Scaffolding Agar Jumlahnya Tepat

Recent Articles