indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Teknik Dasar dalam Memasang Baja Ringan, Ini Caranya

Konstruksi dan material bangunan selalu berubah sesuai dengan kemajuan teknologi. Banyak material bangunan baru yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Banyak dari material-material tersebut yang lebih efisien dalam penggunaan dan pemasangannya. Salah satunya adalah penggunaan baja ringan yang dipakai sebagai konstruksi utama atap bangunan. Penggunaan baja ringan terbukti lebih menghemat waktu dalam konstruksi bangunan karena pemasangannya yang hanya merakit dan memasang saja.

Baja ringan sendiri memiliki ukuran yang sangat beragam untuk dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan konstruksi. Selain itu, baja ringan juga bisa digunakan sebagai pelengkap eksterior atau interior seperti kanopi. Cara pasang baja ringan sendiri cukup sulit meskipun hanya memakai sekrup baja ringan dalam menyatukan dan merakit. Namun anda bisa sewa scaffolding jika tidak ingin ribet.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memasang baja ringan, terutama pada kuda-kuda yang telah dipasang. Pemasangan rangka baja ringan mempunyai syarat teknis dan pengerjaan yang sistematis. Untuk kuda-kuda sendiri harus dipastikan telah dipasang dengan kuat dan tegak lurus menghadap ring-balk. Anda harus mengecek tingkat ratanya sisi miring atap dan ketinggian apex saat memasang nok pada tiap kuda-kuda.

Baca Juga : Seluk Beluk dan Daftar Tabel Berat Besi Beton

Selanjutnya, pastikan juga lapisan atau coating tidak rusak dan tidak berubah bentuk karena kesalahan pemasangan. Pemasangan gording dan kuda-kuda sangat penting dalam rangka utama sebuah bangunan. Kemudian, Anda bisa memasang reng yang digunakan untuk mengikat dan menguatkan gording. Di samping itu, reng juga memiliki manfaat untuk peletakan genteng dan pengatur jarak tiap baris antar genteng agar tersusun rapi.

Jadi, ada beberapa hal sebelum memasang baja ringan yaitu, kuda-kuda dan angkur (dynabolt) telah dipasang benar, posisi dari kuda-kuda sudah tegak lurus terhadap ring-balk, ketinggian apex yang digunakan untuk pemasangan nok di atas masing-masing kuda-kuda telah rata, sisi miring atap tidak bergelombang atau rata, lapisan pelindung yang digunakan tidak rusak, dan terakhir tidak terjadi deformasi. Untuk cara pasang baja ringan sendiri, Anda bisa mengikuti teknik dasar di bawah ini:

Ada tiga tahapan dalam cara pasang baja ringan. Secara berurutan, tahap-tahap tersebut adalah persiapan, levelling & marking, dan pemasangan. Semua tahapan tersebut harus dilakukan secara berurutan agar pemasangan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pastinya, Anda harus berhati-hati saat merakit dan memasang karena terkadang baja ringan mempunyai sisi yang tajam dan membahayakan keselamatan Anda.

Tahap Persiapan

Beberapa langkah yang termasuk dalam tahap persiapan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan desain perencanaan pemasangan baja ringan. Desain perencanaan yang telah dibuat digunakan untuk mengetahui dengan pasti posisi mana yang tepat untuk meletakkan kuda-kuda.
  2. Siapkan segala perlengkapan dan alat yang akan dipakai saat pemasangan.
  3. Siapkan peralatan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Tahap Leveling & Marking

  1. Cek permukaan ring balok dan juga siku apakah sudah rata atau belum, ratakan bila masih bergelombang.
  2. Cek rangkaian ring balok agar terikat dan tersambung secara keseluruhan.
  3. Ukurlah jarak antara truss dan tandai posisi berdasarkan desain perencanaan.

Tahap Memasang Kuda-kuda

  1. Rakitlah kuda-kuda berdasarkan nomor yang tadi telah ditandai.
  2. Cek posisi kanan dan kiri kuda-kuda agar tidak terbalik.
  3. Pastikan bahwa kuda-kuda telah berdiri tegak lurus sejajar dengan ring-balk.
  4. Kencangkan kuda-kuda tersebut menggunakan plat L.
  5. Kencangkan perlat L dengan memakai dynabolt ring-balk.
  6. Tambahkan balok untuk menopang sementara supaya kuda-kuda tidak berubah posisi.
  7. Pasanglah balok nok.
  8. Pasanglah bracing.
  9. Pasanglah reng berdasarkan pada jarak genteng yang telah diatur.
  10. Ikat reng pada tiap pertemuannya dengan menggunakan dua buah berukuran 10-16x16.
  11. Pasanglah outrigger(struktur tambahan yang berbentuk rangka batang dimensi besar).
  12. Pasanglah reng langit-langit pada permukaan atasnya bottom chord kuda-kuda.
  13. Sekrup bagian permukaan berjarak 120 cm.

 

Itulah teknik dasar yang harus Anda lakukan dalam cara pasang baja ringan sebuah bangunan. Anda perlu teliti dan keterampilan agar hasil pemasangan yang telah Anda buat bekerja secara maksimal. Jika Anda tidak ingin ribet, Anda juga bisa memanggil tenaga ahli untuk melakukan pemasangan baja ringan sesuai permintaan Anda. Selamat mencoba!

You May Also Like