indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Seluk Beluk dan Daftar Tabel Berat Besi Beton

Mempersiapkan banyak material dan berbagai macam aspek perlu dilakukan saat Anda ingin membangun suatu gedung hingga bangunan. Ini karena banyaknya hal yang harus dipersiapkan, dari tahap perencanaan di atas kertas, hingga proses pembangunan yang cukup memakan waktu lama.

Salah satu bahan yang biasa dipakai adalah besi beton. Besi beton adalah besi yang digunakan sebagai penulangan konstruksi beton, atau yang biasa disebut beton bertulang. Di dalam besi beton, ada dua jenis bahan yang terkandung di dalamnya, yaitu besi tulangan dan beton. Keduanya dipakai secara bersamaan. Dengan besi tulangan, maka ada gaya tarik yang tidak dimiliki oleh beton. Selain itu juga bisa untuk menahan gaya tekan.

Tabel berat besi beton

Sebagai bahan yang sangat berguna untuk proses pembangunan gedung berkat dua bahan yang ada di dalamnya, sebenarnya ada berbagai macam ukuran dan berat besi beton yang tersedia di pasarn. Di bawah ini, ada daftar tabel berat besi beton yang perlu Anda ketahui

Nama Produk

Diameter

Panjang

Berat

Besi Beton Polos

6 mm

12 meter

2,66 kg

Besi Beton Polos

7 mm

12 meter

3,63 kg

Besi Beton Polos

8 mm

12 meter

4,74 kg

Besi Beton Polos

9 mm

12 meter

6,00 kg

Besi Beton Polos

10 mm

12 meter

7,40 kg

Besi Beton Polos

11 mm

12 meter

8,95 kg

Besi Beton Polos

12 mm

12 meter

10,70 kg

Besi Beton Polos

16 mm

12 meter

19,00 kg

Besi Beton Polos

19 mm

12 meter

26,80 kg

Besi Beton Polos

22 mm

12 meter

35,80 kg

Besi Beton Polos

25 mm

12 meter

46,20 kg

Besi Beton Polos

28 mm

12 meter

58,00 kg

Besi Beton Polos

32 mm

12 meter

75,72 kg

Dari daftar tabel berat besi beton di atas, total ada dua belas ukuran dari besi beton. Masing-masing memiliki perbedaan dari segi diameter, serta berat. Tapi memang sisi unik dari besi beton adalah panjangnya. Ya, kalau Anda perhatikan, panjang dari besi beton hanya satu ukuran saja yaitu 12 meter. Tidak ada yang lebih atau kurang dari angka tersebut. Dengan panjang yang sama, akhirnya kegunaan besi beton lebih mudah untuk diaplikasikan.

Cara perhitungan pemakaian besi beton

Jika Anda mau menggunakan besi beton dengan diameter 8 dengan total panjang 22 meter, berapa kilogram berat besi beton yang harus Anda beli?

Diameter 8 menurut tabel adalah 0.395. Maka, 0.395 x 22 = 8.69 kg. Jika memang panjangnya 12 meter, maka besi beton yang dibutuhkan adalah 22/12 = 2 batang kurang sedikit.

Dari cara perhitungan di atas, semoga Anda sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana mengukur kebutuhan besi beton yang harus Anda persiapkan di dalam proses pembangunan nanti.

Keuntungan besi beton

Setelah membahas definisi dan berat besi beton, sekarang saatnya membahas keuntungan besi beton. Sebagai bahan material yang berguna, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika memakai besi beton. Apa saja keuntungannya?

  • Memiliki kekuatan penekanan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kebanyakan bahan lainnya yang sejenis.
  • Mampu mempertahankan kualitas walaupun terkena api dan air. Besi beton juga merupakan bahan dengan struktur terbaik untuk bangunan yang sering bersentuhan langsung dengan air. Jika ada kebakaran di bangunan yang memakai besi beton, biasanya yang rusak hanyalah sisi permukaannya saja. Tapi bangunan tersebut akan tetap kokoh berdiri dengan baik berkat besi beton.
  • Untuk biaya pemeliharaan sendiri, tidak memerlukan biaya yang tinggi karena kualitas besi beton tidak perlu diragukan lagi ketahanannya.
  • Struktur yang ada di dalam besi beton juga sangat tokoh.
  • Besi beton bisa disebut sebagai bahan yang ekonomis untuk pondasi tapak, tiang tumpuan jembatan, dinding basement, dan bangunan-bangunan semacamnya.
  • Besi beton juga memiliki daya tahan yang sangat panjang dalam usia pemakaian. Jika pemakaiannya dilakukan secara nomrla, maka ketahanan struktur bisa tetap bertahan sampai kapanpun, tanpa harus kehilangan beberapa aspek ketahanannya.
  • Besi beton bisa dirakit menjadi plat, balok, kolom, atap kubah, hingga cangkang besar.
  • Kontraktor yang menggunakan besi beton tidak perlu memiliki kemampuan yang tinggi untuk memasang besi beton. Dengan kondisi ini, bisa diambil kesimpulan kalau besi beton lebih mudah untuk dipasang, dibandingkan bahan material sejenis.

Itulah seluk beluk dan daftar tabel berat besi beton yang memiliki ketahanan serta kualitas yang bagus. Selain itu, juga lebih mudah untuk dibentuk dalam posisi apapun. Maka dari itu, jika Anda ingin membangun gedung, jangan lupa gunakan besi beton.

 

You May Also Like