indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa itu Pondasi Tiang Pancang serta Jenis-jenisnya

Pondasi merupakan struktur bangunan yang paling penting dalam pembangunan rumah. Tanpa adanya pondasi, rumah Anda tidak akan bertahan lama dan sangat berbahaya untuk ditempati. Salah satu pondasi yang membuat rumah Anda tampak kokoh dan kuat yaitu pondasi tiang pancang.

Pondasi jenis tiang pancang termasuk salah satu pondasi terkuat, lantara terbuat dari baja dan beton. Tetapi, ada juga yang terbuat dari kayu, sehingga Anda harus memilih jenis kayu yang tepat supaya tidak mudah lapuk. 

Proses pemasangannya pun mengurangi galian, karena menggunakan mesin khusus. Hal ini tentu memberi banyak keuntungan, salah satunya tidak membuat struktur tanah menjadi lemah. Apalagi tanah pembangunan tersebut dalam kondisi stabil dan mudah bergeser. 

Selain itu, pondasi ini dapat memadatkan tanah yang terlalu halus atau granular, sehingga bangunan Anda akan makin kuat. Ukuran pondasi ini sebenarnya berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pondasi ini bisa jadi cocok dengan kondisi Indonesia sebagai negara pulau dengan iklim tropis. Mengingat beberapa tanah seringkali lembap dan korosif, sehingga bangunan harus bertahan lama. Cocok dengan karakteristik pondasi jenis tiang pancang yang kokoh dan kuat. 

Untuk lebih mengenal pondasi jenis tiang pancang ini, terutama saat Anda akan menerapkannya, mari simak uraian lengkap di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Pondasi Tiang Pancang?

Pondasi tiang pancang merupakan struktur bangunan yang memiliki peran yang esensial dalam proses pembangunan. Pondasi ini memberikan tekanan gravitasi secara merata pada tanah. Fungsi pondasi yang satu ini yaitu agar bangunan yang sedang dibangun menjadi lebih kuat dan berdiri dengan kokoh. 

Bentuk pondasi ini seperti kolom-kolom yang terbuat dari semen atau baja kokoh yang makin memperkuat struktur bangunan. Pondasi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam.

Baca Juga: Informasi Macam-Macam Pondasi Dangkal

Untuk model bangunan berat dan memiliki tingkat yang tinggi, wajib memiliki pondasi yang sangat dalam. Mengapa? Supaya kekuatan struktural dari bangunan menjadi kuat dan tahan terhadap guncangan, misalnya seperti gempa sekali pun.

Pada umumnya, pondasi tiang pancang digunakan bila struktur tanah yang akan dibangun kemungkinan bergeser atau kondisi tanah labil. Selain itu, pondasi ini biasa digunakan apabila terdapat drainase di bawah tanah.

Salah satu keuntungan menggunakan pondasi jenis tiang pancang yaitu terlindungi dari karat, pelapukan, dan dampak dari zat korosif. Alhasil struktur bangunan rumah Anda akan bertahan lebih lama. 

Selain itu, proses pemasangannya pun tidak terlalu banyak galian. Sebab, galian dapat mengakibatkan tanah menjadi makin lemah dan mudah mengalami pergeseran. Anda hanya perlu menancapkan tiang pada tanah dengan menggunakan mesin khusus. 

Apa Fungsi dari Pondasi Tiang Pancang Bagi Konstruksi?

Secara umum, pondasi berperan sebagai penopang bangunan, sehingga harus dibuat sekokoh mungkin. Begitupun ketika Anda menggunakan pondasi tiang pancang saat hendak melakukan pembangunan. Secara khusus, berikut fungsi dari pondasi tiang pancang.

  • Tiang pancang berfungsi sebagai penahan gaya desakan ke atas yang disebabkan oleh pergeseran tanah yang tidak stabil.
  • Tiang pancang yang ditancapkan ke dalam tanah akan menjadi tumpuan utama bangunan. Supaya bangunan makin kokoh, tiang pancang dalam jumlah yang seimbang akan disalurkan ke dalam tanah.
  • Sebagaimana fungsi utamanya, pondasi akan menahan beban konstruksi secara lebih merata. Dalam hal ini, untuk jenis pondasi tiang pancang beton dapat Anda pasang secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan kebutuhan.
  • Kokohnya tiang pancang dikarenakan memanfaatkan endapan yang tidak berkohesi dan bisa digunakan sebagai alat bantu kontrol penurunan tanah.
  • Saat tiang pancang ditancapkan, struktur tanah menjadi lebih kaku, sehingga lebih tahan terhadap getaran yang masuk ke dalam bangunan.
  • Pada bangunan yang berada di area lepas pantai, tiang pancang ini dapat membantu meneruskan beban bangunan di atas permukaan air secara merata. 
  • Tiang pancang menjadikan struktur bangunan di atasnya lebih stabil. Bahkan bangunan tidak akan terpengaruh oleh apa pun, termasuk air yang ada di dalam tanah.
  • Pondasi yang membuat bangunan lebih kokoh ini dapat meningkatkan keamanan banngunan secara struktural. 

Apa Saja Jenis-jenis Pondasi Tiang Pancang yang Dapat Anda Gunakan?

Terdapat beberapa macam pondasi tiang pancang yang dapat digunakan saat melakukan proses pembangunan. Pondasi ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis yang berbeda, seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Pondasi Tiang Pancang Kayu

Untuk jenis pondasi ini, Anda dapat menggunakan kayu sebagai bahan pondasi paling basic. Jika Anda menggunakannya dalam kondisi yang tepat, maka tiang yang terbuat dari kayu bisa lebih awet dan tahan lama. Meski demikian, kayu bisa saja mudah lapuk. Jadi, Anda harus memilih jenis kayu yang tepat.

2. Pondasi Tiang Baja Profil

Tiang baja yang akan dijadikan pondasi ini biasanya berbentuk pipa atau profil H. Pemasangannya akan membuat bangunan lebih kokoh, meski tiangnya lebih ringan. Tiang baja umumnya mudah untuk disambungkan pada struktur bangunan. 

3. Pondasi Tiang Beton Pancang Pracetak

Pondasi tiang beton pancang pracetak memiliki bentuk yang berbeda-beda. Umumnya pondasi ini dibuat dari beton yang sudah dicetak di sebuah pabrik. Jadi, tiang-tiang ini lebih mudah dipasang. Pondasi yang satu ini bisa jadi lebih efisien, terutama untuk mempercepat waktu pengerjaan.

4. Pondasi Tiang Pancang Beton Pratekan

Pondasi ini dikenal sebagai pondasi yang sangat kuat, lantaran terbuat dari baja dan beton. Dikarenakan memiliki daya yang sangat kuat, harga tiang ini lebih tinggi dibandingkan jenis tiang lainnya. Tentunya tiang ini akan membuat bangunan menjadi dua kali lebih kuat dan kokoh.

5. Pondasi Tiang Komposit

Pondasi yang satu ini terbuat dari dua material yang berbeda, tetapi yang paling umum terbuat dari baja dan beton. Sama halnya dengan pondasi tiang pancang pratekan, pondasi ini sangat kuat. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir saat terjadi guncangan kuat yang masuk ke dalam bangunan. 

Bagaimana, apakah Anda sudah cukup memahami apa itu pondasi tiang pancang dalam proses pembangunan? Pondasi jenis tiang pancang bisa digunakan untuk proyek pembangunan skala kecil seperti rumah dan skala besar seperti perkantoran.

Dalam proses pembangunannya, selain mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat pondasi, Anda dapat menyediakan besi Hollow Galvanis untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk tulangan kanopi, rangka atap, dan rangka besi lainnya.

Hollow Galvanis yang disediakan Indosteger lebih tahan karat, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Anda dapat mengecek harga besi Hollow Galvanis 4x8 dengan bahan dasar black steel di situs resmi Indosteger. 

Indosteger sendiri merupakan agen dan distributor scaffolding terbaik di Indonesia dan melayani penjualan hingga ke beberapa kota. Jadi, bagi Anda yang tinggal di Kalimantan  dan Batam yang memerlukan besi Hollow Galvanis ini bisa segera menghubungi Indosteger di sini.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya