indosteger@gmail.com   +62218294428

News

7 Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Banyak orang mencari tips membangun rumah dengan dana terbatas supaya bisa memiliki hunian yang baik dan layak tanpa terhalang budget. Namun dalam praktiknya, biaya membangun rumah memang tidak bisa dianggap remeh. Besaran dana yang dimiliki juga berpengaruh pada hasil jadi hunian nanti. Lantas, bagaimana tips membangun rumah dengan dana terbatas? Berikut beberapa tipsnya yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil terbaik dan rumah menjadi nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.
 

1. Memiliki anggaran matang

Sebagai langkah awal, ada baiknya bagi Anda memperhitungkan dan memiliki anggaran yang matang. Usahakan dalam membangun rumah ini, budget-nya tidak mengganggu dana kebutuhan sehari-hari. Artinya, Anda memiliki dana khusus untuk membangun rumah sendiri.

Hitunglah berapa total biaya bangun rumah dengan cermat. Dengan begitu, Anda lebih mudah memetakan totalan biaya nantinya. Dalam anggaran pembuatan rumah, pikirkan juga biaya-biaya lainnya selain material dan tukang, seperti biaya untuk izin pendirian bangunan dan sebagainya.
 

2. Tentukan lokasi yang tepat

Lahan di wilayah perkotaan saat ini semakin berkurang. Bila lahan yang dipilih cukup luas, maka harganya pun akan meningkat tajam. Pertimbangan bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan dana terbatas adalah memilih lokasi yang sesuai dan minimalis pula.

Sebagai gambaran, tipe rumah Tipe 21 setidaknya memerlukan lahan seluas 60-72 meter persegi. Tidak masalah bila Anda membeli tanah di pinggiran kota, asalkan sesuai dengan tipe rumah. Dengan membeli tanah atau lahan untuk rumah di pinggiran kota, pajaknya pun tidak sebesar tanah yang ada di daerah pusat kota.
 

3. Pertimbangkan tipe rumah minimalis

Setelah memilih lokasi yang tepat, kini saatnya Anda menentukan tipe bangunan rumah. Ingat, semakin besar ukuran rumah yang akan dibangun, maka semakin besar pula dana yang dibutuhkan. Karenanya, tips membangun rumah dengan dana terbatas yang bisa dicoba adalah memilih tipe rumah minimalis.

Ciri utama rumah minimalis adalah simple dan fungsional. Salah satu pertimbangan mengapa Anda harus memilih rumah minimalis adalah detailnya yang tidak rumit sehingga proses pengerjaan bisa lebih cepat. Selain itu, rumah minimalis juga cocok untuk lahan yang sempit.
 

4. Cari tahu harga material bangunan

Hal yang paling utama dan berpengaruh besar pada besar tidaknya anggaran rumah adalah harga materialnya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan survei harga material terlebih dahulu. Mulai dengan mencari material utama seperti batu bata, semen, pasir dan sebagainya. Lalu, material pendukung lainnya seperti besi rangka hollow.

Anda bisa mengeceknya dari toko material satu ke material lainnya. Bisa juga melalui website resmi distributor material. Misalnya, untuk mengecek harga rangka hollow, Anda bisa mengeceknya melalui Indosteger. Kemudian, tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan rumah.
 

5. Memilih tukang profesional

Tidak hanya mencari tahu harga material bangunan saja, Anda pun perlu memikirkan pula dalam menentukan jasa tukang. Tips membangun rumah dengan dana terbatas ini adalah dengan hindari menggunakan jasa developer atau kontraktor. Hal itu akan membuat biaya semakin besar. 

Di sini, Anda harus jeli melihat reputasi tukang tersebut. Misalnya pengalamannya dalam membangun sebuah rumah, memperhatikan tenggat waktu pengerjaan, hingga merinci biaya pengerjaan sesuai dengan kebutuhan.
 

6. Membangun secara bertahap

Membangun rumah dengan dana terbatas memang tidak perlu dilakukan terburu-buru. Tidak masalah bila Anda menunggu dengan sabar dan membangunnya secara bertahap. Sedikit demi sedikit, rumah Anda akan selesai sesuai rencana.

Untuk itu, mulailah dengan membuat bagian penting. Contoh membuat pondasinya dan dilanjutkan pada bagian lain sesuai budget. Meski terbilang cukup lama, tips seperti ini cukup efektif dalam membangun rumah sembari Anda menabung untuk biaya pembangunan bagian lainnya.
 

7. Hindari penggunaan perabot berlebihan

Tips terakhir dalam membangun rumah dengan dana terbatas adalah menghindari penggunaan perabot secara berlebihan. Misalnya menggunakan furnitur built-in yang sedang marak saat ini. Memang, perabot ini bisa dibuat sesuai keinginan. Namun, di sisi lain justru akan membuat biaya bangun rumah membengkak.

Mengapa begitu? Anda harus memesannya terlebih dahulu di toko bangunan atau perabot. Kemudian, masih ada lagi biaya tambahan seperti biaya jasa pembuatan yang tidak sedikit. Begitu pula dengan pembelian bahan-bahannya yang terpisah. Oleh karena itu, fokuskan pada bangunan fisik terlebih dahulu.

Dengan perencanaan yang matang, nantinya Anda pun akan mendapatkan hasil bangunan rumah yang memuaskan. Terlebih ketika memilih barang dengan kualitas terbaik. Agar rumah yang dibangun lebih kokoh, mari gunakan kerangka dengan harga rangka hollow terbaik. Ikuti tips membangun rumah dengan dana terbatas di atas dan Anda pun bisa mewujudkan rumah impian!

Recent Articles