indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Begini Proses Pembuatan Septic Tanck dengan Buis Beton

Buis beton tidak hanya dapat digunakan untuk bahan konstruksi pada saluran pengairan. Buis beton juga dapat digunakan sebagai material untuk membuat septic tank. Berikut ini cara membuat septic tank menggunakan buis beton.

 

1. Membuat Perencanaan dan Persiapan Untuk Pembuatan Septic Tank

cara membuat septic tank dengan buis beton pertama yaitu dengan membuat perencanaan dan juga persiapan terlebih dahulu. Perencanaan dan persiapan yang perlu dilakukan meliputi mencari area yang akan dijadikan septic tank, mengukur luas area dan juga menyiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat septic tank. Ada baiknya jika lokasi septic tank dekat dengan rumah. Hal ini agar saluran pembuangan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu jauh dari kamar mandi.

Kemudian untuk ukuran area septic tank, bisa Anda sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah. Setelah itu, Anda bisa mulai menyiapkan bahan material dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat septic tank. Bahan dan peralatan yang bisa Anda siapkan seperti tutup buis beton, buis beton, batu bata, pipa paralon dan peralatan untuk menggali tanah. Anda bisa menyiapkan buis beton dengan ukuran yang sesuai dengan area yang akan dijadikan septic tank.

2.  Menggali Area Sumur Untuk Tempat Septic Tank

Cara selanjutnya setelah Anda selesai menyiapkan perencanaan dan menyiapkan bahan yang dibutuhkan adalah dengan menggali area sumur untuk tempat septic tank. Jumlah lubang yang perlu digali pada area septic tank adalah sebanyak 2 lubang. Salah satu lubang yang digali akan digunakan untuk tempat resapan kotoran. Untuk ukuran lubang yang perlu digali bisa Anda sesuaikan dengan ukuran buis beton yang sudah disiapkan. Selain itu, beri jarak di antara kedua lubang tersebut. Jarak antara lubang pertama dan kedua masing-masing 50 centimeter.

3. Memasang Paralon dan Buis Beton di Septic Tank

Cara membuat septic tank dengan buis beton selanjutnya adalah dengan memasang paralon dan buis beton di septic tank. Setelah lubang sudah siap untuk digunakan, cara selanjutnya adalah dengan memasang paralon dan buis beton. Langkah pertama untuk memasang buis beton yaitu dengan memasukkan buis beton ke masing-masing lubang. Jumlah buis beton yang dipasang pada setiap lubang berjumlah 4 buis. Ketika semua buis beton sudah selesai dipasang pada semua lubang, beri sekat antara masing-masing buis beton. Untuk memberi sekat pada buis beton dapat menggunakan batu bata.

Kemudian Anda bisa membuat saluran yang nantinya digunakan untuk mengalirkan kotoran dari kamar mandi. Untuk dapat mengalirkan kotoran tersebut dengan menggunakan paralon. Anda perlu memilih paralon yang mempunyai ukuran yang besar. Paralon yang mempunyai ukuran besar dapat menghindari terjadinya penyumbatan yang terjadi saat akan dialirkan ke septic tank. Anda juga bisa menutup pipa paralon dengan urukan tanah. Hal ini membuat pipa paralon terlihat lebih rapi.

4. Melakukan Uji Coba Septic Tank dan Finishing

Setelah proses pembuatan septic tank sudah selesai, Anda bisa melakukan uji coba untuk mengetahui saluran pembuangan dan septic tank berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ternyata saluran pembuangan dan septic dapat berfungsi dengan baik, selanjutnya Anda bisa membuat pipa udara di bagian salah satu lubang yang menjadi tempat resapan kotoran.

Pembuatan pipa udara ini untuk menghindari ledakan yang terjadi pada septic tank dan saluran pembuangan. Ledakan pada septic tank bisa disebabkan oleh zat kimia yang berasal dari kotoran. Setelah itu, Anda bisa menutup seluruh kedua lubang septic tank dengan menggunakan tutup buis beton sebagai langkah finishing.

 

Demikian cara-cara membuat septic tank menggunakan buis beton. Anda bisa mengikuti cara-cara di atas saat akan membuat septic tank. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat septic tank menggunakan buis beton.

You May Also Like