indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Model Tangga Minimalis & Elegan

Apakah Anda sedang merancang sebuah hunian dengan konsep model tangga minimalis dan elegan? Apakah rumah tersebut akan terdiri dari dua lantai atau bahkan lebih? Kalau begitu, selain memikirkan pondasi kuat untuk dasar rumah, Anda juga perlu memutuskan desain tangga rumah minimalis untuk bagian interior rumah. Sebab, saat ini ada banyak model tangga untuk rumah berdesain minimalis, mulai dari berbentuk melingkar, lurus, hingga melayang.

Kemiringan tangga juga menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Supaya kekokohan bangunan dan tangga tetap terjaga. Untuk itu simak selengkapnya berbagai inspirasi desain tangga rumah minimalis dan elegan yang kamu tidak harus ribet mendesainnya!

Jenis-Jenis Desain Tangga Minimalis untuk Rumah Anda

Berikut pilihan jenis desain tangga rumah minimalis yang dapat Anda jadikan refrensi untuk mempercantik bangunan:

1. Tangga Heliks Bergaya Retro

Motif tangga rumah minimalis heliks bergaya retro ini sangatlah istimewa. Hal tersebut dikarenakan bentuk tangga model heliks memiliki bentuk meliuk yang sangat indah dan menawan. Anda bisa memainkan konsep perpaduan material dan warna untuk tampilan tangga yang menarik perhatian. 

Untuk gaya retro, biasanya material solid berwarna pekat akan digunakan sebagai railing. Lalu, kayu bermotif atau keramik mengkilap jadi anak tangganya. Tambahkan lampu di langit-langit agar semakin menampilkan kilau keramik tangga model heliks.

2.Tangga Kaca dan Spiral

Kalau Anda mau menampilkan model tangga minimalis yang seolah seperti aurora, maka gunakan jenis tangga putar atau spiral dan transparan. Untuk membuatnya transparan, Anda bisa menggunakan bahan kaca. Sentuhan kaca akan membuat desain tangga rumah satu ini berkesan minimalis modern.

Jadi, ketika tangga kaca diletakkan tepat di bawah jendela tempat masuknya sinar matahari, ia akan terlihat berkilauan dan menampilkan kesan mewah. Karena tangga berbentuk melingkar, maka sudah pasti Anda akan membutuhkan pagar tangga (blauster) dari material kaca dan pegangan tangga (railing) dari stainless steel. Tangga jenis melingkar dan transparan ini menampilkan pesona elegan.

Tangga spiral dan transparan ini sangat cocok untuk rumah yang tidak memiliki banyak ruang. Tangga yang dibentuk spiral akan dapat membantu Anda menghemat ruangan ketimbang harus membuat tangga yang lurus ke atas. Selain itu, deengan menggunakan desain tangga spiral, Anda tidak harus membangun tangga yang menempel pada dinding seperti tangga rumah pada umumnya.

Baca juga: Ukuran Tangga Rumah Minimalis Untuk Dekorasi Rumah Anda

3. Floating stairs

Desain tangga rumah minimalis berikutnya adalah Floating stairs atau tangga melayang yang kini banyak diterapkan pada desain rumah minimalis. Model tangga rumah minimalis ini terdiri dari beberapa pilihan, yaitu floating stairs dengan railing masif, floating stairs dengan pegangan menggantung, dan floating stairs tanpa railing sama sekali. Tangga jenis melayang ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin menambahkan kesan unik pada interior rumah Anda.

Untuk jenis terakhir, tumpuan anak tangga hanya berada di dinding tempatnya menempel. Konsep tangga melayang ini cocok Anda aplikasikan pada desain rumah minimalis yang mengusung konsep high-tech dan futuristik. Tambahkan lampu untuk menyorot anak tangga agar konsep modern semakin terasa. Modelnya yang minimalis membuat desain tangga rumah minimalis satu ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda benar-benar ingin menghemat ruang.

4. Tangga Modern denga Desain Industrial

Desain tangga rumah minimalis berikutnya adalah Tangga model industrial. Desain tangga rumah satu ini penuh dengan material besi di bagian pagar tangga sampai menutupi bagian ibu tangga. Unsur industrial bisa Anda tampilkan dari jeruji besi yang tersusun secara horizontal pada pagar tangga. Lalu, pada anak tangga, bisa pakai kayu untuk memperkokoh desainnya. Boleh juga kalau mau pakai serat kayu sebagai alternatif. Perpaduan besi dan kayu akan membuat tangga rumah Anda terlihat estetik.

Baca juga: Merk Tangga Teleskopik Terbaik dan Praktis

5. Tangga Kontemporer

Ciri khas model tangga minimalis kontemporer adalah pagar tangganya (blauster) yang berbahan kaca. Sedangkan bagian pegangan (railing) dan anak tangga dibuat dari material kayu oak agar tidak licin. Terkadang ada juga penambahan ambience lampu di anak tangga untuk memberikan kesan lebih minimalis.

Untuk penempatan, biasanya tangga kontemporer ditempel ke dinding dengan lebar tangga tidak terlalu luas. Terkait pilihan model, Anda memiliki dua pilihan: model lurus atau model L. Jika Anda memiliki ruang berlebih, Anda bisa menggunakan model lurus untuk menimbulkan kesan sederhana. Model L umumnya cocok untuk rumah minimalis yang tidak terlalu memiliki banyak ruang.

6. Tangga Lurus

Sesuai dengan namanya, jenis tangga rumah minimalis satu ini berbentuk memanjang lurus ke atas. Walaupun membutuhkan lahan atau ruang yang luas, Anda masih dapat menerapkan tangga lurus sebagai tangga rumah minimalis Anda dengan tetap memperhatikan sudut kemiringan tangga.

Sebagai sentuhan tambahan, Anda bisa menggunakan material kayu sebagai material tangga. Walaupun jarang digunakan, tangga kayu tetap digunakan sebagai tangga minimalis di rumah Anda. Tangga kayu akan dapat menambah nilai estetik rumah minimalis Anda dengan sentuhan alaminya.

7. Tangga Berbentuk Huruf U

Inspirasi berikutnya, Anda juga dapat menggunakan desain tangga rumah sempit sederhana berbentuk U di rumah Anda. Tidak seperti tangga lurus, tangga berbentuk huruf U dapat dibangun di tengah lahan atau ruang yang sempit.

8. Tangga tanpa handrail

Anda bisa memilih desain tangga tanpa handrail sebagai tangga di rumah minimalis Anda. Desain tangga ini sedikit berbeda dengan desain tangga rumah lainnya karena model tangga ini tidak memiliki pegangan tangan.

Untuk menggunakannya, pastikan tidak ada anak kecil yang berada di rumah Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. Pastikan juga tidak ada orang yang berkebutuhan khusus karena mereka akan sangat kesulitan untuk menggunakan jenis tangga ini.

9. Tangga kaca

Material kaca sendiri merupakan salah satu materi yang bersifat minimalis serta elegan. Anda dapat memastikan kalau tangga kaca minimalis Anda dapat menjadi pusat perhatian di ruangan.

Untuk mempertegas kesan elegannya, Anda bisa menambahkan lampu LED di bagian samping serta bawah tangga.

Sebelum memilih tangga ini, Anda harus tahu bahwa jenis tangga ini bisa menjadi sangat licin. Jadi pastikan bahwa tidak ada orang lanjut usia serta anak kecil di rumah Anda untuk meminimalisir kecelakaan.

10. Tangga ruang penyimpanan

Salah satu ciri dari desain minimalis adalah sifat multifungsi. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memanfaatkan setiap ruang yang ada dengan maksimal. Oleh karena itu, desain tangga ruang penyimpanan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memanfaatkan setiap ruang di rumah dengan maksimal.

Untuk menerapkan desain ini, Anda bisa mulai dengan mengubah sisi setiap anak tangga menjadi sebuah rak penyimpanan. Atau, Anda juga bisa membuat ruang di bawah tangga menjadi ruang penyimpanan kecil.

11. Tangga pelangi

Kesan minimalis tidak harus selalu identik dengan warna putih atau monokrom lainnya. Anda bisa menambahkan variasi warna pada interior rumah Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan desain tangga minimalis pelangi.

Seperti dengan namanya, Anda bisa menggunakan kombinasi warna pelangi pada desain tangga di rumah Anda.

12. Tangga semen

Semen mungkin bukanlah material yang identik dengan desain rumah minimalis. Namun, Anda dapat memanfaatkan material semen untuk membuat tangga rumah minimalis. Hal ini dapat memberikan kontras di dalam rumah, apalagi jika interior rumah Anda didominasi warna putih.

Tangga semen juga bersifat kasar yang berarti Anda dapat memastikan kalau tangga ini tidak akan mudah licin. Dengan begitu, orang-orang di dalam rumah dapat menggunakan tangga dengan aman dan nyaman.

13. Tangga emmental

Bagi Anda yang mencari tangga rumah yang unik, inspirasi desain tangga minimalis ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Tangga emmental terinpirasi dari keju emmental. Keju emmental sendiri memiliki banyak lubang-lubang di tubuhnya. Lubang-lubang itulah yang kemudian menjadi inspirasi untuk desain tangga rumah satu ini.

14. Tangga dengan perosotan

Bagi Anda yang memiliki buah hati, maka inspirasi desain tangga satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Desain tangga ini umumnya berbentuk spiral. Bedanya dengan tangga spiral biasa, Anda bisa menambahkan perosotan yang mengikuti bentuk tangga rumah Anda.

Itulah dia model tangga minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk mempercantik rumah idaman Anda. Pastikan Anda mengetahui kondisi dan struktur rumah Anda dengan baik sebelum memilih tangga untuk rumah Anda.

Model tangga minimalis saat ini banyak diminati karena memang simpel dan tidak banyak corak, sehingga cocok apabila diaplikasikan ke rumah bergaya minimalis dan modern. Apalagi material yang dibutuhkan seperti tangga scaffolding yang tidak sulit didapat, Anda bisa memesan materialnya secara online di Indosteger. 

Baca juga:  Memilih Material Tangga Tingkat Minimalis

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya