indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Itu Mezzanine dan Fungsinya

Mezzanine adalah solusi ruangan tambahan yang bisa kamu gunakan untuk banyak hal serta bisa dibangun tanpa harus menambah lantai rumah. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu mezzanine, manfaat dari mezzanine, dan hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membangun mezzanine.

Apa Itu Mezzanine?

Banyak yang mengira jika mezzanine adalah bagian dari langit-langit rumah. Pemikiran seperti itu cukup wajar, karena mezzanine bisa dikatakan seperti balkon yang ada di dalam ruangan. Mezzanine sendiri adalah sebuah ‘lantai’ tambahan yang berada di antara lantai atas dan lantai bawah. Mezzanine biasanya memiliki luas sepertiga dari ruangan di mana mezzanine dibangun.

Pada awalnya, mezzanine lebih sering digunakan pada bangunan gudang dan pabrik karena bangunan seperti itu biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi. Dalam bangunan seperti itu juga, jika ingin menambah lantai, lebih mudah dan hemat jika membuat mezzanine sementara atau semi permanen sehingga mudah dimodifikasi. Namun kini mezzanine sering digunakan di hunian rumah modern, apartemen, hotel, bahkan gedung perkantoran dan gereja juga.

Manfaat dari Mezzanine

Jika kamu ingin menambah ruangan di rumah namun tidak memiliki lahan yang cukup, menerapkan mezzanine merupakan salah satu solusi yang tepat. Kamu bisa memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional.

Di hunian yang sudah modern, mezzanine tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan. Berikut adalah beberapa manfaat dari penerapan mezzanine di rumah:

  • Mezzanine memungkinkan kamu untuk mendapatkan ruang tambahan dengan biaya yang tidak begitu besar. Dibandingkan merenovasi rumah untuk membangun ruang tambahan, membangun mezzanine dan memaksimalkan area yang tidak terpakai di rumah tidak akan memakan terlalu banyak biaya.

  • Mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang kerja, studio, ruang bersantai, ruang anak-anak, dan lain sebagainya. Opsi desain mezzanine yang fleksibel memungkinkan kamu menggunakan mezzanine untuk berbagai keperluan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Mezzanine

Sebelum memutuskan untuk membangun mezzanine di dalam rumah, sebaiknya kamu perhatikan dan pertimbangkan hal-hal yang ada di bawah ini:

1. Luas Ruangan

Biasanya mezzanine menghabiskan sepertiga luas ruangan. Oleh karena itu, pastikan luas ruangan yang ingin digunakan cukup, sehingga mezzanine tidak membuat ruangan tersebut menjadi sempit.

2. Fungsi

Setelah mengetahui luas ruangan yang akan dibangun mezzanine, selanjutnya kamu harus menentukan fungsi dari mezzanine tersebut. Kamu bisa memanfaatkan lantai mezzanine tersebut sebagai kamar anak, ruang kerja, studio, maupun ruang bersantai jika areanya cukup luas. Jika luasnya terbatas, lantai tambahan ini bisa kamu gunakan sebagai perpustakaan, sudut baca, atau ruang penyimpanan.

3. Tinggi dan Pencahayaan

Selain luas ruangan, tinggi ruangan juga perlu kamu perhatikan. Tinggi minimal ruangan tempat mezzanine dibangun harus sekitar 440 cm, karena mezzanine akan mengambil sekitar 210 cm dari bagian ruangan termasuk langit-langit. Selain itu, ruangan atau area di bagian bawahnya akan memiliki langit-langit yang rendah. Agar aktivitas di bagian bawah mezzanine tidak menjadi terbatas, berikan pencahayaan yang cukup dan tambahkan kipas angin jika diperlukan.

4. Material

Ada empat material yang dapat digunakan untuk membuat lantai mezzanine, yaitu besi, beton, baja, dan kayu. Apapun material yang dipilih, sesuaikanlah dengan interior rumah agar hunian tetap terlihat indah dan selaras.

Jika kamu ingin membangun mezzanine dan membutuhkan besi yang kokoh dan tahan karat untuk konstruksinya. Kamu bisa mendapatkannya di Indosteger. Kunjungi website resmi kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga mezzanine adalah jawaban untuk kamu yang ingin menambah ruangan di rumah.

Recent Articles