indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Tips Memilih dan Pemasangan Motif Plafon Minimalis

Plafon minimalis belakangan jadi opsi yang diambil sebagian besar orang saat membangun rumah atau kantor. Motif plafon minimalis dirasa dapat menghadirkan nuansa simple namun elegan untuk gaya bangunan mereka. Berikut beberapa tips memilih serta memasang motif plafon minimalis yang bisa Anda coba.
 

Tips memilih motif plafon minimalis

Untuk memilih motif plafon minimalis, ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan agar pilihan plafon yang anda Ambil sesuai dengan budget dan gaya Anda.
 

1. Pertimbangkan bahan material plafon

Saat akan memilih motif plafon minimalis, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu jenis bahan material plafon tersebut. Sesuaikan material dengan struktur bangunan rumah, kantor, atau ruangan tersebut. 

Plafon gypsum dengan kombinasi dinding beton yang memiliki tampilan modern dan mewah, atau plafon berbahan kayu untuk sentuhan yang lebih tradisional dan natural. Ada juga bahan Glassfibre Reinforced Cement yang mirip beton namun teksturnya lebih ringan. Untuk plafon ruang-ruang kecil, Anda bisa menggunakan bahan tripleks tebal. Untuk rumah-rumah modern, Anda juga bisa menggunakan plafon PVC untuk mempercantik rumah Anda.
 

2. Cari Inspirasi

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif, Anda bisa mencari inspirasi dengan meoihat desain plafon minimalis terbaru yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Bisa jadi Anda menemukan model plafon rumah minimalis yang cantik yang bisa Anda jadikan patokan dalam memilih dan menerapkan plafon minimalis di ruangan yang Anda inginkan.

Dalam mencari inspirasi, Anda bisa mencatat beberapa hal. Misalnya, Anda bisa mencatat bentuk dan unsur motif dari plafon yang Anda temukan menarik. Lalu Anda juga bisa mencari berdasarkan konteks. Misalnya, Anda mencari contoh penggunaan plafon minimalis di ruang keluarga atau kamar tidur. Hal ini untuk membantu pencarian Anda lebih spesifik dan tepat sasaran.
 

3. Sesuaikan Tema Warna Ruang

Saat memilih motif plafon minimalis, Anda harus mengingat kembali tema warna ruang yang akan diterapkan. Konsep utama dari gaya interior minimalis adalah menciptakan keselarasan yang tidak banyak melibatkan elemen yang terlalu berbeda, jadi jangan sampai motif yang Anda pilih justru bertabrakan dengan warna ruang Anda.

Motif grafik atau garis plafon akan cocok jika dipadukan dengan warna kontras seperti warna-warna monokrom. Sementara untuk motif plafon klasik tanpa batas atau garis bisa Anda padukan dengan warna apapun karena cenderung akan selalu cocok dengan semua tema warna.

Umumnya, plafon minimalis memiliki kecendrungan berwarna putih. Mengapa? Karena warna putih memiliki kesan simpel, elegan, dan sederhana. Selain itu, warna putih juga dapat dikombinasikan dengan baik relatif lebih mudah jika Anda ingin menambah interior lain di dalam ruangan.
 

4. Ukur Luas dan Dimensi Ruang

Seberapa luas ruangan tersebut, seberapa tinggi plafon dari lantai, lalu akan ada furnitur apa saja yang diletakkan di ruangan tersebut juga perlu jadi pertimbangan. Dimensi ruang akan membuat motif plafon minimalis yang Anda lihat di katalog produk sama sekali berbeda saat akhirnya dipasang. Oleh sebab itu penting untuk mengukur luas dan dimensi ruang Anda.
 

5. Pertimbangkan Pencahayaan Ruang

Sebelum ruangan akan dipasang plafon minimalis, temukan dan tandai terlebih dahulu dari mana saja titik yang memberikan sumber cahaya. Dimana Anda akan meletakkan lampu atau lampu seperti apa yang akan digunakan menjadi perhatian penting karena motif plafon minimalis akan memberikan kesan yang berbeda saat ruangan diterangi lampu yang terpasang di plafon.
 

6. Observasi Penyedia dan Harga

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah melakukan observasi terhadap fasilitas pendamping selain motif plafon minimalis itu sendiri. Cari tahu harganya, periksa juga apakah penyedia memberikan jasa antar dan pemasangan atau Anda perlu memasang sendiri. 

Jangan lupa untuk menanyakan apakah penyedia memiliki sistem garansi untuk plafon yang mereka jual. Hal-hal ini penting ditanyakan demi mendapatkan plafon minimalis yang berkualitas dan pas dengan budget yang Anda miliki.

Baca juga: Rangka Plafon Kayu Kaso Vs Besi Hollow Galvanis
 

Pemasangan Motif Plafon Minimalis

Untuk pemasangan plafon bermotif dengan model plafon minimalis, ada hal-hal lainnya yang juga harus Anda cermati. Tujuannya agar plafon minimalis yang Anda idam-idamkan terpasang sesuai dengan keinginan juga.
 

1. Gunakan Jasa Pekerja Bangunan

Jika tidak mendapatkan layanan pemasangan dari penyedia plafon, Anda dapat menggunakan jasa pekerja bangunan, apalagi jika Anda sendiri tidak memiliki pengalaman memasang plafon.
 

2. Komunikasikan Rencana Pemasangan Anda

Jangan lupa untuk mengkomunikasikan rencana pemasangan motif plafon minimalis Anda kepada para pekerja. Beritahu informasi penting yang dibutuhkan pekerja dengan jelas, seperti ruangan mana yang akan dipasang plafon minimalis tersebut. Berikan juga detail informasi soal ekspektasi Anda, seperti batas-batas pasang plafon atau posisinya.
 

3. Gunakan Pengaman Selama Pemasangan

Gunakan scaffolding birdcage atau perancah menggantung selama proses pemasangan plafon minimalis demi menjaga keamanan pekerja selama proses pemasangan plafon berlangsung. Scaffolding ini akan membantu membersihkan area langit-langit sebelum dipasang plafon, hingga ke proses finishing-nya.

Jika budget Anda pas-pasan, Anda tidak perlu membeli scaffolding birdcage ini. Karena hanya akan digunakan untuk pemasangan plafon, Anda dapat menyewanya. Salah satunya dengan menyewa scaffolding di Indosteger yang menyediakan scaffolding kokoh dan berkualitas untuk pengerjaan konstruksi yang dibutuhkan. Indosteger juga menjual Scaffolding ke luar daerah Jakarta. Cek selengkapnya di jual dan sewa scaffolding Indosteger 

Itulah dia beberapa tips dalam memilih motif plafon minimalis dan pemasangannya. Motif plafon kantor ataupun rumah yang minimalis dapat menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin membangun tampilan yang simpel dan elegan. Walaupun simpel, motif minimalis tetap dapat menjadi unik jika kamu dapat menggabungkannya dengan desain interior lain dalam ruangan tersebut.

Recent Articles