indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Membuat Sumur Bor Menggunakan Paralon

Air menjadi komponen utama dan paling penting dalam semua segi kehidupan makhluk hidup. Cara untuk mendapatkan air ini pun sangat beragam. Salah satunya adalah membuat sumur bor. Mendapatkan air menggunakan sumur bor memiliki keunggulan tersendiri, yakni tidak diperlukannya tempat yang begitu luas dan dilakukan dengan teknik pengeboran.

Kemudian, sumur tersebut diberi pipa paralon untuk mengalirkan air. Lantas, bagaimana cara membuat sumur bor pakai paralon yang baik dan benar? Anda dapat menyimak beberapa langkahnya di bawah ini. Terutama jika Anda pertama kali melakukannya!

Tentukan Lokasi yang Tepat

Langkah awal dalam membuat sumur bor dengan menggunakan pipa paralon adalah dengan melihat kondisi yang tepat. Usahakan, tanah yang akan dibuat sumur tersebut tidak mengandung lumpur terlalu banyak. Hal ini akan membuat air menjadi lebih keruh.

Kemudian, jika Anda membuatnya di sebuah tanah padas, pastinya Anda membutuhkan galian yang lebih dalam lagi. Pasalnya, tanah padas memiliki sifat yang keras bila dibandingkan dengan tanah liat. Meski begitu, kualitas airnya pun sangat baik.

Jangan Memuat Pada Musim Hujan

Sebagian orang mungkin mengira jika membuat sumur pada musim hujan akan sangat baik karena curah air sangat melimpah. Hal ini memang tak ada salahnya, tapi membuat sumur pada musim hujan tidak bisa membuat Anda menggali begitu dalam. Pasalnya, tingkat kedalaman yang dangkal ini belum bisa mencapai titik sumber air  utama.

Sebaliknya, ketika musim kemarau tiba, air di sumur menjadi kering karena tidak bisa menjangkau sumber air utamanya. Dengan demikian, ada baiknya jika Anda membuat sumur bor dengan menggunakan paralon pada saat musim kemarau. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mencapai sumber air dan dapat menampung air lebih banyak ketika musim hujan tiba.

Tentukan Kedalaman Sumur

Menyambung dari paragraf di atas, menentukan kedalaman sumur memang sangat penting untuk mendapatkan sumber mata air terbaik. Jika Anda menggunakan jasa gali sumur, para pekerja biasanya membawa pipa yang panjangnya kurang lebih 600 cm.

Untuk teknik pengerjaannya, Anda perlu sebuah keratan-keratan dengan panjang kurang lebih dua meter yang dipasang secara berjajar. Hal ini berfungsi agar air cepat masuk ke dalam pipa atau lubang air. Namun, saat musim hujan tiba, air tersebut akan menjadi lebih keruh. Idealnya, kedalaman sumur berkisar pada 17 meter hingga 20 meter. Hal ini bisa terjadi jika dilakukan pada saat musim kemarau.

Memilih Pipa PVC yang Pas

Hal berikutnya yang harus diperhatikan sebagai cara membuat sumur bor pakai paralon adalah pipa PVC yang digunakan. Ada beberapa jenis pipa yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan pipa hisap. Jadi, Anda perlu pipa yang memiliki ukuran panjang 3,5 meter dan diameternya sekitar 1 inci.

Untuk penggunaan pipa luarnya, sebaiknya Anda menggunakan pipa luar berukuran 2 inci. Kemudian, pilihlah pipa dengan kualitas terbaik karena pipa tersebut tidak dapat diganti. Dengan demikian, Anda harus memilih pipa dengan ukuran yang cukup tebal agar tidak mudah bocor atau jebol saat digunakan. Apalagi jika digunakan pada saat memompa debit air dalam jumlah yang cukup tinggi. Apabila tidak kuat, dikhawatirkan pipa akan patah atau jebol.

Lakukan Tes untuk Mengetahui Kualitas Air Sumur

Cara membuat sumur bor pakai paralon yang terakhir adalah dengan mengecek kualitas air yang ada. Tujuan dari hal ini adalah agar Anda lebih mengetahui kelayakan air tersebut. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan pompa air atau paralon baru ketika air dalam kondisi keruh.

Kondisi keruh seperti ini bisa membawa pasir dan lumpur. Kedua material tersebut dikhawatirkan akan mengendap pada bagian dalam pipa paralon. Jika dibiarkan seperti itu, maka pipa tersebut akan tersumbat oleh kotoran. Lalu, saat didorong oleh air dari bawah jika tidak mampu menahan bisa membuat pipa jebol. Apalagi, jika memiliki diameter yang kecil dan pipa yang tidak tebal.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara membuat sumur bor dengan paralon. Selain membuat sumur bor sendiri menggunakan paralon, Anda bisa memilih opsi menggunakan jasa pembuatan sumur profesional dengan tetap menggunakan material terbaik.  

Jika Anda sedang bermasalah dengan pembuatan sistem saluran air Anda, Coba gunakan Pipa Galvanis untuk sistem saluran pengairan. Simak ini kisaran harga dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

 

You May Also Like