indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Macam Model Kanopi Baja Ringan untuk Garasi Rumah

Garasi adalah bagian rumah yang sering terlewatkan. Dalam proses pembangunan rumah pun bagian ini sering disepelekan. Akibatnya, garasi pun dibuat asal jadi tanpa memerhatikan estetikadan fungsi utamanya. Padahal, tanpa adanya garasi yang baik, risiko kendaraan Anda kotor atau bahkan rusak semakin tinggi.

Jika Anda memang bingung dalam merancang kanopi untuk garasi rumah, berikut ini beberapa inspirasi model kanopi baja ringan yang bisa ditiru.

Umumnya, banyak rumah yang sudah memakai kanopi baja ringan karena kualitasnya dan harga yang sangat murah. Kanopi ini kerap dipasang di sisi rumah, teras, maupun sebagai atap garasi. Intip yuk 4 model kanopi dari baja ringan untuk garasi yang Anda ketahui.

Jenis baja ringan untuk garasi rumah

Sebelum membahas tentang model kanopi garasi rumah, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis baja ringan yang memang bisa digunakan untuk membangun garasi rumah. Sekarang ini memang ada beberapa jenis baja ringan yang diproduksi untuk keperluan pembangunan rumah. Jadi, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan serta bujet.

Berikut ini beberapa jenis baja ringan yang cocok untuk kanopi garasi rumah.

  • Baja ringan bondek
    Baja ringan bondek merupakan jenis baja ringan yang paling sering digunakan untuk menyusun struktur kanopi garasi rumah. Ini karena baja ringan bondek memberikan hasil akhir yang rapi. Selain itu, bondek juga awet karena tahan api dan karat.
     
  • Baja ringans pandek
    Jenis baja ringan berikutnya adalah bajar ringan spandek. Ciri khas baja ringan spandek adalah tampilannya yang bergelombang. Hal ini membuat spandek tidak hanya cocok dijadikan atap tetapi juga penutup dinding. Baja ringan spandek cocok untuk Anda yang menginginkan hasil akhir nan unik.
     
  • Baja ringan truss
    Terakhir ada baja ringan truss. Baja ringan truss tersusun atas campuran seng dan alumunium. Setelah kedua bahan tersebut dicampur dan dibentuk, kemudian dilapisi dengan anti-karat silikon. Kandungan tersebut membuat baja ringan truss mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca.

Model  kanopi baja untuk garasi rumah

Sekarang mari membahas topik utamanya, yakni tentang model kanopi baja untuk garasi rumah. Di sini akan dibahas 4 model kanopi baja yang cocok untuk garasi hunian Anda.

Model sederhana

Model pertama adalah model sederhana. Model ini cocok untuk bangunan rumah bertipe 36 atau 45. Anda bisa memberikan dua kaki penyangga kanopi. Jika dirasa kurang, Anda bisa menambahkan dua kaki penyangga. Biasanya model ini menggunakan perpaduan material polycarbonate serta galvalum.

Model membrane

Bagi Anda yang ingin tampilan garasi yang tidak biasa, material membrane bisa dijadikan pilihan. Berbeda dengan galvalum atau polycarbonate, membrane lebih fleksibel karena bentuknya yang menyerupai kain tebal. Selain itu, membrane memiliki beragam pilihan warna sehingga Anda bisa berulang kali mengubahnya sesuai selera.

Model kanopi gantung

Jika bujet Anda terbatas, model kanopi gantung ini bisa dicoba. Berbeda dengan model kanopi sederhana dan model membrane yang membutuhkan kaki penyangga, model kanopi gantung ini cukup memanfaatkan dinding rumah sebagai penyangga.

Model tanaman gantung

Ingin rumah terlihat lebih asri namun lahan terbatas untuk membuat taman? Anda bisa memanfaatkan kanopi garasi rumah sebagai ‘taman’. Buat rangka kanopi di satus isi saja dan biarkan atap terbuka. Pada bagian terbuka ini Anda bisa menanam tanaman merambat seperti lee kwan yew. Biarkan tanaman tumbuh hingga menjadi atap alami garasi rumah Anda.

Baca Juga : Bagian-bagian Konstruksi Bangunan yang Harus Ada pada Hunian Anda

Anda juga bisa bereksperimen dengan mengombinasikan dua material atau lebih. Misalnya memadukan baja ringan dengan kayu sebagai atap kanopi. Sesuaikan model garasi dengan kebutuhan agar bujet yang Anda keluarkan tidak sia-sia nantinya.

You May Also Like