indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis-jenis Tangga di Dalam Rumah Minimalis

Tangga adalah salah satu alat rumah tangga yang wajib dimiliki. Fungsinya pun beragam, mulai dari alat bantu untuk mengganti bola lampu, mengecat ruangan, mengisi token listrik, hingga mengambil barang dari tempat penyimpanan yang tinggi. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis tangga yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda? Untuk lebih detailnya, simak penjelasan di bawah ini.

Tangga lipat teropong

Tangga lipat teropong adalah salah satu jenis tangga lipat yang paling umum. Tangga lipat teropong bisa dilipat terbuka membentuk huruf V terbalik, atau dilipat menyatu seperti huruf I agar tangga menjadi lebih tinggi. Umumnya tinggi tangga lipat teropong bisa mencapai 4 meter.

Selain versi manual, beberapa jenis tangga ini sudah ada yang dapat dilipat ke atas atau ke bawah. Ada juga yang versi mekanik khusus dimana Anda hanya butuh satu gerakan melipat untuk membuka dan menutup tangga, tanpa harus menutup atau melipat satu per satu bagiannya. Jenis tangga lipat teropong ini jauh lebih praktis dibanding versi manualnya.

Tangga lipat ganda

Tangga lipat ganda ini dikenal juga dengan sebutan stretch. Jenis tangga yang satu ini tidak perlu Anda sandarkan ke dinding saat akan digunakan karena memiliki tempat pijak di bagian tengahnya untuk Anda dapat berdiri. Bentuknya mirip tangga pada umumnya, namun memiliki besi tumpi di salah satu sisinya.

Tidak hanya tersedia dalam satu pilihan ukuran, jenis tangga lipat ganda ini tersedia dengan tinggi dari 1,5 meter hingga 6 meter. Untuk lebarnya, pilihannya berkisar antara 30 hingga 35 cm. Sementara untuk jarak antar anak tangganya sepanjang 25 hingga 30 cm. Tangga ini umumnya dibuat dengan bahan aluminium, jadi bobotnya pun ringan.

Tangga lipat hybrid

Tangga lipat hybrid dinilai inovatif karena bisa dilipat sehingga dapat menghemat ruang, namun tetap bisa digunakan untuk menghubungkan satu lantai dengan lantai lain dalam sebuah bangunan. Sifatnya yang minimalis membuat tangga lipat hybrid biasa ditemukan di bangunan-bangunan yang tidak memiliki area yang luas.

Bahan serta ukuran dari tangga lipat hybrid ini juga beragam, semua tergantung kebutuhan dari ruang atau bangunan dimana tangga lipat ini akan dipasangkan. Inovasi ini pertama kali dikembangkan oleh Bcompact, sebuah perusahaan arsitektural dari Amerika Serikat yang berfokus pada inovasi-inovasi arsitektur minimalis.

Step ladder

Jenis tangga yang berikutnya ini relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis tangga lainnya. Seperti namanya, step ladder ini dibuat untuk fungsi-fungsi sederhana seperti mengambil barang dari rak atau lemari yang cukup tinggi. Step ladder memiliki jumlah anak tangga yang sedikit, hanya satu hingga empat anak tangga.

Karena bentuknya yang relatif kecil, step ladder jauh lebih praktis dan mudah untuk dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Selain di rumah, step ladder bisa Anda temui pada rumah makan yang tidak menyediakan wastafel cuci tangan khusus untuk anak. Step ladder digunakan untuk membantu anak agar dapat menjangkau wastafel yang tinggi baginya.

Tangga scaffolding

Tangga lipat multifungsi untuk keperluan rumahan ini juga dikenal sebagai jenis tangga scaffolding. Disebut tangga scaffolding karena bentuknya yang mengambil konsep dasar dari steger yang biasa dipakai untuk pengerjaan konstruksi bangunan. Penggunaan tangga scaffolding tidak perlu disandarkan ke dinding, Anda hanya perlu melipatnya dengan berbagai jenis sudut lipatan.

Beberapa jenis tangga scaffolding juga hadir dengan inovasi yang membuat jenis tangga ini mudah disimpan. Jenis tangga ini bisa menahan bobot beban hingga 100 kg. Tinggi tangganya pun bervariasi sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 3 meter hingga 12 meter.

Biasa digunakan saat melakukan renovasi skala kecil di rumah, tangga scaffolding ini umumnya dijual dengan kisaran harga Rp 1,4 juta per itemnya. Namun jika Anda hanya membutuhkan jenis tangga scaffolding ini pada saat tertentu saja, tidak ada salahnya menyewa alih-alih membeli. Untuk menyewa tangga scaffolding ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi Indosteger. Cari tahu tangga scaffolding yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Jual dan sewa Scaffolding menjadi lebih mudah, karena Indosteger melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

Recent Articles