indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis-jenis Tangga di Dalam Rumah Minimalis

Tangga kini telah menjadi alat yang sangat penting dalam sebuah rumah. Dengan seiring menigkatnya tren membangun rumah yang bertingkat, pemilihan jenis dan model tangga kini telah semakin diperhatikan oleh banyak orang.

Dengan semakin banyaknya jenis dan model tangga yang dapat dipilih, Anda mungkin merasa kebingunan tentang tangga apa yang tepat dengan kebutuhan rumah Anda. Berikut adalah jenis-jenis tangga yang dapat Anda perhitungkan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
 

Model-Model Tangga Untuk Rumah Anda

Di jaman ini, tangga rumah merupakan sebuah elemen yang sudah hampir tidak bisa dipisahkan dalam desain rumah, khususnya desain-desian rumah di daerah kota yang umumnya menggunakan desain minimalis.

Setiap jenis tangga memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing. Ada desain tangga yang muncul dari kreativitas orang-orang untuk mengakali jumlah lahan yang semakin terbatas, ada juga yang muncul untuk memanfaatkan lahan yang luas. Berikut adalah beberapa jenis tangga yang dapat Anda gunakan pada rumah Anda.
 

1. Tangga Lurus

Sesuai namanya, tangga ini memiliki bentuk yang lurus tanpa belokan. Model tangga ini juga sering disebut one wall stair. Ada juga variasi dari tangga lurus yang memiliki tempat istirahat, atau sering disebut bordes. Karena sifatnya yang memanjang, jenis tangga ini sering dijadikan tangga rumah untuk rumah yang berukuran besar.
 

2. Tangga Bentuk L

Model tangga ini dapat dikatakan sebagai variasi model tangga lurus. Bentuk tangga model L menyerupai huruf L yang berbelok ke satu arah. Model tangga ini sering ditemukan di hunian yang lebih minimalis karena bentuknya yang membentuk sudut sehingga dapat lebih menghemat tempat.
 

3. Tangga Spiral

Model tangga satu ini sangat cocok untuk Anda yang benar-benar tidak punya lahan lagi untuk menempatkan tangga pada rumah Anda. Mengapa demikian? Karena model tangga satu ini umumnya hanya membutuhkan area 1.5m x 1.5m untuk penempatannya.

Karena bentuknya yang melengkung, model tangga spiral umumnya dibuat dari bahan besi atau bahan-bahan lain yang mudah dibengkokkan. Anda juga dapat menambahkan sentuhan kaca untuk membaut desain tangga spiral di rumah Anda semakin cantik.
 

4. Tangga Melingkar

Model tangga ini dapat dikatakan sebagai versi lebih mewah daripada tangga spiral. Tangga melingkar memiliki bentuk yang hampir serupa dengan tangga berbentuk spiral. Bedanya, dengan memiliki ukuran tangga yang  jauh lebih besar serta umumnya memiliki ornamen untuk mempercantik pegangan hingga anak tangganya. Tangga jenis ini biasanya ditemukan pada desain rumah-rumah klasik atau mewah.
 

5. Tangga Berbalik Arah

Bentuk tangga satu ini menyerupai huruf U. Serupa dengan tangga rumah jenis L, desain tangga berbalik arah juga sering digunakan pada rumah yang memiliki keterbatasan lahan. Bentuk tangganya juga menawarkan banyak ruang kosong di bawah anak tangga yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Sangat cocok digunakan untuk desain rumah minimalis.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tangga
 

Tangga Untuk Kebutuhan Rumah

Ketika membicarakan tangga rumah, yang muncul di benak kebanyakan orang adalah jenis-jenis tangga yang telah di bahas di atas. Tetapi, sebenarnya Anda juga membutuhkan jenis tangga lain untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda. Tangga yang dimaksud adalah tangga tukang.

Anda mungkin pernah melihat jenis tangga yang digunakan oleh para tukang bangunan. Anda membutuhkan tangga-tangga jenis seperti itu untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda, seperti mengganti bola lampu, mengecat ruangan, hingga menaruh dan mengambil barang dari tempat tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis tangga untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda.
 

6. Tangga Lipat Teropong

Tangga lipat teropong adalah salah satu jenis tangga lipat yang paling umum. Tangga lipat teropong bisa dilipat terbuka membentuk huruf V terbalik, atau dilipat menyatu seperti huruf I agar tangga menjadi lebih tinggi. Umumnya tinggi tangga lipat teropong bisa mencapai 4 meter.

Selain versi manual, beberapa jenis tangga ini sudah ada yang dapat dilipat ke atas atau ke bawah. Ada juga yang versi mekanik khusus dimana Anda hanya butuh satu gerakan melipat untuk membuka dan menutup tangga, tanpa harus menutup atau melipat satu per satu bagiannya. Jenis tangga lipat teropong ini jauh lebih praktis dibanding versi manualnya.
 

7. Tangga Lipat Ganda

Tangga lipat ganda ini dikenal juga dengan sebutan stretch. Jenis tangga yang satu ini tidak perlu Anda sandarkan ke dinding saat akan digunakan karena memiliki tempat pijak di bagian tengahnya untuk Anda dapat berdiri. Bentuknya mirip tangga pada umumnya, namun memiliki besi tumpi di salah satu sisinya.

Tidak hanya tersedia dalam satu pilihan ukuran, jenis tangga lipat ganda ini tersedia dengan tinggi dari 1,5 meter hingga 6 meter. Untuk lebarnya, pilihannya berkisar antara 30 hingga 35 cm. Sementara untuk jarak antar anak tangganya sepanjang 25 hingga 30 cm. Tangga ini umumnya dibuat dengan bahan aluminium, jadi bobotnya pun ringan.
 

8. Tangga Lipat Hybrid

Tangga lipat hybrid dinilai inovatif karena bisa dilipat sehingga dapat menghemat ruang, namun tetap bisa digunakan untuk menghubungkan satu lantai dengan lantai lain dalam sebuah bangunan. Sifatnya yang minimalis membuat tangga lipat hybrid biasa ditemukan di bangunan-bangunan yang tidak memiliki area yang luas.

Bahan serta ukuran dari tangga lipat hybrid ini juga beragam, semua tergantung kebutuhan dari ruang atau bangunan dimana tangga lipat ini akan dipasangkan. Inovasi ini pertama kali dikembangkan oleh Bcompact, sebuah perusahaan arsitektural dari Amerika Serikat yang berfokus pada inovasi-inovasi arsitektur minimalis.
 

9. Step Ladder

Jenis tangga yang berikutnya ini relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis tangga lainnya. Seperti namanya, step ladder ini dibuat untuk fungsi-fungsi sederhana seperti mengambil barang dari rak atau lemari yang cukup tinggi. Step ladder memiliki jumlah anak tangga yang sedikit, hanya satu hingga empat anak tangga.

Karena bentuknya yang relatif kecil, step ladder jauh lebih praktis dan mudah untuk dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Selain di rumah, step ladder bisa Anda temui pada rumah makan yang tidak menyediakan wastafel cuci tangan khusus untuk anak. Step ladder digunakan untuk membantu anak agar dapat menjangkau wastafel yang tinggi baginya.
 

10. Tangga Scaffolding

Tangga lipat multifungsi untuk keperluan rumahan ini juga dikenal sebagai jenis tangga scaffolding. Disebut tangga scaffolding karena bentuknya yang mengambil konsep dasar dari steger yang biasa dipakai untuk pengerjaan konstruksi bangunan. Penggunaan tangga scaffolding tidak perlu disandarkan ke dinding, Anda hanya perlu melipatnya dengan berbagai jenis sudut lipatan.

Beberapa jenis tangga scaffolding juga hadir dengan inovasi yang membuat jenis tangga ini mudah disimpan. Jenis tangga ini bisa menahan bobot beban hingga 100 kg. Tinggi tangganya pun bervariasi sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 3 meter hingga 12 meter.

Biasa digunakan saat melakukan renovasi skala kecil di rumah, tangga scaffolding ini umumnya dijual dengan kisaran harga Rp 1,4 juta per itemnya. Namun jika Anda hanya membutuhkan jenis tangga scaffolding ini pada saat tertentu saja, tidak ada salahnya menyewa alih-alih membeli. 

Untuk menyewa tangga scaffolding ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi Indosteger. Cari tahu tangga scaffolding yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Jual dan sewa Scaffolding menjadi lebih mudah, karena Indosteger melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

Itulah dia beberapa jenis-jenis tangga yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda. Setiap tangga, baik tangga rumah atau tangga tukang, memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing. Ketahui desain dan kebutuhan rumah Anda dengan baik untuk memastikan Anda memilih jenis tangga yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghitung Sudut Kemiringan Tangga

Recent Articles