indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow Yang Mudah

Bagaimana sih cara membuat railing tangga besi hollow? Untuk yang belum mengetahuinya, pagar pembatas tangga atau biasa disebut railing tangga merupakan salah satu bagian yang selalu menempel pada tangga. Meski kini sudah banyak desain tangga tanpa sekat, namun mayoritas orang-orang tetap menggunakan railing untuk alasan keamanan.

Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Bagaimana Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow?

Ada beberapa pilihan bahan dasar yang digunakan untuk membuat railing tangga yaitu: kayu, kaca, logam, besi, dan beton. Untuk membuat railing tangga, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ukur Panjang Tangga

Jarak railing harus diukur dari anak tangga teratas ke anak tangga terbawah, sepanjang diagonalnya. Untuk pemasangan yang dipasang di dinding, tambahkan sekitar 5 hingga 10 cm di setiap ujungnya untuk digunakan sebagai returns (juga disebut ends) untuk dipegang orang selama penggunaan railing.

Baca Juga: Model Tangga Minimalis & Elegan

2. Tentukan Desain Railing

Jika Anda memasang railing untuk tangga yang ada di dalam ruangan, itu akan dipasang ke dinding di atas tangga.

  • Kayu adalah bahan yang paling umum digunakan untuk pegangan tangan dalam ruangan. Ini sangat kuat dan estetik, terutama railing tangga dari kayu ek. Kayu juga merupakan pilihan untuk pegangan di luar ruangan, tetapi rentan terhadap pembusukan di iklim yang sangat kering.

  • Kayu yang tidak diolah yang digunakan di dalam rumah harus dicat, atau dirawat dengan minyak, atau diwarnai dan ditutup dengan poliuretan. Jika merawatnya dengan minyak, gunakan minyak tung, minyak biji rami, atau produk yang berbahan dasar salah satu minyak tersebut. Hindari produk berbahan dasar air karena meskipun membuat kayu tahan air dan lembap, lama-kelamaan akan terkelupas dan terdegradasi.

  • Railing logam yang digunakan di dalam rumah bergaya dan kuat.

  • Railing sintetis dapat dibentuk dan dicetak sesuai kebutuhan gaya Anda dan bahkan dapat dibuat agar terlihat seperti kayu. Opsi ini mahal dibandingkan dengan opsi pegangan lainnya, tetapi juga lebih tahan lama.

3. Siapkan Material

Jika Anda sudah mengukur ukuran railing yang dibutuhkan dan menentukan desain dari railing tersebut, maka sekarang harus membeli material yang dibutuhkan. Sesuaikan material yang akan dibeli dengan dana yang Anda miliki, jangan sampai overbudget.

4. Pemasangan Railing

Untuk memasang railing, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Potong ujung railing Anda. Jika Anda tidak akan menggunakan returns (biasanya ada di ujung dari railing), potong railing secara miring, untuk membuat permukaan potongan vertikal. Ini mungkin terlalu sulit jika menggunakan gergaji tangan. Panjang yang tepat akan tergantung di mana braket berada, railing harus memanjang setidaknya 10 cm dari braket tetapi tidak lebih dari sekitar 25 cm.

  • Pasang braket. Gunakan stud finder untuk menemukan tepi yang tepat dari kancing dinding yang akan Anda pasang. Bor lubang pilot pertama untuk sekrup. Pasang ketiga sekrup ke stud dinding, salah satunya harus disekrup sedikit miring. Pasang braket di bagian atas dan bawah, dan atur rail di atasnya untuk menandai lokasi yang tepat dari braket yang tersisa. Ulangi sampai semua braket terpasang dengan aman.

  • Tempatkan railing di atas braket. Pegang railing pada posisinya di dinding di sepanjang garis kapur. Amankan pegangan tangan ke posisinya pada braket dengan menempatkan sekrup ke dalam lubang yang dibor di bagian bawah railing.

  • Pasang returns. Tempatkan tepi miring dari returns ke ujung rail. Ujung rata dari returns harus bersandar pada dinding, membentuk pegangan tangan. Gunakan lem kayu atau lem besi, sesuaikan dengan material yang Anda pilih, dan oleskan ke tepi yang dipotong sebelum mengamankan kembali ke rail. Tahan di tempatnya selama beberapa menit untuk memastikan terpasang dengan aman. Ulangi dengan returns lainnya di ujung rail yang lain.

Demikian cara membuat pegangan tangga yang dapat kami sampaikan. Jika Anda membutuhkan harga hollow baja ringan 4x4 per batang untuk pembuatan railing tangga di rumah, Anda bisa mendapatkannya di Indosteger sekarang juga!

Semoga artikel tentang cara membuat railing tangga besi hollow ini dapat membantu Anda.

Sumber:

https://www.wikihow.com/Build-a-Handrail

Recent Articles