indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Memasang Wallpaper Plafon Rumah dengan Tepat

Ada berbagai cara memasang wallpaper plafon rumah. Dengan dekorasi yang berbeda, rumah Anda akan terlihat lebih mewah ketika memasang wallpaper di bagian plafon. Seperti yang diketahui, wallpaper untuk interior rumah cenderung dipasang di bagian dinding. Namun sebenarnya Anda juga dapat memasangnya di bagian plafon. Penasaran ingin tahu caranya? Simak informasi selengkapnya bersama Indosteger di bawah ini.

Bagaimana Cara Memasang Wallpaper Plafon Rumah Dengan Tepat?

Sebelum memulai proses memasang wallpaper plafon rumah, ada beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan, yaitu:

  • Wallpaper
  • Lem
  • Kape 
  • Meteran dan penggaris
  • Kuas dan roller
  • Cutter
  • Tangga
  • Ember untuk tempat mencampurkan lem

Jika seluruh peralatan di atas sudah Anda punya, kini saatnya memulai pemasangan wallpaper plafon rumah.

1. Ukur Bidang Plafon

Anda harus mengukur berapa panjang dan lebar plafon yang akan dipasang wallpaper dengan tepat. Jangan sampai ada kesalahan pengukuran karena dapat berakibat fatal. 

Baca Juga: Tips Memilih dan Pemasangan Motif Plafon Minimalis

Anda disarankan untuk melebihkan sekitar 2,5 cm di setiap sisi agar dapat menghindari kesalahan pengukuran atau pemotongan pada saat proses pemasangan.

2. Membersihkan Plafon

Kita tahu bahwa permukaan plafon rumah pasti tidak pernah dibersihkan. Namun untuk memasang wallpaper di plafon, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu dari kotoran dan debu.

Jika masih ada kotoran yang menempel di plafon, maka dapat membuat wallpaper yang telah dipasang malah menonjol. Bila ada permukaan plafon yang ternyata menonjol sedikit, ratakan dengan kape. 

3. Memotong Wallpaper

Ukuran bidang plafon yang akan dipasang wallpaper sudah Anda dapatkan. Berarti kini saatnya memotong wallpaper plafon. Gunakan cutter untuk memotong wallpaper yang sudah dibeli. 

Perlu diingat, jika wallpaper yang Anda beli memiliki motif dengan aturan tersendiri, pastikan untuk menyesuaikan polanya sebelum dipotong. Jangan sampai pemotongan wallpaper yang memiliki motif ini terkesan berantakan. Alih-alih mendapatkan wallpaper yang berkelas, aturan motifnya malah tidak diikuti hingga tidak terlihat bagus. 

Kemudian Anda dapat menandai potongan wallpaper tersebut agar semakin mudah untuk dipasang.

4. Memasangkan Lem

Dalam mengoleskan lem wallpaper, ada dua bagian yang Anda harus berikan lem, yakni wallpaper dan plafon itu sendiri. Anda bisa membuat bubur lem wallpaper, lalu oleskan ke bagian belakang wallpaper. Pola pengolesan lem wallpaper bisa dimulai dari arah tengah ke pinggir menggunakan bantuan roller.

Untuk pemasangan lem di bagian plafon, Anda bisa melapisi seluruh bagian dengan bubur lem. Namun jangan sampai ada bagian yang memiliki lapisan lem terlalu lebar karena dapat membuat wallpaper yang telah dipasang terlihat menonjol.

5. Pasang Wallpaper Plafon

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah memasang wallpaper plafon. Sebelum itu, pastikan lapisan lem sudah merata tanpa ada bagian yang kelebihan lem. Angkat ujung wallpaper lalu tempel di bagian sudut plafon ruangan. Ya, Anda harus memulai proses pemasangan dari bagian sudut ruangan terlebih dahulu.

Proses pemasangan wallpaper plafon sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain. Khususnya untuk menahan ujung wallpaper agar tidak bergeser ketika sisi lainnya dipasang. 

Kemudian Anda bisa menggunakan kape untuk meratakan lem dan merapikan wallpaper. Penggunaan kape juga dimaksudkan untuk dapat menghilangkan gelembung udara di bagian dalam wallpaper. Gelembung udara yang masih terperangkap di dalam wallpaper dapat membuatnya tidak merekat.

Jadi itulah penjelasan tentang proses pemasangan wallpaper untuk plafon rumah. Untuk memudahkan proses pemasangan wallpaper di bagian plafon, Anda dapat memanfaatkan layanan sewa steger dari Indosteger. Menggunakan steger dari Indosteger dapat memudahkan proses pemasangan. Dengan begitu cara memasang wallpaper plafon yang diberikan di atas dapat Anda praktikkan dengan lebih tepat.

Recent Articles