indosteger@gmail.com   +62818716828

Rincian Biaya Membuat Kamar Mezzanine

Media
28 Feb 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Dalam artikel ini, kami akan membahas rincian biaya membuat kamar mezzanine. Mezzanine sendiri adalah lantai atau ruangan tambahan yang berada di antara atap dan lantai bawah. Bisa dikatakan, mezzanine adalah balkon yang ada di dalam ruangan. Biasanya, mezzanine mengambil sepertiga luas ruangan yang digunakan. Mezzanine adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin menambah ruangan di rumah yang berukuran tidak begitu besar. Konsep rumah dengan lantai mezzanine sudah banyak diterapkan di rumah-rumah bertipe kecil pada masa kini. Jika kamu tertarik untuk membangun lantai mezzanine di rumah, berikut adalah penjelasan biaya membuat kamar mezzanine.

Rincian Pembuatan Lantai Mezzanine

Apabila kamu sudah memutuskan untuk membangun lantai mezzanine di rumah, berikut adalah penjelasan total biayanya yang dilansir dari akun YouTube Property Asyik:

1. Rangka Lantai Mezzanine

Ruangan yang biasanya dibagun sebagai kamar mezzanine umumnya memiliki ketinggian 5 m, dengan ketinggian ke lantai bawah 2.75 m dan ketinggian dari lantai mezzanine ke plafon atas 2.25 m. Namun, Anda masih bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar.

Rangka yang digunakan untuk pembuatan lantai mezzanine ini adalah rangka besi galvanis dengan ukuran 4 m x 6 m dengan ketebalan 1.8 m. Harga dari rangka besi galvanis tersebut adalah Rp550.000 per meternya. Jadi, untuk biaya rangka yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp3,5 juta.

Baca Juga: 4 Kelebihan Besi Galvanis Untuk Konstruksi Bangunan

2. Tangga Penghubung Untuk Lantai Mezzanine

Tangga yang digunakan di sini memiliki ukuran 3 meter. Untuk pijakan tangga, Anda bisa menggunakan plat besi border. Railing dari tangganya sendiri juga berukuran 3 meter.

Biaya pembuatan tangga sendiri mencapai Rp400.000 per meternya, sehingga total biaya yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp1,2 juta. Lalu untuk biaya railing dari tangga mencapai Rp300.000 per meter, sehingga total biaya untuk pembuatan railing adalah Rp900.000.

Jadi, untuk pembuatan tangga penghubung lantai mezzanine ini, Anda kurang lebih harus mengeluarkan mengeluarkan biaya dengan total Rp2,1 juta.

3. Pagar Penutup Mezzanine

Agar keamanan di lantai mezzanine terjamin, kamu juga harus menambahkan pagar penutupnya. Pagar yang digunakan di lantainya berukuran 2.8 meter, dan pagar yang berada di dekat tangga berukuran 1.6 meter.

Dengan harga pembuatan pagar yang mencapai Rp200.000 per meter, total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan pagar penutup adalah sekitar Rp880.000.

4. Alas Mezzanine

Mezzanine membutuhkan lantai yang kokoh agar aman dan tidak roboh karena kamu pasti akan melakukan banyak aktivitas di sana. Agar lantai mezzanine kokoh, lantai mezzanine memerlukan alas. Alasnya sendiri bisa menggunakan triplek yang tebal.

Untuk alas, Anda bisa menggunakan adalah triplek dengan ketebalan 1.8 meter. Harga triplek dengan ketebalan tersebut adalah Rp300.000 per buah. Lalu, total lantai mezzanine di sini mencapai 6.4 meter. Dengan lantai dengan luas tersebut, total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan alas mezzanine adalah sekitar Rp1,9 juta.

5. Vinyl Lantai Mezzanine

Tentu saja lantai dari mezzanine tidak dibiarkan polos begitu saja, lantai tersebut harus diberi vinyl agar bisa lebih nyaman. Untuk ukuran lantai seperti di atas, akan menghabiskan sekitar 35 buah vinyl dengan ukuran 60 m x 60 m.

Untuk harga dari vinyl tersebut mencapai Rp17.700 per buahnya. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk vinyl mencapai Rp 619.500.

6. Plafon di Bawah Lantai Mezzanine

Jangan lupa untuk membuat plafon di bawah dengan kenyamanan jika kamu harus melewati lantai bawah tersebut. Biaya untuk plafon umumnya bisa mencapai Rp500 ribu.

7. Biaya Pengerjaan

Kalau Anda misalnya tidak dapat membangun kamar mezzanine Anda sendiri, maka Anda harus menyewa tukang yang berarti Anda juga harus menghitung biaya pengerjaan saat menghitung biaya membuat lantai mezzanine untuk kamar.

Berapa biaya untuk menyewa tukang?

Hal ini tentu tergantung pada daerah serta seberapa pengalaman tukang yang Anda sewa. Namun, umumnya Anda bisa mendapatkan tukang yang bagus dengan harga 150 hingga 250 ribu perharinya.

8. Biaya Lain-lain

Biaya lain-lain adalah biaya yang harus Anda sediakan sebagai biaya tidak terduga. Misalnya, ketika Anda butuh membeli alat atau material secara dadakan.

Lalu, berapa besaran biaya darurat yang harus Anda persiapkan?

Idealnya, besaran biaya dadakan Anda adalah 10% dari total biaya Anda. Jadi, jika total biaya membangun kamar mezzanine Anda ada di angka 10 juta, maka biaya dadakan yang harus Anda persiapkan adalah 1 juta.

Itulah rincian biaya membuat kamar mezzanine yang dapat kamu jadikan panduan. Kurang lebih kamu membutuhkan Rp9.649.500 atau Rp10.614.450 jika Anda mempersiapkan dana darurat, untuk membuat kamar mezzanine. Angka tersebut tentu dapat berubah, baik lebih mahal atau murah, tergantung dengan bahan dan material yang kamu pilih.

Apabila kamu tertarik membuat kamar mezzanine, kamu bisa membeli rangka besi galvanis di Indosteger. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website resmi kami. Semoga rincian biaya membuat kamar mezzanine ini dapat membantu kamu. 

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb