indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Steger Besi vs Steger Bambu: Ini Kelebihan Masing-masing Jenis Steger

Steger, atau yang dikenal juga dengan istilah scaffolding atau perancah, memiliki fungsi penting dalam proses konstruksi bangunan. Steger dibutuhkan terutama dalam mendukung proses pengerjaan konstruksi skala besar dan pembangunan yang lebih dari satu lantai.

Scaffolding adalah bahasa lain dari steger apakah sama. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah kekuatan scaffolding itu sendiri hingga pemasangannya. Ada dua jenis steger yang paling sering digunakan, yaitu steger besi dan steger bambu. Keduanya memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda bingung apakah harus memilih steger besi atau steger kayu dalam bangunan Anda, sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan konstruksi dan budget Anda.

Fungsi steger

Umumnya, steger digunakan sebagai tempat pijakan para pekerja bangunan untuk melakukan aktivitas konstruksi. Adanya steger ini dapat membuat para pekerja bangunan bekerja dengan nyaman. Steger juga bisa digunakan untuk melindungi para pekerja bangunan yang berada di bawah steger untuk menjaga kalau-kalau ada material keras dan berbahaya jatuh dari atas.

Selain fungsi utamanya, steger juga seringkali digunakan sebagai medium penyangga beton yang sedang dalam proses cetak. Fungsi steger sebagai penyangga ini juga banyak dimanfaatkan dalam proses-proses renovasi, terutama jika renovasi dilakukan pada bagian bangunan yang cukup tinggi.

Antara steger bambu atau steger besi

Steger bambu dan steger besi adalah jenis steger yang paling sering digunakan dalam konstruksi bangunan di Indonesia. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari keduanya sehingga bisa jadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan mana steger yang kemudian akan Anda gunakan.

Salah satu kelebihan steger bambu adalah strukturnya yang fleksibel. Struktur yang fleksibel ini membuat steger bambu tetap bertahan untuk berdiri sekalipun terjadi goncangan. Harga steger bambu juga cenderung lebih murah daripada steger besi sehingga banyak dimanfaatkan oleh pembangunan skala kecil dengan budget pengerjaan yang tidak begitu besar.

Sementara kelebihan pada steger besi terletak pada penggunaannya yang bisa dipakai berkali-kali, berbeda dengan steger bambu yang biasanya hanya bisa digunakan untuk satu kali proses konstruksi. Steger besi juga lebih mudah untuk dipasang. Anda harus merakit sendiri untuk mendapatkan steger bambu, belum lagi Anda harus memotongnya sendiri agar sesuai dengan kebutuhan.

Steger besi biasanya dijual siap pakai. Untuk konstruksi skala besar, steger besi dapat dirakit dengan lebih mudah karena sudah dijual dalam set. Satu set steger besi biasanya yang terdiri dari alat rakit dan penghubung antara satu steger dan steger lain. Selain itu, karena terbuat dari besi, steger ini jauh lebih kokoh dan kuat daripada steger bambu.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan steger besi namun tidak memiliki budget yang besar, Anda bisa menyewanya alih-alih harus membeli yang baru. Tidak perlu repot, karena Indosteger juga menyewakan scaffolding besi pipa galvanis

Recent Articles